fbpx
distribusi produk

Distribusi Produk Lebih Mudah dengan 4 Langkah Ini!

Hai Pebisnis, salah satu cara untuk meningkatkan kinerja usahamu adalah dengan mengoptimalkan pengelolaan stok barang. Nah untuk mengelola stok memang butuh proses yang panjang, apalagi ketika baru memulai. Tapi satu langkah mudah untuk memulai mengatur stok adalah dengan distribusi produk, dengan membagi stok produk ke lebih dari satu lokasi penyimpanan. 

Dalam pelaksanaannya, mengelola stok memang jadi hal yang susah-susah gampang. Kalau salah langkah dan perhitungan kamu bisa beresiko mengalami kerugian. kemudian mengatur stok akan makin menantang jika kamu baru terjun ke dunia bisnis. 

Selain mengatur stok dengan cara mengatur penempatannya di gudang, kamu juga bisa mendistribusikan produk antar lokasi penyimpanan. Tujuannya tentu untuk mendekatkan stok produk dengan pasarnya masing-masing. 

Alasan Kamu Harus Mendistribusikan Produk 

distribusi produk

Jika kamu memiliki produk yang banyak serta memiliki gudang atau lokasi penyimpanan di berbagai tempat, pastinya kamu butuh pengelolaan stok untuk memastikan penjualan tetap lancar. Cara pengelolaan stok sendiri sebenarnya banyak dan beragam. Tergantung kebutuhanmu 

Salah satunya dengan mendistribusikan produkmu ke lokasi yang lainnya. Pola kelola stok seperti ini akan memudahkan pembeli untuk mendapatkan ongkos kirim serta waktu kirim yang lebih murah dan cepat. Selain itu, kamu pun memiliki keuntungan untuk memangkas lead time yang ada. 

Nah lead time ini sendiri adalah waktu yang dibutuhkan dari pesanan tersebut masuk, hingga barang sampai di tangan pelanggan. Jadi dalam lead time terdapat beberapa proses yang akan dilewati sebuah produk hingga sampai ke tangan pelanggan. 

Baca juga: Proses Bisnis Toko Online yang Wajib Dikuasai

Proses tersebut di antaranya, pemrosesan pesanan, pengepakan hingga pengiriman. Proses tersebut bisa berbeda-beda tergantung jenis bisnis yang digeluti. Nah, untuk mengoptimasi lead time kamu bisa melakukan efisiensi di bagian pemrosesan pesanan dan pengepakan.  

Cara mempercepat pemrosesan pesanan dan pengepakan tentunya dengan melakukan pengelolaan stok dan gudang yang sesuai. Nah dengan menyebarkan produkmu ke lokasi penyimpanan lainnya sudah termasuk salah satu optimasi.  

Hal ini karena, pemrosesan pesanan akan terjadi lebih cepat dan dekat dengan pembeli. Sehingga lead time dari sisi operasionalmu sudah terpotong. Kalau soal kurir dan ekspedisi yang kita tidak bisa mengatur karena dari pihak eksternal. 

Langkah Melakukan Distribusi Produk antar Gudang 

distribusi produk

Sebelum melakukan distribusi produk antar gudang kamu harus tahu dan paham dulu nih langkah-langkah yang harus dilakukan. Biar pembagian sstok produk ini tetap mengikuti alurnya. Kemudian juga terdata dengan baik. 

  1. Siapkan Produknya 
    Pastinya kamu harus menyiapkan terlebih produknya, sejumlah dengan barang yang ingin dipesan. Selain itu, ketika sudah siap kamu harus pastikan kedua lokasi ini tahu mengenai jenis barang dan kuantitas yang ingin dipindahkan. Jangan sampai terdapat miskomunikasi karena akan menghambat proses yang terjadi. Selain itu barang pun akan beresiko terlalu lama di luar penyimpanan. Jadinya, bisa memperbesar resiko barang rusak. 
  2. Lakukan Pencatatan Sebelum Berangkat 
    Ketika akan berangkat, kamu harus melakukan pencatatan transfer, di pembukuan persediaan. Transfer harus dicatat agar pencatatan setiap aktivitas dan transaksi bisa tercatat. Selain itu catatan ini akan menjadi acuan soal kegiatan ini.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini untuk Cegah Stok Habis

3. Cetak Surat Jalan

Saat proses transfer sudah tercatat, kamu bisa mencetak surat jalan sebagai bukti otentik yang dibawa ketika proses berlangsung. Selain itu surat jalan ini akan menjadi daftar acuan pertama ketika barang diterima di tujuan. 

4. Catatkan Penerimaan Barang di Tujuan 
Proses pencatatan penerimaan barang juga harus dilakukan di tempat tujuan. Data ini berdasarkan perhitungan dan pengamatan riil staf saat barang sampai. Kemudian dicocokkan dengan data di surat jalan dan catatan keberangkatan. 

Jadi, jangan lupa untuk melakukan empat langkah di atas ketika mendistribusi produk ke lokasi lainnya ya Pebisnis! Pastikan juga komunikasi antara setiap staf di lokasi asal dan tujuan tetap baik. 

Untuk tahu cara praktis distribusi produk antar lokasi penyimpanan klik di sini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×