fbpx
umkm

UMKM Ditengah Bayang-Bayang Resesi Global

Badan Pusat Statistik telah merilis laporan PDB Indonesia Triwulan II tahun 2020. Tercatat bahwa Pandemi Covid-19 menimbulkan goncangan terhadap ekonomi yang mengarah pada resesi global. Hal ini diperkirakan akan berdampak untuk seluruh industri tak terkecuali bagi pelaku UMKM.

Berbagai cara sudah dilakukan dalam menghentikan penyebaran virus corona mulai dari pembatasan social berskala besar, penutupan pusat belanja dan bisnis hingga memberlakukan lockdown yang mengakibatkan ekonomi Indonesia pada triwulan II-Tahun 2020 terkontraksi 5,32% (yoy).

Banyak pihak berpendapat bahwa resesi global akan menjadikan Indonesia juga mengalami resesi. Namun tidak sedikit juga yang masih bersikap optimis dengan perekonomian Indonesia, karena lebih dari 98% perekenomian Indonesia ditopang oleh pelaku UMKM.

Untuk terus dapat bersikap optimis, kita perlu tahu alasan UMKM dipercaya banyak orang bisa mengurangi dampak dari resesi global terhadap perekonomian Indonesia. Berikut beberapa faktor UMKM dapat memulihkan ekonomi nasional.

Produk dekat dengan kebutuhan masyarakat

Produksi barang dan jasa yang dekat dengan kebutuhan masyarakat sehingga permintaan terhadap produk atau layanan tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi ekonomi global tetapi akan terdampak dari adanya perubahan daya beli dari masyarakat.

Sumber daya berasal dari lokal

Sebagian besar  produksi barang dan jasa menggunakan sumber daya lokal mulai dari bahan, peralatan hingga ke pekerja. Hal ini berbeda dengan perusahaan besar yang justru berguguran saat masa krisis apalagi mencapai resesi.

Pendanaan mandiri

Masih banyak UMKM yang ada di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya menggunakan modal dari dana sendiri. Hal ini memberikan dampak positif ketika terjadi krisis. Hal ini disebabkan, ketika ekonomi memburuk akan berdampak terhadap meningkatnya suku bunga dalam layanan perbankan, namun karena banyaknya UMKM yang menggunakan modal sendiri membuat UMKM relatif tidak terpengaruh dengan kondisi krisis tersebut.

Selain ketiga factor yang telah disebutkan, ada factor lain yang membuat UMKM bisa tahan menghadapi krisis khususnya dalam situasi pandemic covid 19 yang terjadi yaitu dengan membuka channel penjualan online.

Baca juga: Langkah Strategi Branding dalam Memulai Bisnis Online

Kenapa harus buat website toko online

Mau tahu caranya agar UMKM bisa buka channel penjualan online dengan mudah? Dengan JUBELIO Store, UMKM tidak hanya bisa buat website toko online yang atraktif. Tapi juga mengefisiensikan operasional lewat teknologi omnichannel yang terintegrasi didalamnya. Coba gratis layanan JUBELIO Store dengan klik disini.

Daftar Jubelio Gratis!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×