fbpx
cara memilih Sistem pergudangan online

5 Tips Memilih Sistem Pergudangan yang Tepat untuk Bisnis!

Sistem Pergudangan Online – Saat ini keberadaan sebuah sistem yang mendukung operasional bisnis banyak dicari oleh pelaku usaha.

Salah satunya yaitu sistem manajemen gudang, adanya sistem ini tentunya sangat membantu pebisnis dalam mengelola stok barang mereka yang ada di gudang.

Hampir semua jenis usaha pasti memiliki gudang sebagai tempat untuk menyimpan persediaan barang mereka.

Apalagi bagi pebisnis yang punya banyak barang dan produk yang dijual memiliki waktu bertahan (kadaluarsa), pasti akan merasa kesulitan ketika mengurus gudang.

Alhasil tanpa adanya sistem yang mumpuni bisa mengakibatkan pengelolaan gudang menjadi nggak efektif dan efisien.

Aku punya cara mudah agar pengelolaan manajemen gudang kamu nggak menghabiskan waktu yaitu penggunaan warehouse management system (WMS).

Pengen tahu pembahasan lengkapnya ? Baca artikel ini sampai selesai ya.

Konsep Sistem Manajemen Gudang

Konsep Sistem Manajemen Gudang (WMS)

Umumnya nih kebanyakan pebisnis merasa susah untuk mengurus gudangnya, mulai dari mengatur persediaan barangnya, atur rak barang, dan lainnya.

Sehingga menimbulkan masalah dalam warehouse (gudang) seperti jarang menghitung stok barang atau tata letak (layout) gudang yang berantakan.

Dimana masalah tersebut, bisa membuat proses bisnis kamu menjadi terhambat, maka dari itu penting juga bagi pebisnis untuk paham bagaimana cara buat sistem pergudangan yang tepat.

Salah satu cara membangun manajemen gudang yang baik adalah menggunakan sistem manajemen gudang.

Sebelum itu, kamu tahu nggak sih sistem manajemen gudang (WMS)?

Kalo kamu belum tahu, tenang aja akan aku jelasin nih secara sederhana apa itu warehouse management system.

Jadi, bisa dibilang WMS adalah sistem yang berisi serangkaian proses dan pastinya akan membantu kamu untuk mengontrol serta mengawasi setiap operasional gudang.

Untuk prosesnya sendiri berawal dari kedatangan barang sampai akhirnya barang tersebut dipindahkan.

Eitts.. sebelum ke penjelasan lengkap tentang sistem ini, kita pahami dulu konsep yang bisa kamu terapkan di gudang.

Pasti udah nggak asing sama istilah metode FIFO, LIFO, atau FEFO kan ?

Ketiga metode itu digunakan disesuaikan sama barang yang kamu jual dan berada di gudang.

Pengen tahu penjelasan lengkap mengenai ketiga metode ini ? kamu bisa baca disini ya.

Biasanya orang gudang akan kesulitan untuk mengetahui dan mengidentifikasi mana barang yang expired atau rusak.

Jika kamu masih memakai cara pengelolaan gudang manual.

Misalnya kamu menjual produk obat-obatan atau makanan, maka metode yang bakalan kamu pakai yaitu metode FEFO (First Expired First Out).

Tapi orang gudang tidak bisa langsung tahu mana produk yang mendekati masa kadaluarsa atau rusak, mereka harus mengecek dan mencatatnya.

Pastinya akan menghabiskan banyak waktu bukan ?

Nah, kalau menggunakan sistem gudang kamu dapat mengidentifikasinya cukup pakai barcode dan sudah terhubung ke seluruh cabang.

Lalu, nanti WMS memberikan lokasi barang beserta penempatannya yang telah terekam di sistem.

Keuntungan Software WMS (Warehouse Management System)

Setelah mengetahui dan paham konsep dari sistem gudang online, mungkin yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah “apa aja sih keuntungan dari sistem WMS untuk bisnis ?”

