fbpx
cara mengaktifkan instagram shopping

Bagaimana Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dengan Cepat?

Bagaimana cara mengaktifkan Instagram Shopping?

Pertanyaan tersebut sudah mulai ‘berkeliaran’ di internet. Sebab, sosial media yang berafiliasi dengan Facebook tersebut sudah meluncurkan fitur IG Shopping ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Mengaktifkan Instagram Shopping adalah hal yang patut dilakukan oleh para pemilik bisnis.

Kenapa? Sebab, Instagram serius dalam meluncurkan fitur terbaru ini. Sebagai salah satu tandanya adalah dengan memindahkan tombol ‘love’ (activity) ke atas dan menambahkan tombol ‘shop’.

Terlihat sederhana namun berdampak besar terhadap kebiasaan pengguna.

Alasan lainnya adalah jumlah pengguna Instagram yang mencapai 500 juta. Sebagian besar dari mereka adalah penyuka belanja yang menghabiskan waktu di sosial media mencari barang kesukaannya.

Mari kita pelajari hal dasarnya terlebih dahulu, apa itu Instagram Shop?

Baca Juga: Instagram Shopping, Pengertian dan Cara Berjualan di Sosial Media

Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur terbaru di Instagram dimana kamu bisa memajang produk katalog jualan. Nantinya, produk itu akan tampil di semua layar Instagram, seperti feed, explorer hingga story.

Pemilik bisnis juga bisa mendapatkan fitur tag. Jadi ketika foto diklik, akan tampil harga sesuai dengan barang yang dijual.

tag instagram shopping

 

Maksimal tag instagram shopping yang bisa digunakan dalam satu gambar adalah 5. Biasanya, produk fashion bisa memaksimalkan tag ini dengan memberikan harga di semua fashion look. Mulai dari atasan, bawahan hingga aksesoris.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, Instagram Shopping sangatlah powerful ketika dibuat dalam bentuk story. Sebab, ada stiker-stiker khusus yang bisa dipakai untuk menunjukkan harga barang.

Jika sudah paham mengenai IG Shopping, lantas bagaimana cara mengaktifkan Instagram Shopping?

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Untuk mengaktifkan Instagram Shopping, kamu harus mempunyai Facebook Shop.

Instagram dan Facebook dimiliki oleh orang yang sama, sehingga semua setting IG Shopping harus diawali dari Facebook terlebih dahulu.

Membuat Facebook Shop sendiri bisa dilakukan dengan dua cara:

  1. Buat Manual: Membuat Business Manager, kemudian integrasikan ke Instagram.
  2. Dengan Bantuan: Di Indonesia, Jubelio bisa membantu Anda menyelesaikan masalah ini (klik dan tanya di ‘Jubelio’).

Jika Facebook Shop sudah aktif, maka kamu bisa mulai melakukan setting di Instagram Shopping.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengupload produk di Instagram. Jangan lupa untuk lengkapi semua detail informasi seperti kontak, deskripsi, email, dll.

Setelah itu, masuk ke opsi mengubah akun sebagai akun bisnis. Pastikan, Instagram sudah terintegrasi dengan Facebook ya.

Sudah selesai? maka, kembali ke Facebook Shop.

Semua produk di dalam Instagram Shopping harus dibuat melalui FB Shop. Itulah mengapa, kamu perlu mengintegrasikan kedua media sosial tersebut.

Jika sudah, nanti Instagram akan melakukan review terhadap produk kamu. Jika dianggap berhasil dan sesuai dengan aturan dari Instagram, maka produk akan tampil. Maksimal 2×24 jam.

Setelah berhasil, ada penambahan beberapa fitur di Instagram bisnis kamu seperti tag products. Dengan fitur ini, kamu bisa menambahkan tag produk beserta harganya.

instagram shopping tag produk

Jika sudah diterbitkan, maka tag harga akan tampil sehingga orang bisa langsung membeli. Namun di Indonesia, proses pembelian tidak akan diselesaikan di Instagram, melainkan didirect ke website tertentu (sesuai keinginanmu).

Benefit Instagram Shopping

Setelah mengetahui cara mengaktifkan Instagram Shopping, maka kamu perlu mengetahui benefit apa sih yang diterima jika menggunakan fitur ini:

Pertama, semakin mudah menemukan pembeli.

Instagram adalah platform dimana semua orang bisa menghabiskan waktu rata-rata 1 – 3 jam perharinya. Dengan jumlah waktu yang cukup banyak ditambah pengguna yang mencapai 500 juta, Instagram sangatlah powerful.

Dengan bisa berjualan di Instagram, maka tujuan orang berselancar di sosial media ini jadi tidak hanya bermain namun juga berbelanja.

Yang menentukan produk kamu laku atau tidak adalah kekuatan visual. Jika kamu bisa memberikan tampilan yang menarik di Instagram, maka produk kamu akan banyak dikunjungi pengguna Instagram.

Selanjutnya, promosi lebih mudah dan menarik.

Berjualan di Instagram memudahkan kamu untuk mendapatkan trafik ke dalam website. Sebab, setiap produk yang akan dibeli, biasanya akan diarahkan ke website. Walaupun dalam beberapa kasus, diarahkan ke marketplace.

Trafik tersebut bisa menjadi data yang berguna untuk promosi menggunakan facebook atau instagram ads.

Kamu bisa mendapatkan trafik sesuai dengan audiens dari bisnismu.

Buat kamu yang ingin menggunakan instagram ataupun facebook (social commerce), maka kamu bisa andalkan Jubelio.

Dengan Jubelio, Social Commerce bisa menjadi lebih mudah. Lebih dari itu, kamu juga bisa berjualan di marketplace serta webstore tanpa harus upload barang berkali-kali.

Penasaran dengan cara kerja Jubelio yang sudah digunakan >5234 toko di marketplace? cari tahu dengan klik di bawah ini.

Apa Itu Jubelio?

Mau dijelasin langsung lewat sales Jubelio, silahkan klik tombol di bawah ini.

Tanya Seputar Promo

 

 

 

 

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×