fbpx
aplikasi toko gratis untuk bisnis

Pakai Aplikasi Toko Gratis Ini untuk Mudahkan Bisnis Kamu!

Kamu punya toko online atau offline tapi masih sering merasa kewalahan dalam mengelolanya? Udah tahu belum nih, kalau sekarang udah ada aplikasi toko gratis.

Untuk mempermudah kamu dalam mengurus segala kebutuhan bisnis seperti manajemen order bahkan manajemen pergudangan.

Biasanya software ini nggak cuma menawarkan satu atau dua fitur aja melainkan ada pula yang menyediakan lebih dari dua fitur yang saling terintegrasi.

Jika kamu penasaran fitur apa aja dan rekomendasi aplikasi untuk toko online, baca artikel ini sampai selesai.

Fitur yang Wajib Ada di Software Toko Online

Masih merasa kesusahan kalau harus mengurus operasional bisnis, seperti penataan persediaan barang, lalu urusan upload produk, atau permasalahan di gudang?

Tapi kamu tahu nggak nih, sekarang tuh udah ada loh software toko yang dapat membantu kamu dalam mengatasi persoalan terkait bisnis, apalagi yang berkaitan sama operasional.

Nah, sebelum kamu memilih aplikasi toko gratis, ada beberapa fitur penting yang meski kamu perhatikan ketika menentukan aplikasinya.

Yuk, simak fitur apa aja yang meski ada di software toko online.

Manajemen Produk

Fitur pertama yang harus ada di sistem omnichannel yaitu manajemen produk, untuk menata produk kamu supaya lebih tertata.

Mulai dari, SKU produk, kemudahan dalam upload produk di seluruh channel penjualan, lalu penentuan kategori produk, dan masih banyak lagi.

Umumnya, pelaku usaha merasa kesulitan nih untuk memasukkan produk ke toko online mereka, dikarenakan mesti menguploadnya secara manual satu persatu.

Sebab, mereka diharuskan memasukkan deskripsi produk, kategori barang, berat produk, gambar produk, variasi produk, pre-order barang, sampai harga grosir.

Tentunya kalau kamu menambahkan produk satu persatu akan menghabiskan waktu serta tenaga.

Oleh karena itu, pada sistem manajemen multi-channel marketplace menawarkan fitur manajemen produk untuk memudahkan kamu dalam mengurus seluruh produk.

Pengelolaan Stok Barang

Lalu, fitur yang kedua yaitu pengelolaan stok barang. Biasanya yang menjadi masalah paling umum adalah ketika stok yang ada channel penjualan tidak sinkron dengan stok fisik.

Khususnya bagi kamu yang mempunyai toko online dan berjualan di marketplace, pasti sering menemukan masalah satu ini.

Sehingga kamu membutuhkan fitur sinkronisasi stok marketplace, supaya nggak terjadi selisih stok lagi.

Selain itu, jika toko kamu selalu ikutan event di marketplace seperti harbolnas, flash sale, promo harga coret, dan lainnya.

Terkadang muncul juga nih masalah, dimana kamu lupa untuk mengamankan persediaan barang tersebut.

Misalnya, kamu udah menentukan stok yang dipakai untuk promosi sebanyak 200 pcs selama 2 hari.

Tapi baru satu hari stok tersebut udah habis, otomatis besoknya marketplace akan mengupdate stoknya menjadi 200 pcs juga, padahal stoknya sudah habis.

Atau contoh lainnya, produk kamu termasuk ke dalam barang yang langka sehingga memerlukan pengelolaan stok yang tepat.

Untuk meminimalisir terjadinya kendala tersebut, kamu pun perlu yang namanya stok cadangan.

Kamu bisa mendapatkan semua fitur pengelolaan stok barang, di software omnichannel satu ini.

Kemudahan Proses Pesanan

Fitur ketiga adalah tersedianya fitur proses pesanan, umumnya pelaku usaha khususnya yang jualan online harus membuka setiap tokonya untuk memproses pesanan pelanggan.

Coba bayangin deh, jika kamu memiliki 5 atau lebih toko online dan diharuskan untuk membuka masing-masing platform toko online untuk memprosesnya.

Belum lagi timbul masalah kayak salah kirim barang ke pelanggan disebabkan nomor resi yang berbeda.