Pengen tahu apa aja kelebihan dari sistem manajemen pergudangan, di bawah ini bakalan aku kasih tahu keuntungan menerapkan manajemen gudang.

Baca sampai selesai ya.

Kecepatan Dalam Mengurus Setiap Barang

Impian hampir semua pebisnis pastinya dapat mengelola produknya secara efektif dan efisien, apalagi barangnya sangat banyak.

Ya, hal itu sekarang bukan hanya menjadi mimpi aja tapi sekarang kamu udah bisa mengurus seluruh produk kamu yang ada di gudang lebih mudah dan tentunya nggak perlu habisin waktu.

Inilah keuntungan pertama dari penerapan sistem manajemen gudang online yaitu kecepatan dalam handling proses.

Kalau sebelumnya kamu melakukan semua kegiatan secara manual, misalnya mencatatnya di kartu stok barang, sekarang udah nggak perlu.

Karena semuanya udah dilakukan secara komputerisasi sehingga mempercepat segala proses yang ada di gudang, contohnya dalam proses penempatan, pengambilan dan pengepakan barang.

Jadi, kamu bisa dapatkan semua informasi terkait inventory maupun transaksi secara akurat dan real-time.

Mudah Atur Tempat Penyimpanan

Bukan cuma kecepatan dalam mengurus proses melainkan kamu pun bisa dengan mudah mengatur setiap tempat penyimpanan di gudang.

Mulai dari, proses penempatan tata letak rak yang akan membantu orang-orang gudang untuk mengambil barang.

Staff gudang nggak harus mengetahui dan mengingat lokasi barang, karena semuanya dibantu oleh sistem informasi stok barang di gudang.

Tips Memilih Sistem Pergudangan Online untuk Bisnis

Apakah sekarang kamu sudah tertarik untuk menggunakan sistem manajemen gudang online ?

Kalau udah, ini saatnya kamu tahu bagaimana sih cara pilih sistem gudang yang tepat untuk bisnis yang aku bahas secara lengkap.

Mau tahu apa aja kriteria sistem pergudangan (WMS) yang tepat ?

Tentukan Biaya yang Dikeluarkan

biaya penggunaan sistem WMS

Hal paling mendasar sebelum kamu pilih sistem informasi gudang yang tepat yaitu sesuaikan dengan budget yang dikeluarkan.

Tujuan menentukan budget supaya meminimalisir terjadinya pengeluaran yang tidak penting bagi bisnis kamu, terlebih lagi, budget kamu cukup terbatas.

Saran aku, kamu dapat pilih manajemen gudang yang berbasis cloud karena biasanya biayanya relatif terjangkau dan mudah untuk kamu gunakan.

Lokasi Penyimpanan Barang Pada Sistem Pergudangan Online

buat layout gudang

Kamu tahu nggak ternyata besar kecilnya gudang yang kamu miliki berpengaruh terhadap pemilihan sistem manajemen gudang.

Salah satu kendala yang kemungkinan dialami oleh pebisnis adalah menentukan lokasi penyimpanan sekaligus pembuatan denah atau tata letak di gudang.

Saat kamu membuat lokasi penyimpanan gudang besar maupun kecil, pebisnis bisa sekalian membuat dan mengatur denah visual rak di gudang.

Contoh, kamu sudah pilih lokasi gudang Jakarta lalu langkah berikutnya kamu bisa langsung bikin layout gudangnya untuk penempatan setiap barang.

Maka itu, kamu dapat memilih sistem gudang yang memberikan visibilitas penuh terhadap gudang.

Salah satunya kasih kamu kemudahan dalam menentukan rak di setiap gudang agar lebih mudah mengidentifikasi keberadaan barang.

Kalau di sistem gudang Jubelio, kamu dapat mengatur layout gudang mulai dari lantai, baris, kolom, dan rak barang yang ada di gudang.

