fbpx
generasi sandwich

Mengenal “Generasi Sandwich” dan Cara Mengatasinya

Generasi sandwich merupakan suatu generasi yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus orang tua, anak dan tentunya diri mereka sendiri. Tanggung jawab pada keluarga bisa menguras tenaga, biaya dan waktu apalagi mereka juga memiliki kegiatan lain seperti bekerja dalam kesehariannya.

Kenapa disebut generasi sandwich?

Kamu bisa bayangkan bentuk sandwich dimana potongan daging berada di tengah diapit oleh dua potongan roti. Hal ini bisa dianalogikan bahwa roti bagian atas mewakili generasi atas yakni orang tua sedangkan roti bagian bawah merepresentasikan generasi bawah yaitu anak. Dalam gambaran ini, potongan daging merupakan generasi sandwich yang terhimpit tanggung jawab dari dua sisi.

Bagaimana bisa terjadi?

Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa factor yakni orang tua tidak dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri. Selain itu meningkatnya biaya hidup dan kebutuhan hidup anak menambah beban yang dirasakan.

Bagaimana cara menghadapi kondisi yang terjadi?

Tiap orang yang disebut generasi sandwich tentu memiliki akar masalah yang berbeda. Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk cari tahu masalahnya.

Pahami Kendalanya

Generasi sandwich perlu mengetahui yang menjadi sumber kendala yang dihadapinya. Biasanya kendala yang ditemukan terkait tenaga, biaya atau waktu dalam mengurus orang tua dan anak.

Jika mereka merupakan professional yang bekerja secara full-time, bisa mempertimbangkan alternatif mencari pekerjaan dengan waktu yang lebih fleksibel atau bahkan mulai untuk membuka bisnis sendiri.

Libatkan Orang Tua dalam Cari Solusi

Jika orang tua masih mampu, mereka bisa dilibatkan dalam mencari solusi bersama dan ikut membantu. Tentunya dengan usia yang tidak lagi muda, harus dipahami keterbatasan yang mereka miliki.

Selain bisa membantu generasi sandwich dalam pekerjaan sehari-hari, mengikutsertakan orang tua dalam mencari solusi juga bisa mengeratkan hubungan antar keduanya.

Ajarkan Anak Mandiri Sejak Dini

Selain untuk mendidik anak untuk masa depannya, mengajarkan anak untuk memiliki sifat mandiri juga bisa membuat para generasi sandwich terbantu dalam kesehariannya.

Selain itu anak juga perlu tahu mengenai kemandirian secara finansial, sehingga mereka bisa mempersiapkan ketika mereka sudah dewasa.

Kelola Kegiatan Secara Efektif dan Efisien

Dengan kondisi yang dialami, generasi sandwich perlu cari cara agar seluruh tanggung jawab bisa dijalani dengan maksimal.

Semua kegiatan mulai dari aktifitas dirumah hingga ke pekerjaan sebisa mungkin dilakukan secara efektif dan efisien jadi mereka bisa punya waktu untuk mereka sendiri.

Semakin banyak tanggung jawab yang di emban, maka harus semakin pandai dalam membuat prioritas.

Baca juga: Cerita Pebisnis #1 – Omset Naik 4 Kali Lipat Semenjak Pakai Jubelio

Nah, sekarang kamu sudah mengenal tentang generasi sandwich dan cara mengatasinya. Apakah kamu termasuk kedalamnya? Jika kamu punya kondisi yang serupa, tandanya kamu butuh bantuan dari JUBELIO.

Dengan menggunakan JUBELIO, kamu bisa meningkatkan produktifitas bisnis mu sehingga kamu bisa punya lebih banyak waktu dan tenaga buat keluarga.

Cari tahu lebih lanjut tentang JUBELIO?

Daftar Jubelio Gratis!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×