fbpx
Mengenal Bisnis Ritel, Jenis dan Contohnya

Mengenal Bisnis Ritel, Jenis dan Contohnya

Banyak dari pebisnis yang sering mendengar kata ritel dalam aktifitasnya sehari-hari. Tapi tahukah pebisnis tentang jenis bisnis ritel apa saja yang umum digunakan di Indonesia? Untuk itu, simak artikel ini hingga selesai untuk dapat gambaran dari tiap jenisnya.

Apa itu bisnis ritel?

Bisnis ritel merupakan aktifitas pemasaran yang meliputi semua kegiatan penjualan hingga pendistribusian langsung kepada konsumen akhir untuk dikonsumsi secara pribadi dan bukan untuk di perjualbelikan kembali.

Pebisnis yang menjalankan kegiatan usaha ini biasa disebut pengecer. Umumnya para pengecer membeli barang kepada produsen atau supplier dalam jumlah besar untuk mendapat harga yang lebih murah. Kemudian memprosesnya dan menjualnya kembali ke konsumen akhir dalam jumlah yang lebih sedikit.

Apa saja jenis bisnis ritel?

  1. Berdasarkan Skala Penjualan

Skala Besar 

Pengecer yang menyediakan barang yang dijual dalam jumlah besar. Contoh dari klasifikasi jenis ritel ini seperti hypermarket, supermarket, dan department store. Banyak orang menyebut contoh dari klasifikasi ini sebagai modern trade, selain karena memiliki skala yang besar tetapi juga bernuansa modern dari lokasi dan layanannya.

Skala Kecil

Merupakan pengecer yang menjual barang dalam jumlah satuan lebih kecil. Biasa disebut juga general trade atau tradisional ritel karena umumnya dilakukan secara konvensional oleh perorangan. Contoh dari jenis ritel ini adalah kios, butik, dan toko kecil.

Baca juga : Apa itu point of sales beserta Manfaatnya

  1. Berdasarkan Kepemilikan

Ritel Mandiri 

Pada jenis ini, bisnis ritel dimiliki oleh individu atau perorangan. Umumnya berskala kecil dan dikerjakan secara mandiri oleh sang pemilik. Seiring dengan berkembangnya usaha, barulah sang pemilik menambah jumlah karyawan, menambah modal usaha dan menggunakan sistem dan manajemen yang lebih baik.

Franchise/Waralaba

Merupakan jenis bisnis ritel dengan membeli atau menyewa hak untuk menggunakan konsep hingga produk dari brand tertentu. Dengan model seperti ini, pebisnis yang mendapatkan hak tersebut bisa menjual produk yang sudah dikenal di masyarakat.

Corporate Chain

Kepemilikan dari jenis ritel ini ialah gabungan dari beberapa individu pemegang saham dari perusahaan. Jenis ini dilakukan oleh korporasi dan umumnya berskala besar.

sumber : Pexels

  1. Berdasarkan Teknik Pemasaran

Ritel Offline

Proses transaksi pada jenis  ini bisa terlaksana tanpa adanya jaringan internet. Mengharuskan kehadiran konsumen didalam toko untuk proses pembelian. Biasanya pemilik ritel offline ini menggunakan strategi pemasaran in-store promotion seperti pasang banner, spanduk atau property fisik untuk mengaktivasi konsumen untuk bertransaksi.

Ritel Online

Sering berkembangnya teknologi semakin beragam cara melakukan pemasaran. Salah satunya yakni jenis ritel online, dimana tidak menggunakan toko fisik untuk pemasarannya. Melainkan melalui media digital seperti membuat akun toko di berbagai marketplace, berjualan di media social, atau bahkan memiliki website toko online pribadi.

Baca juga : 5 alasan kenapa kamu wajib buat website toko online buat bisnis

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis bisnis ritel tentunya pebisnis bisa menentukan bisnis ritel seperti apa yang cocok dengan kebutuhan. Tentunya itu semua tergantung dengan target pelanggan, konsep brand atau produk dan sumber daya yang pebisnis miliki.

Apapun jenis bisnis ritelnya, pebisnis perlu memahami pengalaman berbelanja yang “seamless” bagi para pelanggan. Sekarang, baik melalui online atau offline sudah bisa terintegrasi dalam satu sistem. Sehingga bisnis ritel bisa semakin dicintai oleh pelanggan.

Dengan JUBELIO, kelola bisnis ritel semakin mudah. Pebisnis bisa proses pemenuhan order baik offline maupun online hanya dengan satu platform. Bahkan bisa terintegrasi dengan manajemen gudang  hingga accounting. Untuk pelanggan toko fisik bisa menggunakan JUBELIO POS agar semakin nyaman berbelanja.

Gunakan JUBELIO sekarang, dan dapatkan kesempatan dibuatkan Webstore GRATIS!

Daftar Jubelio Gratis!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×