fbpx
barang grosir

5 Tips Menjual Barang Grosir di Marketplace

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan istilah barang grosir, mungkin kamu pernah membeli salah satunya. Grosir memang jadi salah satu istilah dan jenis berjualan dalam dunia bisnis, salah satu cirinya ialah harga yang murah, tetapi mendapat kuantitas barang yang banyak 

Cara berjualan grosir biasanya identik dengan cara berjualan offline atau langsung. Kamu tentu gak asing lagi dengan daerah Tanah Abang, Jakarta atau Pasar Baru di Bandung, nah para pedagang di pasar-pasar tersebut biasanya berjualan dengan sistem grosir. Mereka menjual dengan kuantitas yang banyak tetapi dengan harga yang relatif murah. 

Biasanya para pembeli grosir juga akan menjual kembali barang yang mereka beli. Tentu dengan menaikkan harganya setelah ditambah biaya dan margin keuntungan yang diinginkan. Dengan model seperti itu, berjualan dengan cara grosir masih akan terus eksis. Kamu pun bisa mencobanya jika ingin. 

Keuntungan Menjual Barang Grosir di Marketplace 

barang grosir

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, aktivitas jual beli pun semakin canggih. Sekarang jika kita ingin membeli sesuatu, pastinya hanya butuh beberapa klik di layar terus tunggu barangnya datang deh.  

Begitu pun dengan jual beli barang secara grosir, para penjualnya juga sudah merambah ke beragam marketplace untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan mereka. Mereka yang sebelumnya mencari pelanggan secara tatap muka atau langsung. Sekarang bisa memanfaatkan marketplace untuk interaksinya.  

Selain itu, gak hanya dari sisi penjual, para pembeli pun akan semakin terbuka kesempatannya untuk mencari penjual grosiran. Selain itu, para pembeli juga bisa makin selektif dalam memilih barangnya, karena harga produk sudah diketahui dari awal.  

Baca Juga: Ini Jenis-jenis Harga di Marketplace

Kemudian, para pembeli yang ingin menjajal sebagai penjual barang grosir juga bisa ikut mencoba. Plus lebih mudah lagi untuk mencari pemasok barang yang ingin mereka jual. Semua terjangkau dalam beberapa ketukan jari saja kok 

Coba deh kamu masukkan keyword nama_barang grosir” di marketplace, pasti gak akan susah mencarinya. Buat kamu yang ingin mencari pemasok tinggal menjelajah lebih dalam dan lebih lama lagi di marketplace. Untuk menemukan harga termurah dari barang yang ingin kamu jual. 

Tips Menjual Barang Grosir di Marketplace 
barang grosir
Tips Menjual Barang Grosir di Marketplace (Tiger Lily/Pexels)

Nah sekarang mulai kepikiran kan untuk mulai berjualan barang grosir di marketplace? Sebelumnya kamu wajib baca dulu nih tips menjual barang grosir di marketplace, biar kamu gak salah langkah dan lebih siap. 

  1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual 
    Perlu diingat bahwa kamu akan melakukan penjualan dengan cara grosir. Artinya kamu harus melakukan pengadaan stok barang tersebut dalam jumlah yang luar biasa besar juga. Nah karena itu, kamu harus melakukan riset soal produk yang ingin dijual.Selain itu lihat juga ada berapa kompetitor yang menjual barang yang sama dalam marketplace, harga yang mereka tawarkan, serta perhatikan juga konten mereka agar kamu bisa menargetkan pasar yang sama. 
  2. Koneksikan ke Sosial Media 
    Setelah toko di marketplace jadi dan barang sudah ready stock kamu bisa mengkoneksikannya ke kanal media sosial. Tentunya ini juga bisa memperluas jangkauan produk milikmu, dan meningkatkan potensi penjualan. Manfaatkan juga social commerce seperti Facebook dan Instagram Shopping, sebagai salah satu channel penjualanmu. Klik di sini untuk melihat caranya.
     
  3. Membangun Website

    Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah membangun website khusus untuk toko milikmu. Tentu di sini kamu bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa kamu adalah penjual yang terpercaya dengan memiliki web sendiri.

    Terlebih lagi jika website milikmu berjenis webstore di mana kamu bisa ikut berjualan juga di dalamnya.
     

  4. Tentukan Pricing Strategy yang Pas! 
    Nah walaupun kamu sudah menjual barang dalam jumlah banyak, tapi tetap perlu yang namanya pricing strategy. Nah strategi ini bisa kamu gunakan untuk membagi kembali kuantitas barang yang dijual beserta harganya. Misalnya, kamu bisa memecah barang yang dijual menjadi beberapa paket berdasarkan kuantitasnya.Jika pembeli membeli 100 unit produk, harganya @Rp. 50.000 per unit
    Jika pembeli membeli 50 unit produk, harganya @Rp. 55.000 per unit
    Jika pembeli membeli 10 unit produk, harganya @Rp. 60.000 per unitStrategi ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada pembeli, sehingga tidak terpaku pada kuantitas yang besar saja. Kamu bisa kunjungi link ini untuk mengetahui cara mengatur harga barang grosir.
     

Sekarang kamu tinggal mengikuti strategi di atas deh untuk mulai menjual barang grosir. tetap ingat untuk lakukan riset mendalam sewaktu menentukan barang yang ingin dijual. 

Cara mudah Berjualan Grosir

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×