fbpx
Cara membuat neraca saldo sesudah penyesuaian

Bagaimana Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian ?

Neraca saldo merupakan komponen penting dalam penyusunan laporan keuangan suatu bisnis. Lalu bagaimana cara membuat neraca saldo sesudah penyesuaian?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuatnya, kamu harus tahu dulu apa itu neraca saldo.

Neraca saldo adalah daftar seluruh data saldo dari akun-akun lalu disusun secara sistematis yang sumbernya berasal dari buku besar pada periode tertentu.

Terdapat 3 jenis neraca saldo yang ada pada laporan keuangan, pertama neraca saldo sebelum penyesuaian, neraca saldo sesudah penyesuaian, dan neraca saldo penutup. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca dibawah ini.

Baca juga : Apa itu Neraca Saldo, Jenis, dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara Membuat Neraca Saldo Sesudah Penyesuaian

Ada beberapa cara untuk membuat neraca saldo setelah penyesuaian, sekarang kita akan menerapkannya ke dalam contoh perusahaan PT. Kembang Gula.

1. Siapkan Neraca Saldo 

Sebelum kamu melakukan persiapan neraca saldo. Kamu harus mencatat semua transaksi keuangan ke dalam jurnal lalu memindahkan catatan tersebut ke buku besar.

Setelah itu, baru kamu dapat membuat neraca saldo seperti berikut ini.

Cara Membuat Neraca saldo sebelum penyesuaian

2. Mencatat Saldo ke Jurnal Penyesuaian

Pada akhir periode, ada beberapa saldo akun yang memerlukan penyesuaian terlebih dahulu yaitu :

Jurnal penyesuaian neraca saldo

Sesudah kamu mencatat jurnal penyesuaian, maka ada akun neraca saldo sebelum penyesuaian yang mengalami perubahan. Penjelasannya berikut ini:

  • Pada jurnal penyesuaian terdapat peningkatan pada piutang usaha didebit sebesar Rp 500.000 sedangkan pendapatan penjualan mengalami peningkatan dikredit sebesar Rp 500.000 juga.
  • Dari penjelasan berikut, piutang usaha bertambah dari Rp 3.000.000 menjadi Rp 3.500.000 dan pendapatan penjualan naik dari Rp 15.000.000 jadi Rp 15.500.000,-
  • Lalu yang kedua, terjadi beban penyusutan aktiva (aset tetap) dan akumulasi penyusutan aktiva sejumlah Rp 300.000 yang nanti akan muncul setelah neraca saldo melakukan penyesuaian.
  • Ketiga, terdapat biaya yang rutin dikeluarkan perusahaan (biaya utilitas) dan utang utilitas yang baru muncul setelah dilakukan penyesuaian dan saldo bertambah sejumlah Rp 2.500.000,-
  • Terakhir beban perlengkapan umum bertambah didebit sebesar Rp 1.500.000 dan perlengkapan umum dikredit sejumlah Rp 1.500.000,- Setelah melakukan penyesuaian akun perlengkapan umum berkurang didebit Rp 700.000 lalu biaya perlengkapan umum akan muncul setelah penyesuaian sebesar Rp 1.500.000

Baca juga : Tahapan dan Contoh Jurnal Penyesuaian Untuk Bisnis

Contoh Neraca Saldo Sesudah Penyesuaian

Setelah melalui pencatatan di jurnal penyesuaian, maka neraca sebelum penyesuaian berubah menjadi neraca saldo setelah penyesuaian dengan jumlah saldo yang sama antara debit dan kredit.

Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Neraca saldo memang mempunyai peran penting dalam penyusunan pembukuan laporan keuangan sebuah usaha.

Biasanya neraca saldo digunakan sebagai alat untuk mengetahui keseimbangan jumlah saldo debit dan kredit sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan data transaksi keuangan.

Untuk memudahkan kamu dalam melakukan pencatatan keuangan, saat ini sudah tersedia platform yang menyediakan software akuntansi sehingga meminimalisir kesalahan pemasukan data.

Platform yang menyediakan fitur akuntansi adalah Jubelio. Dengan menggunakan Jubelio pembukuan keuangan bisnis kamu dapat dilakukan secara otomatis.

Fitur yang disediakan Jubelio tidak hanya akunting tetapi sampai pencatatan stok barang yang juga dilakukan secara otomatis.

Jadi, kamu tidak usah melakukan pencatatan pembukuan keuangan dan stok barang secara manual mencatat manual lagi.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kamu enggak perlu untuk upload foto produk satu persatu di marketplace lho. Karena dengan Jubelio kamu urus jualan online dan offline dalam satu sistem.

Mau tau lebih lanjut Jubelio? Tinggal klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

kamu bisa cari tahu tentang Jubelio dengan klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×