fbpx
apa itu Etika Bisnis perusahaan

5 Prinsip Etika Bisnis untuk Memajukan Usahamu

Dalam menjalankan sebuah bisnis yang dibutuhkan tidak hanya hardskill atau softskill tapi ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu etika bisnis.

Apa itu etika bisnis ? Etika dalam berbisnis adalah bagaimana cara kita melakukan kegiatan bisnis dan meliputi seluruh aspek yang berkaitan seperti individu, perusahaan, dan masyarakat.

Maka dari itu etika bisnis peranan penting untuk membentuk nilai dan norma.

Selain itu, ada prinsip etika bisnis yang harus kamu tahu dan sekarang kita akan membahasnya.

Prinsip Etika Bisnis Perusahaan

Ada 5 prinsip yang harus kamu pahami dalam melakukan sebuah kegiatan bisnis.

1. Prinsip Kejujuran

Prinsip pertama dan paling mendasar etika bisnis adalah kejujuran sebagai salah satu kunci sukses suatu usaha. Karena tanpa adanya kejujuran maka bisnis tidak dapat bertahan lama.

Kamu bisa menerapkan prinsip ini di segala kegiatan bisnis misalnya jujur kepada konsumen mengenai produk, jujur dalam bekerja sama dengan pihak lain dan masih banyak lagi.

2. Prinsip Keadilan

Pada prinsip ini bermakna bahwa setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dengan lainnya.

Jadi, semua orang yang terlibat dalam bisnis berhak memberikan kontribusi yang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pihak yang ada di dalam sebuah bisnis memiliki kemampuan serta peran dalam memajukan sebuah usaha.

Baca juga : Kenali 5 Interpersonal Skills yang Bisa Memajukan Usaha

3. Otonomi

Pada prinsip ini sebagai selaku pebisnis kamu harus bisa mengambil keputusan dengan tepat dan adil serta bertanggung jawab pada keputusan tersebut.

Setiap perusahaan pasti memiliki pendekatan yang berbeda pula dalam menjalankan prinsip ini. Kenapa?

Karena kondisi perusahaan pun berbeda-beda sehingga strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan juga beda tergantung visi dan misi perusahaan.

4. Integritas Moral

Dengan integritas moral yang bagus maka kepercayaan masyarakat juga meningkat.

Menerapkan prinsip integritas moral ini berarti semua pihak yang terlibat dalam perusahaan harus selalu menjaga nama baik perusahaannya.

Baca juga : Pengertian dan 6 Karakteristik Wirausaha Untuk Menuju Sukses

5. Prinsip Loyalitas

Adanya penerapan prinsip ini tentu kamu tidak dapat mencampur urusan bisnis dengan pribadi kamu.

Karena loyalitas pada perusahaan bisa terlihat dari kerja keras serta keseriusan dalam menjalankan sebuah usaha tetapi tetap sesuai dengan visi dan misi bisnis kamu.

Itu dia penjelasan mengenai etika bisnis perusahaan karena dengan  menerapkan etika bisnis yang baik tentu dapat memajukan bisnis kamu.

Misalnya saja berbuat jujur kepada partner usaha atau kepada karyawan, maka dengan begitu dapat terlihat bahwa bisnis kamu mempunyai performa yang bagus.

Selain menjalankan etika bisnis pada usaha, kamu juga bisa mengembangkan bisnis dengan cara mengintegrasikan usaha online ataupun offline kamu.

Jadi kamu enggak perlu repot untuk mengurus semuanya mulai dari pembukuan keuangan sampai pencatatan persediaan stok barang produk kamu.

Sekarang sudah ada platform yang terintegrasi ke semuanya dan tersedia fitur yang pasti memudahkan proses penjualan kamu yaitu Jubelio. .

Bersama Jubelio, kamu bisa kelola jualan hanya dalam satu sistem aja. Mudah bukan ? Kamu tinggal santai aja tanpa upload foto produk ke berbagai macam marketplace.

Mau tau penjelasan selanjutnya mengenai Jubelio ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

Kamu bisa cari tahu sendiri tentang Jubelio dan cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×