fbpx
stok barang

Kelola Stok Barang Secara Otomatis di Marketplace, Emang Bisa?

Stok barang. Kedua kata tersebut sangat penting bagi pebisnis sebab mempengaruhi keuntungan penjualan mereka. Namun, seberapa susah si mengelola stok produk tersebut?

Jawabannya sangat susah!

Coba tanya kepada mereka, para pebisnis yang mempunyai stok ratusan bahkan ribuan. Terdapat banyak sekali masalah yang perlu diperhatikan.

Masalah internal seperti pencatatan yang keliru, barang habis namun stock masih tersedia dll. Cobaan-cobaan tersebut sudah pasti terpatri di kepala para pebisnis.

Apakah masalah sudah berakhir? Tentu saja belum.

Bagi para pebisnis berjualan di marketplace maupun toko online (webstore), tentunya kelola stok barang semakin rumit. Kenapa? Penjualan mereka semakin banyak.

Berbeda marketplace, maka akan terjadi perbedaan juga stock produk yang terhitung. Lantas, apakah ada solusi untuk mengatasi masalah ini?

Baca Juga: Apa Itu SKU? Kenapa Kode Ini Vital Untuk Mengatur Stok di Gudang?

Masalah dalam kelola stok barang manual

Pengelolaan stock secara manual biasanya dilakukan oleh pegawai, admin atau orang gudang. Kekeliruan dalam pencatatan maklum terjadi dan sudah biasa.

Pegawai perlu menghitung barang secara manual satu persatu. Penghitungan juga dilakukan beberapa kali agar bisa memastikan kebenarannya.

Setelah dihitung berkali-kali, pegawai kamu perlu memfilter stock produknya berdasarkan nama, SKU dll. Pastinya, itu sangat ribet banget, kan?

Itu kalo menghitungnya baru dari satu marketplace. Bagaimana kalo ada beberapa marketplace, POS dan bahkan toko online berbeda?

Sehabis menghitung manual, pegawai kamu harus merekap ke masing-masing channel penjualan. Memakan waktu dan membuat pekerjaan tidak efisien.

Untuk yang masih skala kecil menengah, waktu tentu sangatlah penting karena resources yang dimiliki tidaklah banyak. Itulah kenapa otomatisasi sangat diperlukan.

Sistem yang sudah otomatisasi

Dalam dunia bisnis, masalah pengelolaan stok barang tersebut lebih dikenal dengan istilah sync stok. Artinya, sinkronisasi stok antar channel penjualan perlu diotomatisasi.

Sebagai contoh, kamu berjualan di 10 marketplace dan webstore berbeda, maka kamu harus mengupdate stoknya masing-masing.

Namun dengan sistem yang sudah terotomatisasi, pekerjaan itu bisa diselesaikan hanya dengan satu kali update stok saja.

Apakah ada sistem yang bisa memudahkan aktivitas bisnismu seperti itu?

Baca Juga: Omnichannel Adalah Teknologi yang Paling Dibutuhkan Pengusaha?

Sync stok dengan Jubelio

Cara terbaik untuk mengatur semua pengelolaan stock kamu agar lebih mudah dan efisien adalah dengan menggunakan Jubelio.

Platform omnichannel tersebut memudahkan semua aktivitas bisnis kamu. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi update stok di masing-masing marketplace.

Bukan hanya sync stock, Jubelio juga bisa membantu kamu menyelesaikan banyak masalah lainnya.

Seperti, listing barang ke marketplace, proses pesanan, pengiriman hingga laporan.

Semuanya bisa diselesaikan hanya dalam satu sistem. Dengan begitu, kamu bisa fokus untuk membangun brand bisnis sendiri agar lebih dikenal oleh pelanggan.

Dengan menggunakan Jubelio, kamu juga akan mendapatkan webstore gratis sehingga aktivitas bisnis dan branding bisa dijalankan secara bersamaan.

Mau tau lebih lanjut mengenai Jubelio? Klik tombol di bawah ini dan dapatkan promo menariknya.

Daftar Jubelio Gratis!

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×