fbpx
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

4 Langkah Bisnis Dalam Menghadapi Pandemik

Dalam kondisi pandemik covid-19 ini, banyak pihak yang mengalami dampak terhadap bisnisnya. Untuk itu, para pebisnis tentunya perlu menyiapkan strategi khusus untuk menghadapinya. Berikut empat langkah bisnis yang bisa kamu lakukan agar tetap bertahan menghadapi kondisi krisis seperti ini.

Sampaikan Perubahan Operasional Kepada Pelanggan

Dalam kondisi krisis, satu hal yang penting dilakukan adalah melalui komunikasi yang baik dengan pelanggan. Pelangganmu perlu tahu sejauh mana produk dan layanan yang mereka bisa terima. Sehingga mereka tidak merasa kecewa atas perubahan yang terjadi.

Contoh dalam hal ini adalah ketika mengurangi waktu operasional toko, kamu bisa menyampaikan kebijakan operasional kamu kepada pelanggan setia. Jadi pelanggan tidak salah waktu dalam mengunjungi toko.

Perbanyak Komunikasi kepada Stakeholder

Banyak pihak terdampak dari virus corona, jadi kamu perlu meningkatkan intensitas komunikasi kepada semua pihak yang terkait operasional bisnis seperti pemasok atau penyedia jasa logistik.

Dengan kondisi seperti ini, mungkin perlu ada beberapa kesepakatan yang ditinjau ulang untuk penyesuaian. Selain menghasilkan kesepakatan baru yang baik bagi semua pihak, komunikasi yang baik juga bisa membangun hubungan kerja sama berbagai pihak untuk jangka panjang.

Jual Produk Sesuai Trend

Meskipun dalam kondisi sulit, kamu tetap bisa melakukan bisnis dengan menyesuaikan situasi yang ada. Salah satu cara bisnismu bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada melalui diversifikasi produk atau bahkan inovasi produk sesuai dengan trend yang ada.

Produk yang sedang laris dijual adalah produk tekstil seperti masker kain, peralatan kantor guna kebutuhan WFH (work from home), alat olahraga indoor, peralatan rumah tangga dan kesehatan hingga bahan makanan.

Baca juga: Trend Bisnis Selama Masa Pandemik

Fokus Jualan Online

Jika di masa pandemik ini banyak keterbatasan dalam buka toko offline, kamu bisa mengarahkan penjualan secara online. Selain itu banyak orang yang menerapkan #dirumahsaja untuk berbagai aktifitasnya.

Kamu bisa manfaatkan momen tersebut untuk bisnis secara online. Kamu bisa mulai dengan berjualan melalui layanan pesan singkat seperti whatsapp, buka toko di berbagai marketplace, bahkan bisa bikin website toko online mu sendiri. Selain itu kamu juga bisa konsisten melakukan pemasaran melalui berbagai media social.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Buat Website Toko Online Buat Bisnis

Demikian 4 langkah bisnis yang bisa dilakukan untuk menjaga agar bisnismu bisa bertahan dalam masa pandemik. Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mulai berjualan online. Selain untuk adaptasi melewati masa krisis, dengan membuat website toko online juga bisa meningkatkan reputasi brand. Bahkan sekarang sudah website toko online yang bisa integrasi marketplace di Indonesia dan juga terhubung platform omnichannel sehingga membuat operasional bisnis mu semakin efisien. Mau tahu caranya buat website toko online dengan mudah? Kamu bisa menggunakan jubelio.store, sebuah solusi buat website toko online yang terkoneksi dengan platform omnichannel terlengkap di Indonesia.

Temukan informasi cara kami mengintegrasikan website toko online ke berbagai channel penjualan melalui platform omnichannel dengan klik disini.

Daftar JUBELIO Store Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×