fbpx
buku besar akuntansi

Memahami Buku Besar Akuntansi Dan Fungsinya dalam Bisnis

Laporan keuangan adalah salah satu hal penting dalam perkembangan bisnis seseorang baik itu yang berskala kecil maupun besar.

Laporan keuangan dapat memudahkan seorang penjual/perusahaan dalam menggambarkan kondisi finansial perusahaan mereka.

Gambaran laporan keuangan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam menganalisa dan pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah internal ataupun external milik perusahaan.

Salah satu laporan keuangan yang sudah tidak asing lagi oleh kita adalah buku besar. Buku besar merupakan bagian dari laporan keuangan yang tidak boleh dilupakan dan diabaikan seorang pebisnis.

Buku besar dalam akuntansi sering disebut sebagai book of final entry, karena di dalam buku besar terdapat ringkasan data keuangan yang sudah ter-klasifikasi.

Data-data tersebut diambil terlebih dahulu pada jurnal umum/jurnal khusus. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas pengertian dari buku besar, macam-macam buku besar, serta fungsi dan kegunaan buku besar yang membuat mereka penting dalam transaksi bisnis.

Apa Itu Buku Besar?

Jadi apa itu buku besar? Buku besar merupakan alat untuk melakukan pencatatan laporan keuangan yang di dalam nya berisi rangkuman/ikhtisar-ikhtisar yang berasal dari jurnal umum/khusus.

Buku besar mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu akun, karena adanya transaksi keuangan.

Nanti nya, buku besar akan melakukan perkiraan-perkiraan apakah ada pengaruh antara transaksi keuangan terhadap perubahan sejumlah akun, seperti aktiva, kewajiban (utang), dan ekuitas/modal dari perusahaan.

Dalam pencatatan jumlah perkiraan di buku besar nya dipastikan berbeda-beda pada tiap perusahaan.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada keuangan/kekayaan milik perusahaan, jenis kegiatan bisnis apa yang dilakukan si perusahaan, serta bagaimana volume transaksi dan informasi yang dibutuhkan si perusahaan tersebut.

Dalam buku besar terbagi lagi menjadi 2 macam. Mengapa terdapat perbedaan macam dalam buku besar? Karena, agar dapat mengklasifikasikan data pada buku besar perlu dibagi-bagi, akhirnya muncul lah buku besar seperti buku besar umum dan buku besar pembantu.

Contoh nya seperti ketika kita ingin melihat akun-akun seperti utang, piutang, dan persediaan barang dagang agar dapat lebih terperinci lagi maka akan dikelompokkan pada suatu buku besar pembantu (subsidiary ledger).

Pada buku besar pembantu akan terbagi lagi menjadi buku besar pembantu utang, buku besar pembantu piutang, dll.

Fungsi Buku Besar

Buku besar memiliki beberapa fungsi yang digunakan selama proses pencatatan akuntansi, diantaranya:

  • Dapat mengumpulkan data-data transaksi keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu dan dilakukan secara berkelanjutan
  • Akun merupakan sumber media klasifikasi dan pengkodean data transaksi
  • Validasi transaksi nya sudah terkumpul
  • Dapat melakukan updating akun pada buku besar dan berkas-berkas transaksi
  • Melakukan pencatatan penyesuaian akun
  • Mempersiapkan laporan keuangan terperinci
 Kegunaan Buku Besar

Selain dari fungsinya, buku besar juga digunakan karena memiliki kegunaan yang istimewa, diantaranya:

  • Dapat melakukan pencatatan semua transaksi akuntansi dengan akurat dan memastikan transaksi yang dicatat benar
  • Dapat melakukan posting pada semua transaksi yang terjadi sesuai dengan akun masing-masing secara tepat
  • Menjaga keseimbangan akun yang ada di kolom debet maupun kredit
  • Akomodasi entry jurnal penyesuaian yang dibutuhkan
  • Membantu mempersiapkan dan menghasilkan laporan keuangan yang reliable dan disajikan tepat waktu pada setiap periode akuntansi

Jadi itulah sekilas ulasan mengenai apa itu buku besar, macam-macam nya, serta fungsi dan kegunaan nya demi kemudahan bisnis anda. Buku besar wajib hukum nya bagi setiap perusahaan dalam mengatur keuangan agar tidak banyak kesalahan, dan menghindari adanya risiko kegagalan bisnis.

Jika anda merasa kesulitan dalam pembuatan buku besar anda, anda dapat memanfaatkan platform omnichannel Jubelio. Dengan menggunakan Jubelio, gak cuman keuangan anda saja loh yang bisa terurus, yang lainnya seperti stok dan shipping juga bisa diatur.

Baca Juga: Omnichannel, Platform Bisnis Untuk Pengusaha Masa Kini

Semuanya bisa lebih mudah menggunakan Jubelio. Jubelio adalah platform bisnis omni channel pilihan terbaik anda. Anda bisa menggunakan Jubelio secara GRATIS selama masa trial. Klik disini untuk gabung Jubelio.

 

×