fbpx
cara upload produk di tokopedia

Panduan Cara Upload Produk di Tokopedia Secara Massal

Baru mau mulai jualan online atau kamu lagi cari cara praktis untuk upload produk massal di marketplace seperti Tokopedia?

Tepat banget kamu datang ke artikel ini, karena kali ini aku bakalan bahas nih tips cara upload produk di Tokopedia yang mudah, cepat, dan pastinya praktis.

Kalau sebelumnya kamu diharuskan memasukkan produk beserta deskripsi barangnya satu persatu di setiap marketplace.

Saat ini udah nggak perlu lagi, sebab kamu bisa loh tambah produk secara massal di banyak toko yang ada di marketplace secara otomatis.

Penasaran nggak sih bagaimana cara menambahkan produk di Tokopedia yang efisien? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Tips Upload Produk di Tokopedia

Ada beberapa alasannya kenapa kamu tidak bisa upload produk di Tokopedia, bisa dikarenakan koneksi internet, duplikasi produk, atau terkena batasan produk disimpan.

Oleh karena itu, kamu mesti memperhatikan kebijakan atau ketentuan yang udah ditetapkan setiap marketplace supaya nggak terjadi masalah tersebut.

Makanya, aku mau kasih tips yang perlu kamu perhatikan sebelum upload produk di Tokopedia, diantaranya.

Buat Foto Produk Semenarik Mungkin

Untuk menarik perhatian calon pelanggan, ada hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu nih yaitu foto produk.

Apalagi ya, salah satu hal yang pertama kali dilihat oleh mereka selain harga produk dan pastinya mereka nggak memerlukan waktu lama buat memilih produk yang mana.

Tipsnya pastikan foto produknya terlihat jelas dan tajam, jangan sampai gambarnya buram.

Kalau bisa kamu berikan gambar barang dari segala sisi, seperti tampak depan, belakang, dan samping.

Pilih Nama Produk yang Mudah Ditemukan Pelanggan

Selain foto produk, kamu juga harus memilih nama produk dengan tepat sesuai sama pencarian produk pelanggan.

Tujuannya agar barang mudah ditemukan oleh calon pelanggan tapi inget ya dalam pemberian nama produk, harus relevan sama merk atau produkmu.

Caranya, kamu mesti melakukan riset kata kunci dulu nih dari beberapa kompetitor untuk melihat pilihan nama barang.

Buat Deskripsi Produk yang Jelas

Sebelum kamu tahu cara upload produk di Tokopedia, ada baiknya kamu membuat deskripsi produk yang jelas dengan memberikan penjelasan mengenai produk.

Nah, tujuannya supaya calon pelanggan kamu bisa mengetahui secara rinci seperti apa produk yang kamu jual.

Jangan lupa, tambahkan keunggulan dari produkmu dibandingkan produk lainnya di dalam deskripsi ya.

Cara Upload Produk di Tokopedia secara Massal

Ada dua cara menambahkan produk di Tokopedia yang dapat kamu lakukan yaitu melalui hp dan website.

Kalau kamu ingin mengupload barang lewat hp, kamu bisa install dulu nih aplikasi Tokopedia Seller ya khusus Android.

Tapi jika kamu pengennya melalui laptop atau pc, kamu bisa tambah produk dari website Tokopedia langsung.

Pasti kamu penasaran dong gimana sih cara tambah produk di Tokopedia? Yuk, langsung aja nih ke langkah-langkahnya.

Cara Tambah Produk dari Aplikasi Tokopedia Seller

Buat kamu yang nggak mau ribet memasukkan produk secara praktis, tinggal upload produknya melalui aplikasi Tokopedia Seller aja.

Cara upload produknya juga nggak susah kok, kamu bisa ikutin tahapannya berikut ini ya.

