fbpx
apa itu afiliasi bisnis

Memahami Apa Itu Afiliasi Pada Bisnis Beserta Jenisnya

Memasuki jaman yang semakin maju secara teknologi tentu ini dapat membantu kamu menambah peluang bisnis dna penghasilan.

Apalagi sekarang ini untuk dapatkan penghasilan cukup mudah, kamu dapat mengikuti program afiliasi.

Ya, dengan adanya program ini kamu bisa menghasilkan pendapatan pasif tanpa modal yang besar.

Mungkin ada beberapa dari kamu yang belum tahu juga nih, apa sih program afiliasi itu dan bagaimana cara untuk mengikuti program affiliate ini.

Kamu bisa langsung simak artikel ini sampai habis ya.

Apa itu Afiliasi ?

Afiliasi adalah suatu program dimana bisnis akan memberikan kamu komisi ketika menawarkan dan mempromosikan produk atau layanan mereka kepada orang lain.

Contoh paling umum penerapan program afiliasi ini yaitu link referral yang nantinya digunakan orang lain untuk membeli atau memakai produk.

Kamu akan mendapatkan komisi saat orang tersebut menggunakan kode kamu untuk pembelian produk maupun layanan yang ditawarkan.

Di Indonesia sendiri dibagi menjadi beberapa contoh program afiliasi, ada yang bersifatnya perseorangan bahkan ada yang antara bisnis dengan bisnis (B2B)

Istilah Dalam Bisnis Afiliasi

Ada 2 istilah ketika menjalankan bisnis afiliasi, mungkin belum pernah kamu dengar.

Nah, berikut ini akan aku beri tahu ke kamu penjelasan terkait istilah-istilah yang akan ditemui pada bisnis afiliasi.

1. Affiliate

Affiliate adalah orang yang kerja sama dengan sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi untuk mempromosikan produk maupun layanan dan memperkenalkan suatu brand.

Biasanya affiliate berasal dari berbagai komunitas tapi kebanyakan dilakukan oleh blogger dimana ia akan menuliskan atau membuat konten terkait industri bisnis tersebut.

Nantinya akan dihubungkan dengan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

2. Jaringan Afiliasi

Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahui, kalau mayoritas program afiliasi itu dikelola dan diatur melalui jaringan afiliasi.

Jaringan ini berguna untuk menyediakan database yang berisi daftar para penyedia program afiliasi sehingga affiliate dengan mudah menemukan peluang.

Tidak hanya itu, jaringan afiliasi juga memfasilitasi penyedia produk dan layanan apabila ingin memakai jasa publisher.

Jenis-Jenis Program Affiliate

Berikut ini, ada beberapa jenis program afiliasi yang mungkin dapat kamu pilih dan disesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu.

Yuk simak penjelasan jenis afiliasi yang paling umum, diantaranya :

1. Pemasaran Afiliasi Terikat (Related Affiliate Marketing)

Apa itu afiliasi terikat atau related affiliate marketing?

Pemasaran afiliasi terikat biasanya akan berkaitan dengan promosi produk dan layanan dengan beberapa jenis hubungan penawaran.

Dengan jenis afiliasi marketing ini, membuat tingkat otoritas menjadi sumber yang dapat dipercaya, tanpa kamu memiliki produknya.

2. Involved Affiliate (Pemasaran Terlibat)

Berbeda dengan yang sebelumnya, pemasaran afiliasi terlibat memiliki hubungan lebih dalam antara afiliasi dengan produk yang sedang dipromosikan.

Affiliate sudah memakai produk perusahaan dan berikutnya mereka akan mencoba untuk membagikan pengalamanannya tersebut ke orang lain.

Bisa dibilang affiliate secara pribadi menyarankan pemakaian produk atau layanan karena telah percaya dengan produk yang ditawarkan.

3. Pemasaran Afiliasi Tidak Terikat (Unattached Affiliate)

Pada jenis bisnis afiliasi tentu affiliate tidak mempunyai hubungan dengan produk dan layanan yang mereka promosikan.

Jadi, tidak ada keterikatan dengan produk karena affiliate ini tidak memiliki otoritas dan membuat klaim terkait produk maupun layanan tersebut.

Dimana affiliate juga tidak berhubungan langsung dengan konsumen akhir dan hanya menyediakan media untuk mempromosikan produk dan layanan.

Sebenarnya hampir sama dengan iklan yang biasanya ada di guest blog.

Kamu pengen dapatkan komisi besar serta keuntungan tanpa batas ? Caranya mudah, kamu tinggal promosikan Jubelio ke para Pebisnis dan gabung menjadi mitra Jubelio sekarang.

Gabung Jadi Mitra

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×