Kemudahan Dalam Menyesuaikan Persediaan Barang Gudang

Mudah menyesuaikan Stok opname Sistem pergudangan

Pasti ada saat dimana kamu pengen tahu kondisi persediaan stok barang yang ada di gudang dengan sistem gudang bukan ?

Misalnya aja, kamu menemukan masalah di dalam pengelolaan gudang seperti barang hilang, rusak, atau bahkan produk sudah expired.

Mau nggak mau, kamu mesti melakukan penyesuaian barang lagi agar tidak ada perbedaan persediaan barang antara sistem dan stok fisik.

Nah, maka itu sebelum memutuskan untuk memakai suatu sistem inventory gudang, kamu lihat apakah di dalam sistem tersebut terdapat mudah untuk menyesuaikan stok barang.

Biasanya pada warehouse management system sudah tersedia fitur yang satu ini, dimana memudahkan kamu dalam melakukan penyesuaian persediaan di gudang.

Contohnya di Jubelio WMS kamu bisa lakukan penyesuaian stok barang berdasarkan SKU produk sekaligus melaksanakan stock opname gudang seperti gambar di bawah.

penyesuaian stok di wms

Pahami Alur Pemrosesan Pesanan di Sistem Pergudangan

pemrosesan sistem pergudangan

Nah, selanjutnya kamu dapat pilih software WMS yang pemrosesan pesanannya lebih terperinci dan akurat.

Dimana semua prosesnya sudah menyangkut mulai dari pengiriman, pengepakan, sampai pengiriman barang.

Jadi, kamu bisa dengan mudah mengetahui setiap langkah dari proses pesanan.

Coba bayangin misalnya nih kamu dapat orderan dan mesti memproses pesanan penjualan, pasti kamu harus mengeceknya berkali-kali untuk memastikan barang yang dikirim sesuai bukan ?

Tapi dengan memakai sistem Jubelio WMS, kamu tinggal scan barcode barang ketika mengambil dan mengepak barang sebelum dikirimkan.

Fungsi utama dari fitur sistem informasi gudang ini adalah supaya pesanan yang masuk dapat diproses dengan cepat melalui sistem pergudangan.

Pelacak Keluar Masuk Barang Akurat

pelacakan keluar masuk barang di WMS

Kamu bisa mencari sistem manajemen gudang yang data pelacakan keluar masuk barangnya akurat, agar nggak terjadi kesalahan pengambilan barang. 

Maka itu, software gudang yang memiliki sistem barcode lebih banyak dipilih oleh pebisnis, karena memudahkan mereka untuk melacak setiap barang masuk maupun barang keluar. 

Semua barang dapat kamu lacak hanya menggunakan serial number maupun batch number yang selanjutnya tinggal kamu pindai aja. 

Contohnya ada barang masuk dari supplier, kamu cukup memindainya menggunakan aplikasi Jubelio WMS nanti otomatis bakalan diarahin ke rak yang sudah kamu buat.

Begitu pun saat barang keluar, kamu bisa mengetahui kronologi keluarnya barang seperti transfer ke gudang lainnya secara lengkap.

Mulai dari informasi status barang yang sedang dikirimkan hingga barang tersebut diterima.

Kesimpulan

Memang sulit menentukan mana sistem atau aplikasi gudang yang tepat bagi bisnis, karena melibatkan berbagai macam komponen yang berkaitan operasional bisnis.

Selain diperlukan staf gudang yang handal, kamu pun memerlukan sistem gudang yang punya fitur lengkap agar manajemen gudang terjaga.

Tapi sekarang kamu udah nggak perlu khawatir lagi, sebab sebelumnya udah aku kasih tahu tips memilih aplikasi manajemen gudang.

Ada salah satu rekomendasi contoh warehouse management system terbaik di Indonesia yang dapat kamu gunakan yaitu software WMS Jubelio

Kalau kamu penasaran dengan sistem WMS dari Jubelio, kamu dapat mencobanya sekarang caranya klik disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.