fbpx
Foto oleh Matilda Wormwood dari Pexels

Trend Bisnis Selama Masa Pandemik

Selama masa pandemik, pola dan minat masyarakat dalam belanja online mengalami peningkatan secara drastis. Badan Pusat Statistik telah merilis “Analisis Big Data di Tengah Masa Adaptasi Kebiasaan Baru” pada bulan Agustus 2020 yang berisi tentang kajian dampak covid-19 terhadap kebiasaan baru masyarakat.

Para pebisnis tentunya perlu mengetahui trend bisnis terkini sehingga bisa memprediksi kategori produk apa yang dibutuhkan masyarakat pada masa pasca masa adaptasi kebiasaan baru. Adapun produk yang mengalami peningkatan penjualan selama masa pandemic sebagai berikut.

Perawatan dan Kecantikan

Meskipun produk untuk make-up wajah seperti lipstick mengalami penurunan penjualan, namun kategori produk perawatan dan kecantikan tetap mengalami peningkatan selama Bulan April hingga Bulan Juni 2020.

Peningkatan penjualan kategori produk ini didasari karena melonjaknya peningkatan penjualan dari produk hand sanitizer untuk mengimbagi penurunan produk kosmetik. Kedepannya untuk kategori produk ini yang bisa diprediksi mengalami peningkatan ialah produk perawatan seperti skin care, body care atau hair care.

Perlengkapan Rumah Tangga

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar waktu masyarakat hampir seluruhnya dihabiskan dengan berada dirumah. Hal ini menimbulkan permintaan terhadap perlengkapan rumah tangga juga meningkat.

Dilansir dari Dunia Fintech menyebutkan bahwa peningkatan penjualan terjadi pada produk selama masa pandemic adalah yang meningkatan higinietas dan kesehatan dalam rumah seperti air purifier, vacuum cleaner dan juicer.

Pakaian Wanita

Walau hanya berada #dirumahaja, ternyata konsumen wanita di Indonesia tetap merasa butuh tampil menarik. Itu sebabnya, beberapa e-commerce melaporkan kenaikan penjualan pakaian selama bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Baca juga: Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Pandemik

Nah, dari perubahan pola dan minat belanja masyarakat pebisnis bisa memprediksi trend bisnis yang akan meningkat pasca masa adaptasi kebiasaan baru. Jika prediksinya tepat, pebisnis tentu akan kewalahan dalam mengelola bisnis akibat peningkatan penjualan.

Untuk mengelola bisnis jadi lebih mudah, pebisnis perlu tahu tentang JUBELIO. JUBELIO merupakan platform omnichannel menyediakan layanan terintegrasi seluruh proses bisnis. Mulai dari listing barang ke marketplace, kontrol stok gudang, jasa pengiriman, dan pencatatan akuntansi. Selain itu, terintegrasi dengan Point of Sales atau kasir online, hingga yang terbaru yakni layanan buat website toko online.

Mau tahu lebih lanjut tentang JUBELIO? Coba gratis dengan klik tombol dibawah ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×