fbpx
sistem pergudangan bisnis retail

5 Fungsi Manajemen Sistem Pergudangan yang Perlu Diketahui

Manajemen Sistem Pergudangan – Kata siapa menjalankan bisnis itu mudah ? Padahal kenyataannya membangun usaha tidaklah mudah.

Kamu diharuskan mengurus segala kebutuhan usaha sampai manajemen bisnis seperti manajemen keuangan, manajemen persediaan barang dan lainnya.

Memang hal tersebut tidaklah mudah, apalagi jika kamu memiliki gudang dan pastinya memerlukan manajemen pergudangan.

Karena hal itu juga berpengaruh langsung terhadap pembeli produk kamu loh, Maka dari itu kamu perlu menerapkan WMS yang tepat agar produk keluar-masuk lebih efektif.

Fungsi Sistem Manajemen Gudang Bagi Bisnis

Ada sebagian pebisnis yang belum tahu, kalau penggunaan sistem manajemen pada gudang usaha mereka ternyata sangat penting.

Karena gudang bukan hanya sekedar menjadi tempat penyimpananbarang saja melainkan jika kamu menerapkan sistem gudang yang tepat bisa membantu kamu dalam mengelola usaha.

Nah, berikut ini ada 4 manfaat sistem gudang bagi bisnis, diantaranya:

1. Menentukan Lokasi dan Ketersediaan Stok secara Otomatis

Kebanyakan pebisnis tidak tahu betapa pentingnya sinkronisasi stok barang di dalam gudang.

Padahal hal tersebut sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya sebuah bisnis.

Maka dari itu, hadirlah sistem manajemen gudang yang membantu para pebisnis untuk memastikan ketersediaan stok barang yang memadai, pengiriman barang sampai ketepatan waktu pengiriman.

Tidak hanya itu, adanya sistem warehouse management system kamu bisa mengoptimalkan dan menyeimbangkan pembagian inventori yang disesuaikan dengan kebutuhan logistik.

Kamu juga bisa membuat rak denah (tata letak) gudang agar ketika mengambil dan mengirimkan barang lebih cepat dan pastinya akurat.

Baca juga : 5 Manfaat Utama Manajemen Inventory Dalam Bisnis Ritel

2. Menentukan Tingkat Inventory

Selain itu, kamu dapat meningkatkan manajemen persediaan barang gudang loh.

Sebab, pada sistem manajemen gudang kamu mengawasi stok barang yang ada di dalam gudang itu sendiri agar tidak ada kesalahan dalam penghitungan barang.

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap waktu kamu melakukan proses restock barang seperti kapan reordering barang sampai total barang yang harus di restock.

Adanya sistem WMS juga dapat membantu kamu mengontrol barang, apakah ada barang yang terlewat dan perpindahan barang berdasarkan kriteria misalnya tanggal kadaluarsa, tanggal pembuatan, dan lainnya.

3. Melakukan Re-Order secara Tepat Waktu

Ketika kamu memiliki persediaan barang yang mulai menipis dan di saat itu permintaan produk juga banyak, kamu enggak perlu khawatir.

Banyak pebisnis yang merasa kesulitan untuk menentukan waktu tepat melakukan proses re order barang.

Karena dengan memakai sistem WMS, kamu bisa re-order produk tepat waktu dan lebih mudah memantau dan mengontrol jumlah stok barang.

Ketika produk tersebut semakin menipis, kamu bisa segera melakukan proses re order kepada pemasok.

Jadi, kamu enggak perlu merasa takut saat persediaan barang habis tiba-tiba karena kamu dapat mengisi stok barang tepat waktu dengan aplikasi gudang.

Baca juga : 5 Cara Ampuh Kelola Sistem Manajemen Gudang yang Tepat

4. Memenuhi Permintaan Pelanggan Lebih Cepat

Adanya manajemen sistem pergudangan, kamu bisa memenuhi permintaan barang pembeli dengan lebih cepat.

Sebab, sistem gudang memastikan selalu tersedianya stok barang yang memadai di gudang.

Jika kamu menerapkan warehouse management system kamu bisa memenuhi permintaan tersebut sekalipun permintaan yang harus dipenuhi banyak serta waktu yang mendadak.

Kalo kamu masih bingung menentukan sistem gudang yang paling cocok dengan usaha kamu.

Nah, kamu bisa nih pakai Warehouse Management System (WMS) Jubelio, sebab dengan WMS Jubelio kamu udah bisa buat lokasi gudang virtual.

Bukan hanya itu aja, sistem pergudangan ini juga sudah terintegrasi ke dalam sistem omnichannel Jubelio.

Kamu enggak hanya urus sistem gudang aja tapi kamu udah bisa mengelola laporan keuangan, sinkronisasi stok barang, sampai laporan penjualan cuma dari satu sistem aja.

Ditambah sudah terhubung ke semua channel penjualan, kamu bisa mengurus jualan online dan offline secara bersamaan hanya di satu dashboard.

Jadi, masih ragu pakai WMS Jubelio ? Kalo masih, kamu bisa ikutan dulu demo Jubelio setiap selasa dan kamis dengan klik link di bawah ini.

Ikut Jubelio Demo

Kamu juga bisa loh coba Jubelio langsung dengan buat akun GRATIS caranya klik tombol di bawah ini aja.

Daftar Jubelio Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×