fbpx
Jenis pelanggan berdasarkan loyalitas konsumen

3 Jenis Pelanggan Usaha dan Karakteristiknya

Pernah enggak sih kamu nemuin jenis pelanggan yang menyebalkan dan memberikan keluhan terhadap produk kamu ?

Pasti pernah dong entah itu 1 kali atau lebih, tapi kamu tahu enggak sih gimana cara menanggapi pelanggan seperti itu dengan baik.

Kalo kamu masih belum tahu cara menanggapi pelanggan yang kayak gitu, kamu harus tau dulu mereka masuk ke jenis pelanggan yang kayak gimana, Karena pelanggan sendiri punya jenis dan karakteristik yang berbeda lho.

Maka dari itu, kamu mesti paham jenis pelanggan dan karakteristik dari pelanggan kamu sendiri. Nah, ini aku kasih tau tipe pelanggan beserta karakternya.

Jenis-Jenis Pelanggan Usaha Kamu

Ada 3 jenis pelanggan secara umum, diantaranya adalah

1. Pelanggan Eksternal

Pelanggan eksternal adalah pelanggan kamu yang menggunakan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Bisa dikatakan pelanggan eksternal ini merupakan pelanggan akhir.

Lalu, gimana cara kamu mendapatkan kepercayaan dari pelanggan ini ?

Caranya mudah kamu bisa membuat produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan cara itu mereka bisa memakai produk kamu secara berkala karena mereka merasa puas dengan produk yang kamu tawarkan.

Baca juga : 5 Prinsip Etika Bisnis untuk Memajukan Usaha Kamu

2. Pelanggan Internal

Sedangkan pelanggan internal adalah pelanggan yang asalnya dari lingkup dalam bisnis yang membeli produk atau jasa yang nantinya akan dijual kembali.

Biasanya jenis pelanggan ini meliputi agen atau organisasi yang mendistribusikan produk atau jasa dan mempunyai kesepakatan kerja sama untuk memperoleh keuntungan.

3. Pelanggan Antara

Terakhir, pelanggan antara adalah pelanggan yang bertindak sebagai perantara produk biasanya bisa individu atau kelompok.

Jenis ini hampir sama dengan pelanggan internal, karena bukan menjadi pelanggan akhir dan yang membedakannya adalah pelanggan antara tidak berasal dari lingkup bisnis melainkan individu atau kelompok.

Selain jenis pelanggan kamu juga mesti tahu karakteristik dari pelanggan itu sendiri.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Penjualan saat HARBOLNAS

Karakteristik Pelanggan

Terdapat 5 karakteristik pelanggan, kenapa kamu harus paham karakteristik pelanggan kamu ? agar kamu bisa menjaga hubungan baik dengan mereka dan bisa menerapkan cara yang tepat untuk menghadapi mereka.

1. Pelanggan baru, memiliki ciri-ciri sering mengajukan pertanyaan dan bisa berpotensi menjadi pelanggan potensial kedepannya.

2. Pelanggan Potensial, ciri-cirinya memiliki ketertarikan dengan produk kamu dari situ kamu berpotensi mendapatkan pelanggan yang loyal.

3. Pelanggan Impulsif, biasanya secara spontan membeli produk tanpa perlu persuasif yang berlebihan dan hal penting dari konsumen ini adalah kemudahan dalam menjangkau produk

4. Pelanggan Hemat, biasanya lebih suka terhadap produk yang promo atau diskon.

5. Pelanggan Loyal, ciri-ciri mereka saat menemukan produk yang tepat cenderung tidak mau berpindah ke produk lainnya.

Nah, itu dia jenis pelanggan beserta karakteristiknya yang harus kamu paham bagaimana cara menghadapi pelanggan kamu nantinya. Pelanggan memang hal terpenting ketika kamu menjalankan sebuah bisnis karena mereka adalah orang yang memakan dan mengkonsumsi produk kamu.

Tapi sering kali kita lupa, hal penting lainnya dalam proses bisnis misalnya keuangan dan stok barang usaha kamu juga harus diperhatikan apalagi kalo kamu lupa untuk melakukan persediaan stok barang.

Sekarang kamu enggak perlu khawatir, karena ada satu platform yang memudahkan kamu mengurus proses laporan keuangan sampai pencatatan stok barang yaitu Jubelio.

Jubelio sebagai platform omnichannel menyediakan berbagai macam fitur mulai dari pembukuan keuangan, pencatatan persediaan barang, sistem manajemen gudang, point of sales (POS), dan lainnya.

Dengan Jubelio semua penjualan online lewat e-commerce, marketplace, webstore maupun offline sudah terintegrasi dengan berbagai macam fitur jubelio, kamu tinggal kelola hanya lewat satu sistem dashboard aja. Kamu bisa tau penjelasan lengkap Jubelio dengan klik tombol tanya Jubelio di bawah ini ya

Dan kamu bisa cari tahu sendiri fitur dari Jubelio dan keuntungan lainnya caranya klik link di bawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×