fbpx
jenis laporan keuangan sederhan untuk bisnis

Jenis Laporan Keuangan Dalam Pengelolaan Bisnis Kamu

Mungkin beberapa dari kalian selaku pebisnis masih belum tahu nih, kira-kira laporan apa aja dan seperti apa sih yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis.

Dan seberapa pentingnya sih laporan keuangan ini untuk bisnis aku ?

Jawaban aku, laporan keuangan adalah hal yang penting. Dengan laporan akunting, kamu jadi tahu gimana kondisi keuangan dari bisnis kamu dan sebagai pengambil keputusan juga.

Sebelumnya kamu harus tahu dulu dong jenis-jenis laporan keuangan dan contohnya.

Baca juga : Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Beserta Fungsinya

Komponen Laporan Keuangan Usaha

Ada 5 jenis laporan keuangan bisnis secara umum yang harus kamu tahu agar bisnis kamu bisa berjalan dengan baik, antara lain.

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang kamu buat dengan tujuan untuk mengetahui keuntungan dan kerugian yang diterima bisnis pada akhir periode dengan cara memperhitungkan semua total pendapatan dan beban.

Income statement ini merupakan salah satu dari 5 jenis laporan yang disyaratkan oleh standar akuntansi keuangan dan harus disusun oleh sebuah usaha.

Pada laporan laba rugi dibagi menjadi 2 bentuk yaitu:

  • Single step : dimana income statement ini mempunyai alur pengelompokkan yang mudah sehingga dapat mengerti informasi laba yang dijelaskan pada bagian awal laporan.
  • Multiple step : Pada bentuk ini laporan disusun untuk membedakan transaksi operasional dan non operasional. Selain itu, bentuk ini mengharuskan kamu untuk membandingkan pengeluaran dan pemasukan.

2. Laporan Neraca

Dimana pada laporan neraca berfungsi agar kamu dapat mengetahui kondisi keuangan usaha kamu.

Dalam menyusun balance sheet kamu wajib menuliskan aset aktiva, pasiva, dan ekuitas dari bisnis kamu. Karena biasanya laporan neraca ini harus dipahami oleh investor.

Tujuannya agar mereka juga mengetahui kondisi dari usaha kamu.

Baca juga : 4 Jenis Laporan Keuangan Sederhana yang Perlu Dipahami Pebisnis

3. Laporan Arus Kas

Pada laporan arus kas, kamu harus lebih teliti dalam membuatnya. Kenapa ? karena pada laporan ini berfungsi sebagai bentuk pemberitahuan mengenai aliran keluar masuknya kas dalam satu periode.

Dan menyangkut aspek operasional, investasi, dan juga aktivitas keuangan usaha kamu. Laporan ini juga bisa menjadi acuan kamu sebagai indikator jumlah cash flow di periode selanjutnya.

Terlebih laporan ini dapat kamu dan investor gunakan sebagai alat keputusan keuangan bisnis.

4. Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan keuangan perubahan harus dipahami oleh investor berhubungan dengan hal krusial yaitu jumlah modal yang kamu miliki.

Biasanya informasi ini akan tercantum pada laporan perubahan modal dan berhubungan dengan keuntungan atau kerugian pada laporan laba rugi.

Informasi yang bisa kamu sampaikan melalui laporan perubahan modal berupa modal awal, modal yang kamu ambil, sampai total laba rugi usaha dalam satu periode.

Maka dari itu, jenis laporan ini sangat penting bagi pemegang saham karena mereka dapat mengetahui kondisi bisnis kamu/

5. Catatan Atas Laporan Keuangan Usaha

Yang terakhir ada catatan dari laporan keuangan. Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau laporan ini penting bagi bisnis kamu.

Padahal investor kamu memerlukan catatan ini, kenapa ? karena dengan begitu mereka lebih dapat memahami isi laporan keuangan secara menyeluruh dan lebih rinci.

Itu dia 5 jenis laporan keuangan yang wajib kamu ketahui dalam menjalankan sebuah bisnis. Mungkin terlihat sulit dalam menyusunnya padahal sebenarnya enggak kok.

Karena seiring berkembangnya teknologi bisa memudahkan kamu buat menyusun laporan keuangan bisnis kamu sendiri. Misalnya saja kamu bisa menggunakan platform Jubelio Omnichannel.

Kalo kamu memakai Jubelio dijamin bisnis kamu dibuat lebih mudah.

Kenapa ? karena kamu dapat kelola usaha mulai dari laporan keuangan (akunting), inventory manajemen, sistem gudang, Jubelio POS hanya dalam satu sistem aja.

Mudah bukan ? ditambah semua channel penjualan kamu dari penjualan offline maupun online udah terintegrasi.

Jadi, masih bingung pengen pakai Jubelio atau enggak ? Kalo masih bingung kamu bisa nih tanya lebih lengkapnya terkait Jubelio akunting dengan klik tombol tanya di bawah sini

Kamu bisa cari tahu kelebihan Jubelio Akunting dan langsung daftar GRATIS caranya mudah klik link ini aja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×