fbpx
Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menetapkan Harga Jual Produk

Penetapan harga jual merupakan salah satu hal krusial dalam berbisnis. Jika keliru menetapkan harga, bisa-bisa tujuan dalam berbisnis tidak tercapai. Untuk itu perlu dipahami tujuan penetapan harga serta strategi yang dapat dilakukan sebagai berikut.

Menjaga Kelangsungan Bisnis (Survival)

Tujuan penetapan harga jual produk ini digunakan pada saat jumlah permintaan mengalami penurunan secara terus-menerus. Biasanya hal ini terjadi ketika produk sudah tidak memiliki point of difference atau “pembeda” dengan yang dijual kompetitor atau terjadi pada masa krisis.

Pada hakikatnya, penetapan harga pada kondisi ini haruslah tetap bisa membayar fixed cost dan variable cost yang dimiliki perusahaan. Langkah yang bisa pebisnis lakukan dalam strategi ini adalah pemotongan harga jual dan atau pemangkasan biaya produksi.

Baca juga: 4 Langkah Bisnis Dalam Menghadapi Pandemik

Memaksimalkan Laba (Maximize Profit)

Lazimnya tujuan penetapan harga ini dipakai ketika bisnis sudah memiliki competitive advantage yang lebih kuat dari kompetitor. Selain itu juga sudah memiliki cukup basis pelanggan setia.

Dengan begitu pebisnis bisa meningkatkan profit margin dengan menaikkan harga. Namun perlu diperhatikan bahwa meskipun sudah memiliki pelanggan setia, mereka tetap memiliki persepsi harga wajar terhadap suatu produk.

Jika penetapan harga melewati persepsi harga wajar, maka bisa jadi pelanggan beralih ke produk lain.

Meningkatkan Pangsa Pasar (Increase Market share)

Pada produk baru dan sudah banyak produk sejenis dipasaran, pebisnis bisa menggunakan tujuan penetapan harga untuk meningkatkan pangsa pasar. Strategi yang dipakai, pebisnis menetapkan harga lebih rendah agar pelanggan tertarik untuk mencoba.

Dengan semakin banyaknya pelanggan, pebisnis bisa mendapatkan portofolio bahkan testimoni dari pelanggan. Selain itu pebisnis bisa mulai riset kebutuhan pelanggan untuk menciptakan point of difference.

Jika produk sudah dikenal masyarakat, pebisnis bisa mempertimbangkan meningkatkan harga jual produk secara bertahap.

Market Skimming

Strateginya adalah penetapan harga tinggi di awal penjualan untuk mendapat keuntungan maksimal karena produk dianggap baru dan menarik. Dan kemudian secara bertahap mengurangi harga untuk bisa menjangkau segmen selanjutnya.

Strategi ini umum digunakan pada produk yang cepat mengalami perkembangan seperti teknologi. Biasanya market skimming ini dilihat sebagai lawan dari tujuan penetapan harga berdasarkan pangsa pasar (increase market share).

Product Quality

Tujuan penetapan harga ini ialah menciptakan persepsi produk yang dijual memiliki kualitas yang premium. Biasanya dengan harga yang lebih tinggi, pelanggan memiliki ekspektasi mendapatkan produk dan layanan yang tinggi.

Dengan memakai strategi harga ini, pastikan produk dan layanan sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu juga memiliki standar pelayanan yang baik.

Baca juga: Pentingnya Mindset Customer Centric Dalam Berbisnis

Setelah membaca 5 hal diatas, sekarang saatnya pebisnis memutuskan tujuan dan strategi dalam menetapkan harga untuk produk. Apapun yang dipilih, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan kepuasan pelanggan.

Untuk terus menjaga loyalitas pelanggan, pebisnis harus memiliki service blueprint dan business process yang baik. Masih bingung ciptakan business process untuk bisnismu? Itu tandanya pebisnis perlu bantuan JUBELIO.

JUBELIO merupakan platform omnichannel menyediakan layanan terintegrasi seluruh proses bisnis mulai dari kelola pesanan, listing produk ke marketplace, kontrol stok dari gudang, jasa pengiriman, pencatatan akuntansi, POS (Point of Sales) atau kasir online, hingga yang terbaru yakni layanan buat website toko online.

Cari tahu lebih lanjut cara JUBELIO meningkatkan kepuasan pelanggan para pebisnis dengan klik tombol dibawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×