fbpx
Contoh Jurnal Khsusus Perusahaan Dagang

Cara Membuat dan Contoh Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

Jurnal khusus perusahaan dagang – Proses pencatatan keuangan bisnis cukup panjang dan mungkin kamu juga pernah merasa kebingungannya apalagi kalo usahanya udah besar.

Karena biasanya yang dicatat bukan hanya sekedar laporan laba rugi atau jurnal umum melainkan banyak jurnal lainnya yang harus dilakukan pencatatan.

Nah, salah satunya adalah jurnal khusus. Menyusun jurnal khusus perusahaan dagang penting untuk bisnis kamu. Dengan begitu kamu bisa tahu pemasukan dan pengeluaran, potongan harga, sampai retur barang pun juga harus dicatat.

Baca juga : Jurnal Khusus : Pengertian dan Macam Jurnal Untuk Pencatatan Bisnis
Cara Membuat Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

Jurnal khusus secara umum terbagi menjadi 4 jenis yaitu jurnal khusus pembelian, penjualan, penerimaan kas, dan pengeluaran kas. Begitu juga dengan jurnal khusus perusahaan dagang ada 4 jenis yang harus ada pada jurnal.

Nah, berikut ini aku jabarkan jenis-jenis jurnal khusus perusahaan dagang beserta contohnya.

1. Jurnal Khusus Pembelian

Pada jurnal pembelian transaksi yang dicatat berupa transaksi pembelian secara kredit entah itu pembelian barang dagang ataupun pembelian perlengkapan dan peralatan.

Pencatatan yang dilakukan akibat penambahan pembelian caranya dengan mendebitkan akun pembelian sejumlah pembelian tersebut.

Jika pencatatan yang terjadi akibat penambahan utang dagang dengan cara mengkreditkan akun utang dagang sejumlah nilai utang.

Dan contoh jurnal khusus pembelian sebagai berikut.

Contoh Jurnal Khusus Pembelian

2. Jurnal Khusus Penjualan

Transaksi yang dicatat pada jurnal penjualan termasuk transaksi penjualan barang dagang secara kredit. Jadi transaksi tersebut mengakibatkan saldo yang ada di piutang dagang bertambah dan saldo penjualannya juga bertambah.

Seandainya ada penambahan piutang dagang dengan cara mendebitkan piutang dagang sedangkan pencatatan yang dilakukan kalo ada penambahan penjualan adalah mengkreditkan penjualan.

Contoh jurnal khusus penjualan perusahaan dagang sebagai berikut.

Contoh Jurnal Khusus Penjualan

Baca juga : 7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Terbaik Untuk Usaha

3. Jurnal Khusus Penerimaan Kas

Setiap transaksi yang dicatat pada jurnal penerimaan kas berupa transaksi yang dilakukan secara tunai misalnya pelunasan piutang, pengembalian barang yang sudah dibeli secara tunai (retur pembelian) dan lainnya.

Jika ada transaksi penjualan barang dagang secara tunai maka akan menambah saldo kas dan saldo penjualan, pencatatannya berada diposisi debit akun kas dan kredit akun penjualan.

Apabila ada yang transaksi pelunasan piutang maka akun kas berada di posisi debit dan akun piutang berada di kredit. Maka, contoh jurnal khusus penerimaan kas sebagai berikut.

Jurnal Khusus Penerimaan Kas Dagang

4. Jurnal Khusus Pengeluaran Kas

Terakhir, jurnal pengeluaran kas mencatat transaksi pembelian tunai, pembayaran utang, retur penjualan, dan transaksi pembayaran lainnya.

Jika ada transaksi pembelian barang secara tunai kamu bisa mencatat akun pembelian di debit dan akun kas diposisi kredit. Apabila kamu memberikan diskon pembelian maka pencatatannya adalah debit untuk akun utang dagang dan akun kas serta akun potongan pembelian berada diposisi kredit.

contoh Pengeluaran Kas Dagang

Dari pada kamu susah menyusun laporan keuangan secara manual apalagi kalo usaha kamu semakin besar, pasti semakin sulit bukan kalo menyusun laporan keuangannya.

Ditambah, kalo nanti ada kesalahan input data, tapi sekarang kan kamu enggak perlu susah lagi karena udah ada aplikasi akunting. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah platform Jubelio.

Dengan Jubelio tersedia banyak fitur mulai dari omnichannel di dalamnya ada akunting, Jubelio POS, Webstore, sampai gudang juga ada.

Kamu enggak perlu ribet lagi buat kelola bisnis kamu karena semuanya udah terintegrasi dengan toko offline maupun online, kamu tinggal mengaturnya dalam satu dashboard aja dan semuanya udah otomatis. Mudah bukan ?

Ada kabar baik bagi kamu yang ingin berlangganan Jubelio, Selama bulan Agustus 2021, kamu bisa dapatkan penawaran spesial yaitu diskon 20%. Mau tahu lebih lanjut ? Kamu bisa tanya melalui whatsapp kita dengan klik tombol di bawah ini ya

Kamu juga bisa langsung coba secara GRATIS fitur di Jubelio, caranya tinggal klik tombol di bawah ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.8 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

×