fbpx
stock opname adalah hal penting dalam perhitungan persediaan barang

Tahapan Melakukan Stock Opname Dengan Tepat Pada Bisnis

Stock Opname adalah hal penting pada sebuah usaha. Karena tanpa adanya pengelolaan stok barang yang tepat dan detail, kamu akan kesulitan mengetahui persediaan barang, menghitung laporan stock barang, sampai tahu kondisi barang.

Selain itu stok opname atau inventory checking dibutuhkan untuk menyesuaikan pencatatan akunting bisnis dengan persediaan barang secara fisik.

Apa yang dimaksud stock opname ?

Stock opname adalah aktivitas melakukan verifikasi fisik dengan cara menghitung jumlah persediaan barang yang ada di gudang kamu.

Biasanya kegiatan ini bisa menjadi langkah pengendalian usaha kamu untuk meminimalisir resiko selisih antara pencatatan barang dengan ketersediaan stok barang fisik.

Baca juga : Stock Opname : Pengertian, Fungsi, dan Waktu Pelaksanaannya

Kenapa stock opname barang penting ? 

Karena stock opname dilakukan untuk mengetahui secara detail persediaan barang pada pencatatan dan stok barang fisik.

Kalo misalnya jumlah stok barang lebih banyak daripada pencatatannya, kamu bisa mengecek ulang karena ada kemungkinan transaksi yang belum tercatat.

Sedangkan bila terjadi kekurangan, ada dua cara yang bisa kamu lakukan dengan membuat jurnal penyesuaian atau buruknya kamu membebankan kepada petugas stok opname utntuk menggantikan barang tersebut.

Baca juga : Contoh Laporan Stock Opname Barang Gudang dan Cara Membuatnya

Langkah-Langkah Stock Opname yang Tepat

ada 2 tahapan dalam melakukan stock opname barang pada usaha kamu yaitu tahap awal dan tahap persiapan. Untuk penjelasan lengkapnya setelah ini ya.

1. Tahap Awal

Pada tahap ini dilakukan jauh hari sebelumnya, biasanya sekitar satu minggu sebelum kamu melakukan stock opname.

Di tahap awal, komunikasi banyak dilakukan oleh orang gudang. Hal yang perlu kamu perhatikan dalam tahap ini, diantaranya:

  • Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan stiker yang nantinya akan digunakan untuk memberi tanda stok yang sudah dihitung
  • mengarahkan orang gudang untuk merapikan stok barang untuk menatanya dan memberikan kode sesuai jenis barang, agar saat melakukan stock opname tidak terjadi kerancuan.
  • Memberikan arahan kepada bagian gudang untuk melengkapi stok barang dengan barcode yang sesuai. Setiap barang di gudang dilengkapi dengan kode barang untuk memudahkan perhitungan.
  • Memberi intruksi untuk menyiapkan stiker dengan tulisan “tidak dihitung” yang nantinya akan digunakan untuk barang yang tidak perlu dihitung seperti barang yang masuk saat atau setelah stock opname, barang yang bersifat titipan (konsinyasi), dan barang rusak yang tidak dapat di retur.

Baca juga : 10 Daftar Aplikasi Stok Barang Terbaik Untuk Bisnismu

2. Tahap Persiapan

Tahap kedua adalah persiapan. Nah, pada tahap ini menandakan pelaksanaan stock opname sudah mendekati waktunya.

Biasanya tahap ini dilakukan satu hari sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, antara lain.

  • Melakukan briefing terkait  pelaksanaan stock opname. Disini kamu bisa memberikan dan menjelaskan tugas pada masing-masing orang yang terlibat.
  • memberi arahan untuk melengkapi data yang berkaitan dengan mutasi barang hingga jam tutup operasional.
  • Mengarahkan bagian gudang untuk menghentikan mutasi barang terhitung mulai dari tutup operasional sampai proses stock opname selesai.

Nah, daripada kamu susah- susah input ketersediaan barang secara manual sekarang semakin berkembangnya teknologi kamu bisa menggunakan yang namanya software atau aplikasi buat hitung stok barang toko kamu.

Kamu bisa coba menggunakan fitur persediaan dari Jubelio Omnichannel untuk membantu kamu dalam pengelolaan stok barang usaha kamu seperti sistem barcode dan serial number.

Dengan persediaan dari Jubelio omni channel kamu bisa melakukan sinkronisasi stok di semua channel penjualan dan gudang kamu. Jadi, kamu bisa mengetahui jumlah setiap saat sehingga menghindari stok abis atau overselling.

Ditambah semua penjualan online maupun offline sudah terintegrasi secara otomatis dan kamu tinggal kelola dalam satu sistem dashboard aja deh. Penasarankan ? Kamu bisa tanya-tanya mengenai fitur persediaan Jubelio Omni channel, klik tombol tanya Jubelio dibawah ini ya.

Nah, kamu bisa cari tahu sendiri tentang fitur stok barang Jubelio dan daftar GRATIS caranya kamu klik tombol di bawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×