fbpx
Menetapkan strategi penetapa harga

Strategi Penetapan Harga Wajib Diketahui Sebelum Mulai Bisnis

Strategi Penetapan Harga Jual – Sebelum memulai sebuah usaha pasti ada tahap yang harus kamu lalui. Bukan hanya sekedar menentukan ingin berjualan barang apa, lalu bagaimana cara mempromosikan produk, dan lainnya.

Ada hal krusial yang enggak boleh kamu lupakan yaitu strategi penetapan harga jual produk, karena kamu juga tidak mau kan bisnis mengalami kerugian.

Untuk menetapkan harga jual, kamu bisa menggunakan beberapa metode dibawah ini nih.

Jenis Strategi Penetapan Harga 

Ada beberapa metode dalam menentukan penetapan harga produk, pertama kamu bisa melihatnya dari faktor yang mempengaruhi penetapan harga tersebut.

1. Berdasarkan Kompetitor

Penetapan harga berdasarkan pesaing bisa kamu lakukan karena dengan adanya kompetitor kamu dapat mempertimbangkan untuk memberikan harga dibawah pasar.

Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan, pertama jangan memberikan harga paling rendah karena dengan begitu kamu bisa merusak harga pasar.

Baca juga : Tingkatkan Penjualan Kamu Dengan Contoh Promosi Produk Ini

2. Strategi Penetration Pricing

Kedua, penetration pricing kamu menjual produk dengan harga terendah dari pesaing dan dapat membuat usaha kamu mengalami kerugian diawal.

Nah, kalo kamu pengen memakai strategi ini ada hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan memasang harga terlalu rendah karena akibatnya akan membuat bisnis kamu bangkrut.

Maka dari itu, kamu harus menetapkan harga sesuai dengan biaya yang telah kamu keluarkan.

3. Break Even Point

Break even point atau disingkat BEP adalah penetapan harga berdasarkan total biaya yang telah dikeluarkan dan hasil yang diterima secara kesuluruhan.

Kalo kamu mau menerapkan strategi ini tidak akan membuat usaha kamu rugi kenapa ? karena biasanya yang menerapkan metode ini tidak mengalami keuntungan maupun kerugian sehingga hasil yang didapatkan seimbang.

Baca juga : 6 Cara Mempromosikan Produk Untuk Meningkatkan Penjualan

4. Dilihat dari Permintaan Pasar

Kamu bisa menggunakan metode penetapan harga dengan melihat kebutuhan dari konsumen pasar loh. Strategi ini merupakan strategi yang umum dilakukan oleh banyak pebisnis.

Selain mendengarkan permintaan konsumen tentu kamu enggak boleh melupakan kualitas dari produk jualan kamu untuk menghindari ketidakpuasan pelanggan nantinya.

5. Metode Mark Up

Terakhir, kamu bisa menerapkan penetapan harga dengan metode mark up. Cara ini cukup mudah, kamu tinggal menentukan harga jual berdasarkan harga pokok awal pembelian yang akan diakumulasikan dengan beberapa jumlah tertentu.

Penetapan harga tersebut juga sesuai dengan biaya lainnya, dengan begitu keadaan harga akan tetap tanpa ada kenaikan.

Tapi selain melakukan penetapan harga jual produk, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis yaitu pengelolaan usaha mulai dari laporan penjualan, keuangan, stok barang, dan lainnya.

Salah satu kesulitan sebagai pebisnis adalah mengurus itu semua tapi sekarang lebih mudah dong tentunya dengan bantuan platform Jubelio.

Emang apa aja sih yang bisa dibantu dengan fitur Jubelio ? Banyak dong, mulai dari persediaan stok barang, laporan keuangan (software akunting), laporan penjualan, sampai sistem manajemen gudang (WMS).

Apalagi Jubelio bisa membantu kamu lebih mudah kelola penjualan offline maupun online karena semua channel penjualan kamu udah terintegrasi secara otomatis ke dalam satu sistem.

Tunggu apalagi ? Kamu bisa coba sekarang dengan daftar secara GRATIS tinggal klik tombol dibawah ini.

 

 

Kamu juga bisa tanya langsung lebih lengkap, caranya tinggal klik link TANYA JUBELIO dibawah sini ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×