fbpx
ayat jurnal penyesuaian perusahaan

Ayat Jurnal Penyesuaian : Pengertian, Fungsi, beserta Contoh

Pada proses pencatatan akuntansi memerlukan ayat jurnal penyesuaian yang termasuk bagian dari jurnal penyesuaian tujuannya untuk penyesuaian pada akun-akun tertentu yang sudah dicatatkan sebelumnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu mesti tahu jurnal penyesuaian.

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dipakai dalam proses pencatatan saldo pada akun-akun tertentu.

Lalu, apa itu ayat jurnal penyesuaian ?

Pengertian Ayat Jurnal Penyesuaian

Ayat jurnal penyesuaian adalah bagian dari jurnal penyesuaian dimana terdiri dari beberapa penyesuaian dalam proses pembuatan jurnal pada siklus akuntansi. Hal ini perlu dilakukan kalau pembuatan neraca saldo selesai.

Sama seperti jurnal penyesuaian, ayat jurnal ini mempunyai prinsip pengakuan pendapatan yang berkaitan dengan akuntansi berbasis akrual.

Baca juga : Apa itu Jurnal Penyesuaian dan Bagaimana Cara Membuatnya

Fungsi Ayat Jurnal Penyesuaian

Ada 3 fungsi utama jurnal penyesuaian dalam penyusunan laporan keuangan, diantaranya

  • Menghitung perkiraan nominal (pendapatan dan beban) dalam periode tertentu
  • Pada akun pendapatan dan beban di akhir periode menunjukkan keadaan sesungguhnya.
  • Menetapkan saldo catatan di setiap akun buku besar pada akhir periode agar akun harta, modal, dan kewajiban menampilkan situasi yang sebenarnya.
Jenis Akun Ayat Jurnal Penyesuaian

Ada akun-akun yang memerlukan jurnal penyesuaian yang terdiri dari 2 jenis yaitu,

1. Penerimaan dan Pengeluaran Kas di Muka

Jenis pertama melibatkan penerimaan serta pengeluaran kas di awal diantaranya beban dibayar di muka dan pendapatan diterima di muka. Jenis ini sering disebut sebagai pos tangguhan.

2. Penerimaan dan Pengeluaran di Akhir

Kedua, melibatkan penerimaan atau pengeluaran di akhir biasanya akun yang dihitung adalah beban yang masih harus dibayarkan dan piutang pendapatan atau disebut akruan pendapatan.

Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian

Setelah kamu mengetahui jenis kelompok akun yang memerlukan penyesuaian, selanjutnya kita akan membahas mengenai akun-akun tersebut.

1. Pendapatan diterima di muka

Pendapatan diterima di muka atau disebut unearned revenue merupakan pos yang di awal dicatatkan sebagai kewajiban dikarenakan kas telah diterima perusahaan di awal tetapi jasa atau barang belum diberikan.

Kewajiban pendapatan ini lalu berubah menjadi pendapatan dengan berjalannya waktu. Contoh dari pendapatan diterima di muka adalah sewa diterima di muka.

2. Beban yang dibayarkan di muka 

Beban dibayar dimuka (deffered expenses) adalah akun yang di awal dicatat sebagai aset karena telah dibayarkan tapi jasa atau barang belum diterima.

Kemudian aset akan berubah menjadi beban dan proses penyesuaiannya menggunakan jurnal. Contohnya asuransi dibayar di muka

Baca juga : Tahapan dan Contoh Jurnal Penyesuaian untuk Bisnis Kamu

3. Piutang Pendapatan

Piutang pendapatan adalah pendapatan yang telah dihasilkan tetapi pendapatan tersebut belum dicatat di akun pendapatan.

Contohnya pada bidang jasa, imbalan yang dibayarkan di akhir misal jasa seorang pengacara belum dibayarkan dan ditagihkan kepada klien nanti di akhir periode.

4. Beban yang harus dibayarkan

Mencatat beban yang sudah terjadi tetapi belum dicatat di akun beban. Contoh akun yang dicatat pada beban yang harus dibayarkan adalah utang gaji karyawan di akhir periode nanti.

Dari penjelasan tersebut kamu jadi paham bukan kalau ayat jurnal penyesuaian itu penting untuk laporan pembukuan keuangan usaha kamu.

Karena dengan ayat jurnal penyesuaian dapat membantu akuntan untuk memastikan semua penyesuaian yang sudah dibuat dengan membuat perbandingan pada periode sebelumnya dengan yang akan datang.

Jurnal penyesuaian juga merupakan salah satu fitur yang ada di software akuntansi. Tapi saat ini kamu enggak perlu susah-susah buat bikin pembukuan usaha kamu.

Sekarang sudah tersedia satu platform Jubelio yang telah terintegrasi dengan semua penjualan kamu, mulai dari upload foto produk, laporan keuangan, sampai pencatatan stok barang.

Tidak hanya tersedia untuk penjualan online, kamu juga bisa mengintegrasikan penjualan offline kamu lho atau sekaligus keduanya online dan offline.

Mau tau lebih lanjut ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

Mau cari tahu sendiri tentang Jubelio dan bagaimana cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×