  1. Buka aplikasi Tokopedia Seller lalu masuk ke menu halaman produk
  2. Berikutnya, kamu klik tanda tambah (+)
  3. Nanti selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman tambah produk, lalu klik mulai untuk tambah produk
  4. Lalu pilih foto produk yang ingin kamu masukkan
  5. Kemudian atur foto produknya dan pastikan kualitas gambarnya bagus ya sehingga produk kamu dapat terlihat jelas.
  6. Setelah itu, masukkan nama produk, tentukan kategori produk yang tepat, dan masukkan harga jual barang.
  7. Baru deh, kamu tambahkan informasi lainnya seperti jumlah stok dan minimum pemesanan barang.
  8. Tulis deskripsi produk dengan jelas, misalnya berat, ukuran, sampai detail produkmu
  9. Selain foto, kamu juga bisa masukkan video produkmu maksimal 3 video.
  10. Bila kamu punya varian produk seperti ukuran atau warna, kamu dapat klik tambah varian.
  11. Untuk menambahkan detail produk, kamu bisa memasukkan masing-masing varian dengan klik tambah
  12. Nah, semisal varian produk yang dimiliki tidak ada, kamu dapat menambahkannya. Caranya klik tambah varian kemudian masukkan warna dan klik simpan
  13. Lalu tambahkan varian ukuran lalu klik simpan
  14. Jika kamu memiliki foto produk untuk masing-masing varian, kamu bisa masukkan gambar di setiap varian.
  15. Terakhir, tambahkan harga masing-masing varian dan detail pengiriman, lalu klik selesai.

Upload Produk Lewat Website Tokopedia

Sedangkan untuk menambahkan produk di Tokopedia lewat pc, kamu bisa mengunjungi website Tokopedia terlebih dahulu.

Nah, kamu dapat mengikuti cara upload produk yang satu ini ya.

1. Kamu buka dulu akun seller Tokopedia, lalu pilih produk dan klik tambah produk

tutorial tambah produk di tokopedia

2. Selanjutnya, kamu isi data produk seperti nama produk, harga, berat, beserta deskripsi produk

upload produk tokopedia

3. Pastikan kamu udah memilih etalase dulu ya

4. Langkah berikutnya, kamu tentukan status produk. Kalau produk siap dijual maka pilih stok tersedia sedangkan produk yang belum mau dijual bisa pilih stok kosong.

Status produk tokopedia

5. Terakhir, kamu klik simpan & tambah baru apabila pengen menambahkan produk lagi.

tahap tambah produk

Upload Semua Produk Sekaligus Cuma Satu Kali Klik, Emang Bisa?

cara upload produk secara otomatis

Kalau misalnya kamu masih merasa kesulitan untuk mengupload produk di Tokopedia maupun marketplace lainnya.

Udah gitu, produk kamu ada banyak banget jumlahnya dan kamu punya lebih dari satu toko di marketplace.

Pasti ribet banget nggak sih buat sekali upload barangnya? Apalagi kamu mesti memasukkannya satu persatu di masing-masing toko.

Nah, makanya aku punya cara mudah dan praktis nih, jadi kamu nggak perlu kewalahan memasukkan produk di berbagai toko yang ada di marketplace.

Tinggalin deh tuh cara upload produk massal secara manual, sekarang kamu bisa menambahkan produk sekaligus secara otomatis ke berbagai toko marketplace dengan Jubelio Omnichannel.

Nggak perlu buka setiap marketplace lagi buat upload produk, cuma dari satu dashboard aja kamu bisa tambahkan produk ke seluruh marketplace.

Mudah banget kan  upload produk di marketplace?

Eitss, bukan cuma itu aja kamu juga bisa proses seluruh pesanan dari banyak toko, urus stok barang, laporan penjualan, sampai manajemen gudang pakai Jubelio WMS.

Buat kamu yang mau punya toko fisik, mau urus transaksi penjualan tinggal gunakan Jubelio POS.

Kapan lagi semua urusan operasional bisnis dapat kamu kelola hanya dari satu sistem aja, coba sekarang kemudahan kelola usaha dengan Jubelio secara GRATIS!

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.