fbpx
apa itu point of sales

Apa Itu Point Sales Beserta Manfaatnya

Saat ini, ketika kita menjalankan bisnis maupun melakukan transaksi bisnis semua nya sudah jauh lebih mudah dibandingkan dahulu, karena telah didukung oleh perkembangan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Salah satu contoh nya adalah dalam mengatur alur keuangan bisnis.

Dahulu, ketika kita berbelanja dan ingin menghitung total pembelanjaan serta jumlah kembalian yang di dapatkan biasanya kita menggunakan kalkulator.

Namun karena sekarang teknologi sudah maju maka kita tidak perlu repot-repot lagi menggunakan kalkulator. Sekarang semua masalah dapat terselesaikan dengan menggunakan Point Of Sales (POS).

Di Indonesia, POS Software sudah banyak digunakan karena kemudahan dan keefektifan nya, hasil dari POS Software memberikan hasil jelas dan akurat.

Namun, sebenarnya apakah anda semua sudah tahu apa yang dimaksud dengan Point Of Sales (POS), cara bekerja nya seperti apa, kenapa itu penting dan manfaat nya bagi anda itu apa? Langsung saja kita bahas pembahasan nya di bawah ini.

Apa Itu Point Of Sales (POS)

Mungkin banyak yang sudah tahu dan pernah melihat alat kasir yang biasanya terdapat di supermarket, restoran, dll ketika anda sedang berbelanja. Namun, tahukah anda apa yang membuat alat kasir tersebut dapat merekam dan menghitung seluruh harga belanjaan anda bahkan dapat mencetak struk belanjaan anda secara akurat dan jelas? Itulah yang disebut dengan Point Of Sales Software (POS).

Sederhana nya POS Software merupakan sistem yang mendukung transaksi bisnis. POS biasanya akan dihubungkan dengan mesin kasir/komputer. Namun, sekarang POS sudah bisa digunakan pada tablet/ smartphone yang berbasis android maupun windows serta bisa juga pada mesin EDC dan alat transaksi lain nya.

Dan hal ini juga jauh lebih mudah dan simpel karena tidak harus menggunakan tempat yang besar dan terlihat lebih rapih tanpa kabel-kabel yang berserakan.

Selain dapat mengelola alur keuangan, POS Software dapat melakukan beberapa hal lain seperti penyimpanan data pelanggan, mendata inventory produk, mengetahui profit atau keuntungan yang di dapatkan, hingga laporan transaksi penjualan yang semua nya dapat diatur pembuatan nya, entah itu setiap hari, seminggu sekali, setiap bulan, bahkan setahun sekali.

Semakin teknologi berkembang, semakin bertambah fitur POS, dahulu POS memang hanya lah mesin kasir yang membantu para pengusaha retail, hingga akhir nya sekarang POS sudah sangat berkembang dan dapat melakukan lebih dari sekedar menghitung harga produk.

Sistem Kerja Point Of Sales (POS)

POS memiliki sistem kerja yang sangat mudah. Pada POS, penjual akan menghitung jumlah harga belanjaan konsumen dengan menggunakan alat scan barcode yang sudah dioperasikan dengan komputer utama berbasis internet.

Setelah dihitung seluruh total harga belanjaan nya, penjual akan memberikan pilihan pembayaran bagi konsumen (tunai dan non-tunai) serta mengeluarkan/mencetak tanda terima transaksi jual-beli kita atau biasa disebut struk.

Manfaat Menggunakan Point Of Sales (POS)

Dengan menggunakan POS, anda akan mendapatkan kemudahan dan keefektifan dalam pengelolaan bisnis anda secara terintegrasi. Namun, lebih dari itu, POS sebenarnya memiliki berbagai macam manfaat lain yang pasti nya sangat menguntungkan bisnis anda. Beberapa manfaat nya seperti:

  1. Dapat mempersingkat proses transaksi, sehingga konsumen merasa senang berbelanja dan tidak perlu menunggu lama saat mengantri
  2. Mencatat data transaksi jual-beli secara lengkap dan akurat, sehingga mudah untuk dianalisa nanti nya
  3. Persediaan barang tersinkronisasi apabila ada pengurangan dan penambahan, dan dapat mengecek nya kapan pun dan di mana pun
  4. Mengetahui laporan penjualan secara real-time
  5. Toko yang memiliki banyak cabang dan marketplace, dapat terintegrasi data-data nya sehingga mudah untuk mengambil keputusan
  6. POS yang dilengkapi fitur pengaturan akses dapat mengontrol siapa saja yang berhak mengakses data
  7. Mudah dalam memberikan loyalty program ke konsumen, seperti hanya memasukkan nomor telepon dan data diri ke sistem POS
  8. Dapat menerima berbagai metode pembayaran baik itu tunai dan non-tunai, kartu debit-kredit, dll

Dilihat dari pembahasan di atas anda sekalian dapat ambil kesimpulan bahwa sistem POS itu sangat lah penting. Jika anda tidak menggunakan sistem POS maka sistem operasional bisnis anda akan sangat tidak efektif, meskipun transaksi jual-beli masih bisa tetap berjalan dengan menggunakan sistem POS yang tradisional.

Namun, seiring berkembang nya digital maka anda akan sangat tertinggal, apalagi jika bisnis anda semakin besar dan luas serta semakin banyak jumlah produk nya.

Baca Juga: Omnichannel Adalah Teknologi yang Paling Dibutuhkan Pengusaha?

Anda bisa bayangkan, tanpa menggunakan POS Software anda masih melakukan pencatatan secara manual mulai dari inventory, laporan nya, serta pencatatan transaksi per hari nya. Yakin anda akan kuat dengan tetap mempertahankan sistem POS tradisional? Saya rasa tidak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Jubelio hadir dengan aplikasi Jubelio POS nya. Dengan aplikasi Jubelio POS proses penjualan anda akan terbantu, semua penjualan dan stok akan tersambung dengan Jubelio secara otomatis. Tidak perlu hardware khusus kok, cukup pakai PC, Tablet atau smarphone anda untuk sambungin ke Jubelio POS.

Cari tau mengenai Jubelio dengan klik tombol di bawah ini

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×