fbpx
Apa Itu Kartu Persediaan Barang Dagang

Kartu Persediaan Barang Dagang : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Untuk mengontrol persediaan barang yang akan kamu jual tentunya tidak mudah apalagi jika jumlah barang sangat banyak pasti kamu membutuhkan bantuan.

Mulai dari bantuan dari para staff yang ada dan juga memerlukan yang namanya pencatatan stok barang untuk seluruh produk.

Bukan hanya itu, bisnis kamu pun harus mempunyai inventory management atau inventory control yang tepat agar proses pengelolaan stok barang lancar.

Salah satu yang harus kamu gunakan ialah kartu persediaan barang dagang sebagai informasi dari pergerakan saldo awal, penerimaan stok, sampai persediaan akhir.

Lalu, apa itu kartu stok barang, kelebihan, fungsi, dan juga contoh excel kartu persediaan barang.

Pengertian Kartu Persediaan Barang Dagang

apa itu kartu stok barang

Kartu persediaan barang adalah sebuah laporan yang berisi mengenai semua kuantitas barang hingga pergerakan setiap barang yang ada di gudang.

Kartu stok barang juga dikenal dengan sebutan bin card atau stock card pastinya memiliki manfaat.

Salah satu manfaatnya yaitu membantu menghitung serta melaporkan jumlah ketersediaan barang yang ada di pembukuan dengan jumlah stok fisik.

Selain itu, kamu dapat mengetahui pola pergerakan barang sampai menentukan besar modal yang akan dikeluarkan untuk pembelian barang.

Dengan begitu kamu bisa menghasilkan kebijakan usaha yang dapat mengembangkan likuiditas dari bisnis.

Baca juga : Contoh Laporan Stok Barang Gudang dan Cara Membuatnya

Fungsi Kartu Persediaan Barang

fungsi kartu persediaan barang

Salah satu fungsi utama adanya kartu persediaan stok adalah sebagai pengendalian stok barang yang dapat kamu gunakan dalam berbagai format.

Karena kartu stok akan mencatat setiap keberadaan persediaan setiap item dan juga membantu staff kamu ketika melakukan stock opname barang di gudang.

Dalam kartu stok tertera berapa minimal dan maksimal jumlah persediaan pada setiap barang sehingga ketika barang mulai menipis, kamu langsung memenuhi stok tersebut.

Untuk membuat kartu stok persediaan barang bisa kamu lakukan secara manual menggunakan excel atau kamu bisa membuatnya secara otomatis dengan Jubelio sekarang, GRATIS!

Daftar Jubelio Gratis!

PROMO JUBELIO

Kelebihan Kartu Persediaan Barang

Kamu wajib tahu nih kelebihan memiliki kartu stok persediaan barang pada bisnis.

Berikut ini, ada 3 kelebihan utama dari penggunaan kartu persediaan barang dagang yang akan berpengaruh terhadap perhitungan barang ketika melakukan stock opname.

1. Mengontrol Tingkat Persediaan

Contoh Kartu Stok Barang Gudang

Adanya kartu stok gudang akan membantu kamu dalam mengontrol dan mengawasi setiap pergerakan barang yang ada di gudang seperti keluar dan masuknya barang.

Bukan hanya itu aja, tersedianya kartu stok barang pun dapat memudahkan kamu ketika ingin melakukan pembelian barang atau repurchase.

Maka dari itu, didalam kartu persediaan barang tertera minimum maupun maximum ketersediaan stok barang sehingga membantu staf untuk mengawasi barang.

2. Meminimalisir Kehilangan Faktur

Mudah Perhitungan Stok Barang Otomatis

Setiap melakukan penerimaan barang tentunya membutuhkan tanda terima atau yang disebut juga faktur.

Nah, faktur ini juga penting bagi keberlangsungan usaha kamu, maka dari itu mesti selalu dijaga agar tidak terjadi kehilangan faktur tersebut.

Sebab, faktur menjadi dokumen resmi yang sangat penting sehingga staf harus segera memperbaharui setiap laporan yang berkaitan dengan persediaan barang.

Sehingga dapat meminimalisir terjadi kehilang faktur.

Baca juga : Kartu Stok Barang : Pengertian, Fungsi, Beserta Contoh Excel

3. Memudahkan Stock Opname 

Fungsi Kartu Persediaan Barang Dagang

Ada beberapa bisnis yang melakukan stock opname barang sebulan sekali atau perhitungan kuartal selama satu tahun.

Dan pastinya mesti disesuaikan dengan kebutuhan usahanya.

Setiap melakukan stock opname, kamu akan mengecek pencatatan persediaan barang apakah sesuai dengan pembukuan dan kondisi fisik.

Adanya kartu stok barang dagang akan membantu kamu mengidentifikasi setiap daftar stok dengan kondisi fisik yang ada di gudang.

Contoh Kartu Stok Barang Excel

Contoh kartu stok barang dagang

Gambar di atas merupakan contoh kartu persediaan barang excel yang dapat kamu gunakan untuk membuat kartu stok barang sehingga memudahkan kamu dalam stock opname.

Sekarang kamu udah bisa membuat kartu stok barang secara otomatis menggunakan platform Jubelio.

Dengan platform Jubelio, kamu nggak cuma buat kartu persediaan barang aja tapi bisa dapatkan laporan keuangan, laporan penjualan, hingga sinkronisasi stok barang.

Semua itu bisa dikelola secara otomatis dan hanya melalui satu sistem aja.

Plus, Jubelio telah terintegrasi ke semua channel penjualan, jadi kamu bisa mengelola penjualan offline dan online secara bersamaan dalam satu dashboard.

Mudah banget kan sekarang mengurus kebutuhan bisnis.

Dapatkan DISKON SPESIAL 20% khusus untuk kamu yang daftar dan ikutan Jubelio Demo sekarang!

Ikut Demo Jubelio

Mau langsung coba Jubelio GRATIS ? Mudah, kamu tinggal klik tombol di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×