fbpx
Picking

Picking Lebih Efisien dan Produktif dengan 5 Hal Ini!

Dalam operasional gudang, proses pengambilan barang atau picking menjadi tahapan pertama dari pemrosesan pesanan. Ketika pesanan sudah siap diproses, langkah yang perlu dilakukan adalah pengambilan barang. Jadi, saat pesanan sudah siap, petugas gudang tinggal mengambil pesanan tersebut untuk diproses lebih lanjut.

Kamu tau bahwa saat ini hadir berbagai macam marketplace maupun e-commerce. Semakin menjamurnya marketplace maupun e-commerce, kegiatan picking semakin penting dan dibutuhkan pula. Pengambilan barang yang siap diproses dari rak tidak bisa dilakukan dengan asal. Kamu perlu memerhatikan hal-hal penting demi meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengambilan barang.

Baca juga: Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan – Jubelio

  1. Kerapian Rak Gudang

Sebelumnya, di saat kamu melakukan penempatan barang, kamu sudah mengategorikan tiap rak dengan barang yang sesuai. Pakaian di rak pakaian, makanan di rak makanan, aksesoris di rak aksesoris, dan sebagainya. Nah, kerapian peletakkan barang di rak akan mempermudah petugas gudangmu saat akan picking.

  1. Ketinggian dan Jarak rak

Tinggi rendahnya rak akan mempermudah proses pengambilan barang. Selain mempermudah, dapat mengurangi risiko cidera petugas gudangmu. Di sini, kamu perlu memperhitungkan hal tersebut.  Jika tinggi rak berjauhan, akan membuat petugas gudangmu cidera punggung.

Sama halnya dengan ketinggian rak, jarak antara rak satu dengan yang lain itu penting. Jarak yang pas juga akan memudahkan petugas gudangmu pada saat pengambilan barang. Semakin mudah, semakin kecil risiko cidera. Nggak bisa dibayangkan deh jika jaraknya sempit. Bisa-bisa akan menimbulkan cidera karena terjepit.

Baca Juga: Putaway: Sebuah Kunci untuk Pertumbuhan Bisnismu – Jubelio

  1. Ketelitian Petugas Gudang

Setiap pesanan yang akan dikirim ke pelanggan haruslah pesanan yang sesuai. Kesesuaian itu perlu ketelitian. Nah, performa staf gudangmu dapat kamu nilai di sini. Saat petugas gudangmu menerima daftar pesanan yang akan diambil, perlu sekali ketelitian.

Kenapa? Kalau pesanan yang diambil salah, otomatis yang diterima pelanggan pun salah. Pelanggan akan kecewa dan merasa tidak puas. Hal itu akan berdampak buruk bagi usahamu, loh!  Ih, jangan sampai, deh!

  1. Gunakan alat pemindai

Nah, ketelitian di atas bisa kamu maksimalkan dengan penggunaan alat pemindai atau scanner. Dengan menggunakan scanner, kamu nggak perlu lagi tuh repot dan pusing cari-cari rak atau barang. Kamu tinggal scan dari barcode yang tertera di rak dan barang untuk dicocokkan dengan data yang kamu punya. Kamu dapat langsung mengambil barang dari rak yang tepat. Selain itu, proses pengambilan pun juga jadi lebih cepat.

  1. Penggunaan Mobile Aplikasi Khusus Pergudangan

Sekarang melakukan apa pun rasanya gampang dan anti ribe-ribet club kan? Itu semua bisa terjadi karena kecanggihan teknologi yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya dalam bidang yang berkaitan dengan gaya hidup atau pun transportasi, dalam pergudangan pun juga ada aplikasinya, loh!

Sudah ada aplikasi untuk smartphone yang bisa kamu download, install, lalu gunakan. Di sini, setiap pesanan yang siap diambil akan masuk ke dalam aplikasi petugas gudangmu. Jadi, akan muncul jumlah tote bag sesuai barang yang akan diambil, kemudian petugas menuju ke rak yang sesuai di aplikasi, lalu dengan scanner yang disebutkan di nomor 4 dapat langsung scan dan masukkan ke tote bag.

Semakin sadar kan dengan pentingnya picking dan hal-hal yang dapat menunjangnya. Kamu juga jadi semakin berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan proktivitas picking, kan?

Nah, kelima hal penting di atas bisa kamu terapkan dengan menggunakan Jubelio, loh! Semua proses penempatan barang dapat dilakukan dengan efisien, mudah, dan tepat. Kamu bisa lihat proses picking  dengan Jubelio di sini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×