fbpx
cara edit produk di shopee

3 Cara Edit Stok di Shopee Cuma Butuh Hitungan Menit Aja!

Cara Edit Stok di Shopee – Sebagai seorang seller di marketplace, tentu kamu mesti memantau dan menyamakan stok barang di toko online dengan kondisi fisiknya.

Sebab, kalau tidak begitu maka akan terjadi yang namanya selisih stok barang atau bisa aja nih stok barang kamu habis secara tiba-tiba.

Pasti nggak mau dong hal tersebut kejadian di toko online kamu?

Maka dari itu, kamu perlu mengecek secara berkala nih persediaan barang yang dimiliki ke semua toko yang ada di berbagai marketplace termasuk Shopee.

Mau nggak mau, penjual diharuskan untuk mengubah stok produk secara manual di seluruh marketplace agar stoknya sama semua nih.

Lalu, gimana sih cara mengedit stok barang di Shopee secara manual dan otomatis?

Makanya simak artikel ini sampai selesai ya.

Jenis Produk yang Tidak Dapat Diubah di Shopee

Eittss, sebelum aku kasih tahu nih tutorial mengedit stok barang di Shopee, kamu pernah mengalami yang namanya tidak dapat mengedit rincian produk?

Misalnya seperti harga, deskripsi produk, nama produk, variasi barang, jumlah stok barang, dan lain sebagainya.

Biasanya sering kali penjual mengalami hal ini, dimana mereka nggak bisa nih mengubah rincian produk yang berada di Shopee, baik yang melalui Shopee Seller Center maupun aplikasi Shopee.

Nah, tapi ternyata ada penyebab dan alasan kenapa kamu tidak bisa mengubah rincian produk di Shopee loh. Terdapat beberapa jenis produk yang nggak dapat diubah oleh seller, diantaranya.

Promosi

Pasti kebanyakan seller pernah mengadakan promosi di toko online mereka menggunakan fitur promosi yang telah disediakan oleh pihak marketplace termasuk Shopee.

Nyatanya, ada promosi yang nggak bisa kamu ubah atau produk sudah terkunci. Adapun tipe promosinya sebagai berikut.

Tipe Promosi Shopee

Poin Penalti

Lalu berikutnya yaitu Poin Penalti, kalau kamu udah punya lebih dari 12 poin pinalti untuk jenis apapun sehingga kamu nggak bisa mengubah rincian produk.

Untuk informasi selengkapnya kamu bisa nih liat pada tabel di bawah ini, apa aja yang dapat diubah dan tidak.

poin penalti Shopee

Fitur Toko Libur

Terakhir, jenis toko yang mengaktifkan fitur toko libur, mereka nggak bisa mengubah rincian produk. Jadi, kalau kamu ingin mengedit informasi produk, kamu bisa menonaktifkan fitur ini ya.

Untuk mengetahui lengkapnya informasi produk apa saja yang dikunci ketika kamu menerapkan fitur toko libur, kamu bisa lihat melalui gambar tabel di bawah ini ya.

fitur toko libur ShopeeCara Edit Stok di Shopee 

Ada 2 cara yang dapat kamu terapkan untuk mengedit stok produk di Shopee, yaitu cara manual dan cara otomatis nih.

Jadi, ada dua pilihan untuk kamu yang pengen edit produk di Shopee.

Apalagi kamu sebagai penjual mesti sering mengupdate informasi terkait produk seperti harga, stok, variasi, grosir produk, sampai minimal dan maksimal pembelian.

Buat kamu yang nggak mau ribet mengubah stok barang satu persatu di marketplace pas ada penjualan, kamu bisa pakai cara yang otomatis.

Ketika ada penjualan di marketplace lain, selain Shopee kamu nggak perlu lagi mengubahnya secara manual mengikuti ketersediaan kondisi barang fisik.

Tanpa perlu berlama-lama mending kita langsung aja yuk ke cara edit stok di Shopee.

Cara Mengubah Stok Barang Secara Manual

Langkah pertama, kamu bisa mengikuti tahapan mengubah stok barang secara manual di Shopee dengan memakai fitur stok saya.

Kamu bisa memperbarui secara satuan maupun mass update, yuk ikutin langkah-langkah berikut ini.

Memperbarui Secara Manual

  1. Pilih ubah atau kamu dapat mengarahkan kursor ke bagian yang pengen kamu ubah.
  2. Kamu bisa memperbarui lokasi, jumlah stok normal, batas minimal stok, dan masa pengemasan supplier sesuai dengan kebutuhan kamu.
  3. Selanjutnya kamu klik centang untuk konfirmasi perubahan atau tekan tanda silang untuk membatalkan.

Mengubah Stok Barang Dengan Mass Update

Kamu dapat menggunakan mass update untuk mengedit stok barang sekaligus.

  1. kamu download terlebih dahulu template yang disediakan oleh Shopee pada halaman stok saya, dengan memilih export atau export semua.
  2. Berikutnya, kamu isi informasi yang ingin diperbarui menggunakan template tersebut.
  3. Pilih mass update dan klik tombol tab upload
  4. Terakhir, pilih file yang akan di import untuk mengunggah template.

Tips Gampang Edit Stok Secara Otomatis di Berbagai Marketplace

Cara yang terakhir pastinya lebih mudah dan kamu bisa mengeditnya secara otomatis ketika ada penjualan di setiap toko nih.

Tentunya kalau kamu diharuskan untuk mengubah stok barang secara manual akan menguras waktu dan tenaga kamu, karena harus satu persatu.

Apalagi produk yang mesti diedit nggak cuma di satu marketplace aja melainkan kamu harus mengubahnya di setiap marketplace.

Belum lagi jika terjadi selisih stok barang, pasti makin kesulitan tuh buat atur stoknya.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan yang namanya fitur sinkronisasi stok (sync stock).

Jadi, saat ada penjualan di toko kamu di marketplace nanti akan berkurang secara otomatis di seluruh marketplace lainnya.

Nggak perlu lagi deh tuh kamu mengedit stok barang satu persatu di masing-masing marketplace, karena semuanya udah dilakukan otomatis melalui sistem Jubelio Omnichannel.

Eitss, bukan cuma memudahkan kamu dalam sinkronisasi stok aja, melainkan Jubelio bisa membantu kamu untuk memproses orderan, atur manajemen gudang, mass upload (upload produk sekaligus), dan banyak lagi.

Oiya, Jubelio sudah terintegrasi ke berbagai channel penjualan online maupun offline seperti marketplace, social commerce, webstore, hingga toko offline.

Pokoknya fitur di Jubelio udah lengkap banget buat bantu operasional bisnis kamu.

Kalau kamu penasaran, bisa langsung klik disini untuk informasi selanjutnya atau tekan tombol di bawah ini untuk rasakan kemudahannya secara langsung.

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.