fbpx
Cara membuat laporan laba rugi perusahaan jasa

Apa Itu Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa Beserta Contohnya

Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa –  Kamu pernah merasa kesulitan buat tahu keadaan bisnis kamu ? Misalnya aja kamu masih kesulitan untuk tahu keadaan usaha kamu itu lagi berkembang atau tidak.

Padahal kamu bisa melihatnya dari kondisi keuangan bisnis melalui pencatatan keuangan. Kan pembukuan itu banyak jenisnya, aku bisa lihatnya dari pencatatan yang mana?

Kamu bisa mengetahuinya dari laporan laba rugi, dengan pencatatan laba rugi kamu jadi tahu apakah usaha kamu menguntungkan atau enggak.

Baca juga : Jenis Laporan Keuangan Dalam Pengelolaan Bisnis Kamu

Manfaat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

1. Pengembangan Bisnis

Salah satu tujuan kamu membangun bisnis adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Karena semakin berkualitas produk kamu, maka keuntungan yang didapatkan juga semakin banyak bukan?

Nah, kalo kamu punya laporan laba rugi kamu bisa tahu besarnya keuntungan yang didapatkan secara detail. Berikutnya dari hasil tersebut dapat kamu tentukan strategi kedepannya.

2. Sebagai Bahan Evaluasi Keuntungan

Tujuan laporan laba rugi perusahaan jasa sebagai bahan evaluasi keuntungan pada periode tertentu sebelum kamu memasukkannya ke jurnal dan dipindahkan ke buku besar.

Dengan begitu kamu jadi tahu deh perbanding keuntungan yang didapatkan di setiap periodenya.

3. Menghindari Potensi Kerugian

Hal utama dibuatnya laporan laba rugi usaha adalah untuk menghidari potensi kerugian pada usaha kamu.

Karena pendapatan bersih yang kamu dapatkan semakin lama akan mengalami penurunan yang signifikan. Maka dari itu diperlukan inovasi terbaru untuk mencegah hal tersebut.

Baca juga :Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang

Contoh Laporan Laba Rugi Sederhana Pada Perusahaan Jasa

Dalam pembuatan contoh laporan laba rugi, sebelumnya kamu harus tahu dulu nih metode yang digunakan untuk menyusun pencatatan laba rugi tersebut, diantaranya.

1. Metode Langsung (Single Step)

Untuk membuat pembukuan laba rugi dengan bentuk single step cukup mudah.

Format laporan laba rugi langsung kamu harus memasukkan 2 komponen penting seperti pendapatan dan beban pengeluaran usaha.

Cara membuat laporan laba rugi single step, kamu tinggal memasukkan hasil keuntungan dan beban pada kolom yang berbeda. Berikutnya kamu hanya menghitung selisih yang didapatkan dari keduanya.

Contoh Laporan Laba Rugi Single Step

Contoh laporan laba rugi metode langsung

2. Metode Multiple Step

Kalo usaha kamu membutuhkan pencatatan laba rugi yang lebih spesifik, kamu bisa memakai metode tidak langsung atau multiple step.

Kamu cukup memisahkan pendapatan menjadi 2 yaitu pendapatan usaha dan pendapatan diluar usaha. Berikutnya, untuk beban juga kamu bagi jadi 2 yakni beban usaha dan diluar usaha.

Berikut ini contoh laporan multiple step

Contoh laporan laba rugi metode tidak langsung

Nah, itu dia penjelasan mengenai laporan laba rugi perusahaan jasa yang harus kamu ketahui mulai dari metode atau bentuk laporan laba rugi.

Tapi sekarang kamu udah enggak perlu mencatatnya secara manual lagi loh, karena udah tersedia platform yang membantu kamu memudahkan kelola bisnis.

Kamu bisa coba platform Jubelio Omnichannel dimana tersedia fitur akunting, jadi semuanya bisa kamu kelola lebih mudah deh.

Ditambah semua channel penjualan offline dan online kamu udah terintegrasi secara otomatis, kamu cukup kelola di dalam satu sistem.

Kamu bisa menyusun mulai dari laporan keuangan, laporan penjualan, persediaan barang, sampai sistem manajemen gudang (WMS).

Mudah bukan ? kamu bisa langsung coba caranya tinggal langsung daftar secara GRATIS. Tinggal klik tombol dibawah ini.

Kamu bisa langsung tanya ke kita tinggal klik tombol Tanya Jubelio dibawah ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

×