fbpx
pentingnya manajemen persediaan barang

Apa Itu Manajemen Persediaan Beserta Jenis dan Fungsinya

Pasti kamu pernah merasa pusing urus produk kamu, misalnya jumlah fisik persediaan barang kamu ternyata enggak cocok sama pencatatan kamu bahkan kamu pernah ngalamin yang namanya kekurangan barang padahal pesanan lagi melonjak tinggi.

Mau enggak mau kamu harus menunggu stok barang lagi dan itu mengakibatkan kepuasan pelanggan berkurang terhadap usaha kamu.

Terus gimana sih caranya supaya bisnis kita enggak kekurangan stok barang ?

Tenang aja, ada kok caranya. Kamu pernah enggak sih dengar yang namanya manajemen persediaan? Biasanya, istilah ini dipakai pada operasional bisnis yang tujuan utamanya untuk mengatur persediaan barang.

Lalu, Apa yang dimaksud manajemen persediaan ?

Inventory management atau manajemen persediaan adalah salah satu bagian dari bisnis yang berfungsi untuk menjaga dan mengatur persediaan barang yang ada pada usaha kamu.

Biasanya aktivitas yang dilakukan oleh manajemen persediaan seperti memperoleh persediaan dan menyimpan barang.

Persediaan terdiri dari bahan baku, barang proses jadi, sampai barang jadi.

Baca juga : 10 Daftar Aplikasi Stok Barang Terbaik Untuk Bisnismu

Jenis-Jenis Manajemen Persediaan

Jenis inventory management ini dibagi berdasarkan permintaan yaitu barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

1. Barang Mentah (Bahan Baku)

Bahan baku merupakan hal yang penting dalam proses produksi usaha, karena tanpa bahan baku maka produk kamu tidak akan bisa dibuat.

Manajemen persediaan juga harus memastikan ketersediaan stok bahan baku tersebut agar proses produksi berjalan dengan lancar.

2. Barang Setengah Jadi

Mengapa barang setengah jadi termasuk manajemen persediaan ? Karena biasanya ada beberapa bisnis yang mengirimkan barang setengah jadi ke pabrik lainnya lalu nantinya akan dilanjutkan sampai barang jadi.

Nah, manajemen persediaan ini berfungsi untuk menghitung seberapa besar barang tersebut diteruskan agar dapat memenuhi permintaan kebutuhan pasar.

Baca juga : Pentingnya Persediaan Barang Dagang dan Efeknya untuk Bisnis Kamu !

3. Barang Jadi

Setelah barang melalui proses mulai dari bahan baku sampai barang setengah jadi dan akhirnya siap untuk dipasarkan dan didistribusikan ke pihak ketiga.

Dengan begitu bisnis kamu bisa mendapatkan keuntungan, caranya melakukan inventory manajemen barang berdasarkan keadaan pasar.

Fungsi Manajemen Persediaan 

Inventory management penting bagi sebuah bisnis karena mereka dapat meminimalisir dan mengantisipasi kekurangan persediaan barang apalagi kalau bisnis kamu itu penjualannya besar. Ada 3 fungsi manajemen inventory, diantaranya.

1. Meminimalisir Kekurangan Stok Barang

Fungsi utama manajemen inventory adalah meminimalisir kekurangan stok barang. Apalagi bisnis yang sedang tinggi penjualannya terlebih misalnya saat harbolnas tetapi mereka kekurangan persediaan produk.

Langkah yang bisa dilakukan dengan manajemen persediaan sehingga kamu dapat mengantisipasi kurangnya stok barang.

Karena dengan persediaan barang yang tepat, kamu tidak kekurangan stok produk sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelanggan kamu

2. Mengantisipasi Perubahan Permintaan dan Penawaran Barang

Permintaan dan penawaran konsumen terhadap barang mengalami perubahan.

Maka dari itu kamu harus mengantisipasinya, caranya kamu bisa memastikan apakah persediaan produk kamu itu bisa memenuhi permintaan pelanggan atau tidak.

3. Sebagai Langkah Proses Produksi

Kalo usaha kamu bergerak dibidang produksi barang maka inventory manajemen ini sangat penting karena dengan tersedianya stok barang kamu bisa dengan lancar melakukan proses produksi.

Nah, tapi sekarang kamu enggak perlu susah untuk melakukan manajemen persediaan barang. Kenapa ? karena kamu udah enggak mencatatnya secara manual dan saat ini udah ada aplikasi atau software yang bisa membantu kamu.

Software yang bisa kamu gunakan adalah Jubelio omnichannel. Apa itu Jubelio omnichannel ? Jadi platform Jubelio menyediakan fitur omnichannel dimana kamu bisa kelola jualan hanya dalam satu dashboard dan semuanya udah terintegrasi dengan marketplace dan toko offline kamu.

Kamu bisa langsung kelola persediaan barang, laporan penjualan, akunting, sampai gudang. Nah, kalo kamu mau tanya-tanya terkait fitur Jubelio omnichannel tinggal klik tanya Jubelio ya.

Atau kamu mau cari tau sendiri tentang keunggulan fitur persediaan Jubelio juga bisa caranya klik tombol di bawah ini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×