fbpx

Proses Bisnis Toko Online yang Kamu Wajib Kuasai 

Titel pebisnis mungkin menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam hidupmu. Meski begitu, kamu mungkin belum tahu mau berbisnis di bidang apa? Menjual apa? Hingga bagaimana cara mengelola proses bisnisnya?

Tapi dengan teknologi yang makin canggih, seharusnya kamu gak perlu lagi khawatir dengan hal tersebut. 

Kemajuan teknologi membuka banyak peluang yang bisa kamu ambil untuk mulai berbisnis. Misalnya, sebagai langkah pertama kamu bisa membuka online shop di marketplace.

Tentunya, sebelum mulai berjualan di marketplace, kamu harus paham dulu dengan proses mengelola bisnis online shop. Agar tokomu bisa cepat bersaing dengan yang lain. 

Proses Bisnis di Marketplace 

Dalam menjalankan online shop, pastinya kamu akan menemukan berbagai hal dan proses baru dalam melakukan jual beli barang. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai peran yang dibutuhkan dalam operasional sebuah bisnis. Yuk pelajari proses bisnis online shop di marketplace. 

  1. Manajemen Katalog Barang
    Salah satu proses bisnis online shop adalah manajemen produk

    Sama seperti saat berjualan secara langsung, berjualan online pun perlu mempercantik dan menyiapkan produk yang dijual, agar pembeli tertarik.

    Namun, di dalam ranah online memoles produk pastinya memerlukan proses yang berbeda. Biasanya, untuk mempercantik produk yang dijual online, berkutat di sektor visual dan teks produk tersebut.

    Kamu bisa mengkonsep gambar produk dengan melakukan penyesuaian seperti penambahan sentuhan-sentuhan visual. Menambahkan palet warna merkmu, serta menulis deskripsi yang menarik.

    Selain itu, kamu juga harus mengatur varian barang tersebut jika ada. Hal ini penting karena barang yang memiliki variasi biasanya akan lebih menarik hati calon pembeli. 

  2. Manajemen Stok
    Proses bisnis lainnya adalah manajemen stok

    Manajemen stok produk menjadi salah satu proses yang tidak pernah berhenti dalam setiap bisnis.

    Sebabnya, penjualan produk kamu tidak hanya bergantung pada promosi saja, melainkan juga keberlangsungan stok yang aman.

    Apalagi jika produk tersebut jadi salah satu yang paling banyak dibeliDalam prosesnya, manajemen stok tidak hanya berkutat pada pengadaan barang.

    Tetapi juga, masuk lebih dalam dengan mengklasifikasikan stok berdasarkan status dan alokasinya.

    Kamu harus bisa memetakan setiap stok, dan melakukan prediksi kapan stok tersebut habis. Tentunya akan melibatkan banyak perhitungan.

     

    Cara praktis mengatur stok dan persediaan, klik di sini.

    Baca Juga: Tips Menyusun Katalog Barang bagi Online Shop 

     

  3. Manajemen Pesanan
    Salah satu proses bisnis ialah mengelola pesanan

    Nah mengatur dan mengelola pesanan akan terasa mudah pada awal-awal online shop-mu dibuka. Namun, ketika semakin berkembang dan dikenal, pesanan yang datang pun akan semakin banyak.

    Pada momen inilah kamu akan mulai merasa kesulitan untuk mengatur pesanan yang masukSaat itu lah kamu harus mulai mengatur pesanan yang masuk dengan cermat.

    Terlebih lagi, ketika pesanan yang datang bersumber dari banyak marketplace. Di saat itu lah kamu perlu bantuan dalam memproses pesanan.

  4. Manajemen Gudang
    WMS menjadi salah satu Proses bisnis yang gak boleh dilewatkan.

    Selain mengatur langsung persediaan barang, kamu juga harus mengelola tempat penyimapanannya atau gudang.

    Karena, selain unit barang, tempat penyimpanan juga harus diatur agar rantai suplai tidak terganggu.

    Meski hanya dalam lingkup gudang, sistem ini penting karena bisa mengoptimasi bisnis, dan menyelesaikan masalah-masalah besar.

    Selain itu, setiap unit barang akan terpetakan dan diketahui lokasi dan statusnya. Termasuk, barang atau produk dengan masa pakai tertentu.

    Klik di sini untuk mengetahui caranya.
     

  5. Akuntansi
    Jangan lupakan akuntansi sebagai salah satu prose bisnis kamu.

    Pembukuan dan penyajian laporan keuangan memang terkesan rumit untuk dilakukan, apalagi jika kamu mengelola online shop dengan tim yang kecil.

    Pastinya, pencatatan akan sulit dilakukan karena setiap orang sudah memiliki pekerjaan masing-masing.

    Walaupun begitu, akuntansi menjadi salah satu proses bisnis yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Hal ini akan berkaitan erat dengan kesehatan finansial usahamu.

    Jadi, walaupun rumit kamu harus tetap melakukan pencatatan setiap transaksi dan aktivitas.

    Untuk memudahkan proses pencatatan transaksi bisnis milikmu, Jubelio hadir dengan fitur akuntansi yang bisa kamu gunakan.

    Selain akuntansi, kamu juga bisa merasakan mudahnya mengatur stok, menyusun barang baru serta efisiennya memproses setiap pesanan yang masuk. Ingin tahu caranya? Kamu bisa klik di sini.
     

Proses bisnis yang harus dilewati untuk menjadi pebisnis yang sukses memang panjang, dan pasti menemui berbagai tantangan.

Walaupun berat, kamu bisa kok melalui semua prosesnya apalagi jika ditemani Jubelio! Dengan Jubelio kamu bisa memproses dengan cepat semua pesanan yang masuk dari beragam marketplace. 

Mengatur jumlah stok setiap barang, hingga harga penjualan di setiap marketplace. Mengakses data laporan finansial perbulannya, hingga mempersiapkan produk baru yang akan diluncurkan oleh online shop milikmu! Klik di sini untuk info selanjutnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×