fbpx
cara membuat buku besar

Cara Membuat Buku Besar Secara Manual Beserta Contohnya

Cara membuat buku besar untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang berbeda. Sebab, perusahaan dagang membutuhkan modal usaha yang tentunya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan jasa.

Baca Juga: Memahami Buku Besar Akuntansi Dan Fungsinya dalam Bisnis

Untuk melihat perbedaan dari keduanya, silahkan lihat di bawah ini:

1. Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Jasa

buku besar perusahaan dagang

Langkah pertama dalam adalah menyiapkan lembar buku besar yang akan digunakan. Jika perusahaan jasa menggunakan pencatatan akuntansi manual, biasanya buku besar berupa 1 buku untuk 1 akun. Jika komputerisasi, data untuk 1 akun berada dalam 1 sheet Microsoft Excel.

Langkah selanjutnya dalam adalah menulis tanggal transaksi pada kolom Tanggal. Karena yang diposting adalah data dari jurnal, maka penulisan tanggal tersebut disesuaikan dengan tanggal transaksi yang tertera pada jurnal.

Jika buku besar telah siap, langkah berikutnya adalah menulis saldo awal akun. Saldo ini berasal dari saldo pada laporan neraca akhir tahun. Jika akun tidak memiliki saldo awal, tetap ditulis “Saldo Awal” pada kolom Uraian dan ditulis angka 0 pada kolom “Saldo”.

Langkah selanjutnya adalah mengisi keterangan atau uraian transaksi dari akun yang bersangkutan pada kolom Uraian. Jika sebuah akun memiliki nilai saldo awal yang ditunjukkan pada neraca periode sebelumnya (tahun lalu), maka kolom uraian ini ditulis dengan “Saldo Awal”.

Menulis nomor referensi pada kolom Nomor Referensi sesuai dengan jenis jurnal dan nomor halaman jurnal yang diposting.

Menulis nilai nominal transaksi sesuai dengan kolom debet atau kredit pada jurnal yang bersangkutan. Jika nilai nominal debet, diisi pada kolom Debet dan nilai nominal kredit ditulis pada kolom Kredit.

Pada bentuk buku besar saldo rangkap, kolom saldo dibagi menjadi saldo debet dan saldo kredit. Maka kita isi kolom saldo tersebut sesuai dengan hasil penambahan atau pengurangan dari tiap-tiap transaksi yang terjadi pada akun terkait. Akhirnya akan diperoleh saldo akhir dari buku besar akun tersebut.

2. Buku Besar Perusahaan Dagang

buku besar perusahaan jasa

Prosedur pembuatan buku besar pada perusahaan dagang hampir sama dengan perusahaan jasa. Yang membedakan adalah data akun yang diambil untuk kemudian diposting ke dalam buku besar. Pada perusahaan dagang, data yang digunakan meliputi data dari jurnal umum/khusus dimana jurnal khusus ini memuat transaksi-transaksi terkait pembelian dan penjualan barang dagangan.

Sedangkan, jurnal umum memuat transaksi di luar jurnal khusus. Berikut adalah step-step cara membuat buku besar pada perusahaan dagang:

Menyiapkan lembar buku besar yang akan digunakan. Perusahaan dagang biasanya telah menggunakan akuntansi secara komputerisasi. Maka data buku besarnya untuk 1 akun berada dalam 1 sheet Microsoft Excel.

Menulis tanggal transaksi pada kolom Tanggal sesuai dengan tanggal transaksi yang tertera pada jurnal.

Mengisi saldo awal akun pada baris pertama kolom buku besar. Saldo berasal dari laporan neraca akhir tahun. Jika akun terkait tidak memiliki saldo awal, tetap ditulis “Saldo Awal” pada kolom Uraian namun ditulis angka 0 pada kolom “Saldo”.

Menulis keterangan atau uraian transaksi pada kolom Uraian. Jika sebuah akun memiliki nilai saldo awal pada neraca periode sebelumnya (tahun lalu), maka kolom uraian ditulis dengan “Saldo Awal”.

Menulis nomor referensi pada kolom Nomor Referensi sesuai dengan jenis jurnal dan nomor halaman jurnal yang diposting.

Menulis nominal transaksi sesuai dengan kolom debet atau kredit pada jurnal yang bersangkutan.

Menulis jumlah saldo sesuai dengan hasil penambahan atau pengurangan dari tiap-tiap transaksi yang terjadi pada akun terkait. Dari sana akan diperoleh saldo akhir buku besar dari akun tersebut.

Well, sekarang sudah tau kan apa aja bentuk-bentuk buku besar dan cara pembuatan nya. Sebelum membuat buku besar pastikan untuk memilih buku besar sesuai kebutuhan Anda dan perusahaan anda. Jika Anda masih menjalan bisnis dalam skala kecil dan belum membutuhkan update mengenai saldo Anda terus menerus mungkin sebaiknya Anda menggunakan buku besar berbentuk T atau skontro.

Baca Juga: 5 Omnichannel Terbaik yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis Anda

Tetapi, jika Anda menjalankan perusahaan yang membutuhkan update mengenai posisi saldo Anda maka bisa menggunakan buku besar berbentuk staffle saldo tunggal ataupun rangkap.

Jika merasa kesulitan dalam pembuatan buku besar, anda dapat memanfaatkan platform omnichannel Jubelio. Sebab, Anda bisa langsung mencetak buku besar dengan cepat tanpa harus membuatnya secara manual.

Bukan hanya buku besar akuntansi, Jubelio juga bisa bantu Anda dalam menyelesaikan semua aktivitas bisnis mulai dari integrasi ke marketplace, proses penyelesaian pesanan hingga pembuatan rekap stok.

Cari tau tentang Jubelio?

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×