Tandanya kamu memerlukan yang namanya fitur proses pesanan, dimana kamu udah bisa langsung memproses seluruh orderan yang masuk dari berbagai channel penjualan melalui satu dashboard.

Jadi, nggak perlu lagi deh urus orderan satu persatu lagi, cuma pakai software manajemen marketplace kamu dapat kelola sekaligus.

Sebab, setiap ada pesanan baru nantinya secara otomatis masuk ke dalam sistem tersebut.

Tersedia Sistem Manajemen Gudang (WMS)

Kamu punya gudang tapi segala pencatatannya masih dilakukan secara manual? Mulai dari, barang masuk sampai barang keluar.

Kalau masih melakukannya manual tentu bisa menimbulkan berbagai masalah, misalnya human error kayak kesalahan pencatatan stok hingga selisih stok barang.

Maka dari itu, hampir semua pebisnis butuh sistem manajemen gudang (WMS) agar proses pergudangan bisa lebih maksimal sekaligus meminimalisir masalah gudang.

Apalagi jika kamu memiliki produk yang punya masa kadaluarsa, harus menerapkan sistem ini sehingga bisa mengeluarkan barang yang punya expired terdekat menggunakan batch number.

Tips Mencari Aplikasi Toko Gratis untuk Bisnis

Ada tips penting yang harus kamu pahami sebelum menentukan aplikasi toko untuk bisnis kamu, terutama kamu yang jualan retail nih.

Plus, kalau kamu memiliki banyak toko dan berjualan hampir di semua channel penjualan, misalnya marketplace, social commerce, website toko online, hingga toko offline.

Jika dilihat, untuk mengelola penjualan di seluruh toko tentunya bukan sesuatu hal yang mudah bukan?

Bila kamu menggunakan berbagai software untuk kebutuhan usaha, contohnya kamu pakai satu aplikasi stok barang untuk pencatatan stok di toko online.

Lalu kamu juga pakai software pos yang berbeda untuk toko offline kamu, tentunya kamu akan menghabiskan biaya sekaligus waktumu.

Dan buat urusan gudang, kamu memakai sistem gudang yang berbeda pula.

Maka dari itu, kamu membutuhkan sistem yang udah terhubung, baik antara penjualan offline dan online dalam hal pencatatan stok barang, manajemen pergudangan, sampai laporan penjualan.

Tips pentingnya adalah kamu menggunakan sistem yang sudah terintegrasi ke semua channel penjualan online dan offline milikmu.

Jadi, nggak perlu lagi kamu untuk mengurus operasional bisnis satu persatu di setiap channel penjualan.

Apalagi toko online yang kamu miliki tuh cukup banyak, bayangkan aja di marketplace kamu bisa punya 5 sampai 7 toko.

Belum lagi, jika kamu ada dua toko di dalam satu marketplace. Duh.. bayanginnya aja udah bikin pusing buat mengurusnya.

Pakai Software Toko Satu Ini, Semuanya Serba Otomatis!

platform omnichannel Jubelio

Apakah kamu mulai tertarik untuk menggunakan platform omnichannel untuk bisnis kamu?

Nah, kalau kamu udah terpikat dan sedang mencari-cari software bisnis apa sih yang cocok untuk kebutuhan bisnis.

Aku punya rekomendasinya nih, apalagi fitur yang disediakan juga sangat lengkap, contohnya proses pesanan, sinkronisasi stok barang secara otomatis, upload produk sekaligus, sampai terintegrasi ke seluruh channel penjualan milikmu.

Kalau masalah sistem manajemen gudang, tenang aja di sistem ini juga ada kok, dijamin deh ekosistem bisnisnya lengkap.

Coba tebak platform apa yang udah menyediakan semua fitur tersebut?

Yap, benar namanya platform Jubelio Omnichannel. Dengan sistem ini kamu bisa mendapatkan fitur yang membantu bisnis secara lengkap.

Bukan cuma untuk jualan online aja melainkan bagi kamu yang punya toko fisik (offline) juga ada kok, kamu bisa menggunakan Jubelio POS.

Atau buat kamu yang pengen nambah channel penjualan seperti website toko online, bisa dibantu untuk membuatnya pakai Jubelio Store.

Hayo… kurang lengkap apa coba fiturnya. Daripada kamu penasaran mending coba langsung deh sistem Jubelio secara GRATIS lewat tombol di bawah ini.

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.