fbpx
omni channel

Omni Channel, Platform Bisnis Penting Untuk Pengusaha Masa Kini

Omni channel adalah platform bisnis yang sedang menjadi tren di kalangan bisnis peritel online maupun offline. Sebab, semua aktivitas bisnis, mulai dari back office, order hingga warehousing, bisa diurus hanya dengan melalui satu dashboard saja.

Penjelasan di atas merupakan sebuah rangkuman singkat mengenai keistimewaan platform bisnis Omni Channel. Mau tau penjelasan yang lebih detail? Baca terus sampe habis ya!

Apa Itu Omnichannel?

Jadi apa itu Omnichannel? Omni Channel menurut Muliadi W. Jeo (PT Inovasi Informasi Indonesia), adalah model bisnis lintas channel yang mengutamakan pengalaman pelanggan mereka.

Pelanggan dari perusahaan yang mempraktikkan Omnichannel dapat berbelanja dengan menggunakan berbagai channel sekaligus baik online maupun offline.

Omni Channel memberikan sebuah pengalaman bagi para pelanggannya untuk dapat berinteraksi dan berbisnis secara nyaman dan mudah.

Dengan omnichannel, pelanggan dapat berinteraksi dan berbisnis secara langsung melalui obrolan langsung maupun melalui media sosial, telepon, email dan cara lain nya baik itu offline maupun online dimana mereka dapat terhubung dengan pihak yang bersangkutan.

Omni channel membentuk pelanggan agar terlibat dalam customer experience untuk transaksi bisnis mereka.

Contoh yang dapat kita ambil, ketika kita ingin membeli sepatu yang kita lihat secara online, kita bisa mencoba dan mengukur ukuran kaki kita di toko fisik terlebih dahulu lalu kita order secara online.

Biasanya, belanja online identik dengan pengiriman yang cukup lama setelah pemesanan, namun bagi omni channel tidak seperti itu. Ketika kita memesan produk tersebut secara online pada hari itu juga kita bisa mendapatkan barang tersebut.

Kita bisa mengambil barang tersebut secara langsung ke toko fisik nya, ataupun ketika kita merasa tidak sesuai dengan barang yang didapatkan kita bisa mengembalikan orderan online kita ke toko fisik nya dan menukarnya dengan yang sesuai dengan kita pada saat itu juga.

Mengapa Omni Channel Dibutuhkan?

Bagi orang yang memiliki bisnis yang sudah tersebar di berbagai channel dan marketplace yang berbeda baik itu online maupun offline, maka segala macam elemen yang terjadi dalam kegiatan bisnis tersebut harus bisa terkontrol dan dikelola secara terpusat (dalam satu sistem).

Mulai dari pemesanan, stok, pengiriman, pelanggan, pemasok, pencatatan akuntingnya dll. Sistem Omnichannel ini merupakan sistem kerja back office yang memiliki beberapa manfaat dan keuntungan seperti:

  • Kita dapat mengontrol data kita sendiri selama proses bisnis
  • Inventaris global menjadi lebih akurat
  • Sistem pencatatan keuangan dan perpajakan jadi lebih mudah
  • Memiliki pandangan terpusat pada berbagai macam pesanan
  • Pemrosesan pesanan dan pengiriman yang ditetapkan menjadi efisien
  • Branding menjadi lebih konsisten
  • Membuat pelanggan senang dan mendapatkan review yang positif
  • Meningkatkan pelayanan di dalam toko dengan titik penjualan terintegrasi
  • Proses kerja yang otomatis lebih menghemat waktu
  • Peluang berkembang ke kancah internasional menjadi lebih banyak

Dengan menggunakan omnichannel, waktu menjadi lebih hemat, mencegah kesalahan, dan pastinya meningkatkan kendali dan kepercayaan diri untuk lebih berkembang lagi terutama bagi yang konsisten untuk menjalankannya.

Baca Juga: OMNI-CHANNEL VS MULTI-CHANNEL SALES

Jubelio, Platform Omnichannel di Indonesia

Jika dibandingkan dengan sistem akuntansi yang hanya bisa memberikan hasil berupa pencatatan keuangan, platform omni channel dapat memberikan kemampuan yang lebih kompleks untuk dapat mengelola bisnis anda secara terintegrasi.

Contohnya mulai dari pengadaan barang, listing barang ke berbagai marketplace yang berbeda tanpa harus log-in ke marketplace tersebut satu-satu, sinkronisasi dan pengaturan stok terupdate apabila ada penambahan dan pengurangan.

Kemudian, masih ada lagi seperti pemrosesan pesanan hingga sampai ke tangan kurir hingga pencatatan akunting. Semua keistimewaan tersebut bisa didapat hanya melalui satu dashboard di dalam platform Omnichannel.

Yang terpenting, Platform Omnichannel bisa digunakan tidak hanya oleh pebisnis online melainkan juga offline. Punya toko fisik atau tidak, Omnichannel memang sudah menjadi ‘senjata’ wajib yang harus dimiliki oleh para pengusaha.

Tertarik untuk melakukan pengelolaan bisnis yang lebih mudah? Yuk, mulai gunakan sistem ini sekarang juga. Di Indonesia, JUBELIO menjadi salah satu pionir perkembangan industri Omnichannel. Anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah. Mau tau lebih lanjut, klik disini.

 

×