fbpx
inventory management adalah hal penting dalam stok barang usaha

6 Manfaat Utama Inventory Management System Pada Bisnis

Kamu pernah merasa kesulitan untuk mengatur bisnis kamu seperti persediaan barang.

Atau kamu pernah menemukan masalah terkait stok barang yang tiba-tiba habis padahal pesanan dari pelanggan kamu udah banyak.

Mungkin bukan hanya kamu yang pernah mengalami permasalahan terebut tapi pebisnis yang lain juga pernah merasakannya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ? Kamu bisa menggunakan sistem manajemen persediaan atau inventory management system.

Apa itu inventory manajemen ? inventory management  adalah proses pengelolaan dan pengontrolan persediaan barang yang nantinya akan didistribusikan.

Dengan menerapkan sistem manajemen inventaris ini ternyata terdapat manfaatnya loh, apa aja ? akan aku kasih tahu di bawah ini ya.

Manfaat Sistem Manajemen Persediaan Untuk Usaha

Ada beberapa manfaat dan fungsi inventory manajemen pada berjalanannya bisnis kamu.

1. Kamu Dapat Mengontrol Stok Barang

Stock control atau biasanya disebut sebagai inventory control adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh bisnis untuk menyediakan stok barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen.

Dengan adanya sistem manajemen persediaan yang tepat tentu bisa membuat kamu untuk mengawasi ketersediaan stok barang dan memastikannya untuk memenuhi persediaan tersebut.

Biasnaya sistem akan memberitahukan kepada kamu jikalau stok barang mulai menipis.

2. Tersedia Penyimpanan Data Terpusat

Kalo kamu punya banyak lokasi untuk mengelola stok barang, kamu bisa menggunakan sistem inventory management.

Kenapa ? karena dengan sistem tersebut kamu dapat melakukan pelacakan ketersediaan stok barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan detik aja.

Selain itu, kamu juga bisa memproses pesanan serta pelacakan pengiriman barang yang dilakukan oleh kurir.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Sistem Manajemen Pergudangan Penting Untuk Bisnis

3. Peningkatan Efisien Kerja

Kalo bisnis kamu menggunakan inventory management system maka penangan stok barang kamu lebih sederhana karena laporan inventaris bulanan sampai tahunan bisa dihasilkan dengan cepat.

Selain itu, dapat mengoptimalkan produktivitas karena pengelolaan sistem tersebut dilakukan secara otomatis jadi karyawan kamu tidak perlu membuat laporan secara manual lagi.

4. Dapat Menghemat Biaya

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan inventory management adalah menghemat biaya pengeluaran usaha kamu.

Misalnya saja kerugian perusahaan akibat kerugian finansial, human error, penyimpanan stok barang yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, dan lainnya.

Ditambah kamu tidak perlu memikirkan pengeluaran gaji terhadap tenaga profesional untuk mengelola inventaris usaha kamu.

Baca juga : 5 Metode Manajemen Persediaan Barang yang Harus Kamu Ketahui

5. Bisa Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan inventory sistem ini kamu bisa memastikan semua pesanan pelanggan kamu dapat terpenuhi dengan baik dan kamu juga bisa melacak pesanan tersebut.

Maka dari itu, manfaat sistem manajemen gudang ini bisa meningkatka kepuasan konsumen kamu.

6. Dijadikan sebagai Perencanaan yang Akurat

Selain membantu proses pesanan kepada pelanggan ternyata sistem persediaan barang juga bisa dijadikan sebagai perencanaan kedepannya.

Jadi, dengan laporan inventaris yang lengkap dan detail, kamu bisa tahu nih produk mana yang paling laku terjual sampai yang kurang diminati konsumen kamu.

Karena sekarang sudah ada software penyedia sistem inventory management salah satunya adalah Jubelio omni channel.

Dengan sistem manajemen persediaan Jubelio kamu bisa kelola penjualan dengan lebih mudah karena sudah terintegrasi dengan semua channel penjualan kamu mulai dari toko offline sampai online.

Ditambah lagi kalo kamu menggunakan Jubelio kamu bisa kelola usaha dari laporan keuangan, sistem persediaan barang sampai sistem gudang juga bisa.

Kamu cukup kelola dalam satu sistem dashboard aja. Mudah bukan ? Kamu kalo mau tahu lebih lanjut mengenai Jubelio omnichannel bisa klik tombol di bawah sini ya.

Atau bisa cari tau sendiri terkait  fitur persediaan Jubelio omnichannel dan daftar secara GRATIS, klik tombol di bawah ini ya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×