fbpx
jenis stok

Perhatikan 4 Jenis Stok Ini Agar Penjualanmu Tetap Lancar

Sebagai Pebisnis berpengalaman pastinya kamu sudah kenal dong dengan hubungan produk dan persediaannya. Tentunya dalam melakukan pengelolaan produk kamu juga gak bisa lepas dari stoknya. Hal ini untuk memastikan rantai persediannya tetap tercukup. Nah untuk membantu pengelolaan stok agar makin teratur kamu sudah tahu jenis-jenis stok belum? 

Ternyata oh ternyata, stok produk yang kamu miliki itu bisa dibedakan menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan statusnya, lho. Buat kamu yang belum tahu hal ini, wajib banget buat mempelajarinya, biar proses pengelolaan stok kamu makin akurat. 

Selain itu, dengan stok persediaan yang dipecah berdasarkan statusnya, kamu bisa mendapat pandangan lebih luas mengenai kondisi keseluruhan stok barangmu. Tentunya hal ini akan membantumu dalam proses jual beli nantinya. 

Alasan Kamu Wajib Paham Jenis-jenis Stok 

Apa itu warehouse management

Dengan mengetahui jenis-jenis stok yang ada di persediaan kamu bisa melakukan pengawasan stok dengan lebih akurat lagi. Selain itu, dengan mengetahui hal ini kamu bisa meningkatkan efisiensi cara pengawasan stok.

Cara yang paling basic pastinya dengan melakukan pembukuan persediaan, untuk mengetahui kuantitas seluruh produk. Kamu bisa melakukan labelling ke setiap barang sebelum diletakkan di dalam rak. Selain itu pastinya memisahkan mana stok baru dan lama untuk memastikan perputaran stok tetap sehat. 

Cara yang paling ampuh untuk monitoring stok tentunya adalah melakukan stok opname. Nah akan tetapi, stok opname biasanya memakan waktu yang relatif panjang serta membutuhkan penghentian penjualan 

Baca juga: Ini Jenis-jenis Harga Jual Produk di Marketplace

Walaupun paling efektif, stok opname tidak akan efisien jika dilakukan dalam tempo waktu yang berdekatan. kamu hanya akan menghabiskan sumber daya yang banyak untuk melakukan monitoring stok. Rekomendasinya untuk melakukan stok opname ialah dalam jangka sebulan sekali. 

Nah untuk itu kamu perlu cara pengawasan stok yang tetap akurat namun, bisa dilakukan secara real time dan tak mengganggu operasional. Jawabannya sederhana kok, kamu hanya perlu membagi setiap stok produk berdasarkan statusnya saja. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan angka mengenai berapa jumlah persediaan yang masih ada. 

Jenis-jenis Stok Barang yang Wajib Kamu Ketahui 

jenis produk

Nah Pebisnis kamu wajib tahu nih jenis stok barang yang bisa mengoptimasi pengelolaan stok kamu. Jenis stok ini dibagi berdasarkan status stok barang tersebut. Dengan pembagian berdasarkan status stok ini kamu bisa mengetahui berapa jumlah total barang yang available.  

Pembagian stok berdasarkan statusnya dibagi menjadi empat jenis. Nah kamu perlu paham hal ini agar lebih mudah dalam mengatur stok yang ada. Yuk simak jenis-jenis stok barang yang wajib kamu kuasai: 

  1. On Hand 
    Stok yang pertama ini adalah persediaan produk riil yang masih ada di dalam gudang atau lokasi penyimpanan kamu. Nah stok on hand tidak akan terpengaruh jumlahnya dengan pesanan yang masuk dan belum tercetak fakturnya. Untuk menambah stok on hand bisa melalui, pesanan pembelian, retur dari pelanggan dan penyesuaian persediaan.  
  2. On Order 
    Berikutnya adalah stok on order yang wajib kamu ketahui. Stok on order merupakan jumlah barang yang sedang diproses pesananya. Jumlah stok ini tidak akan pernah berkurang hingga faktur pesanannya keluar.  
  3. Reserved

    Stok cadangan atau reserved merupakan tipe stok yang disimpan untuk keperluan tertentu. Biasanya pencadangan stok dilakukan untuk tujuan promosi, harga coret, flash sale dan event lain dari marketplace. Dan tentunya untuk mengamankan jumlah stok secara keseluruhan.

    Jika digunakan untuk kegiatan promosi, pesanan yang masuk hanya akan mengurangi stok reserved saat kegiatan berlangsung. Jadi stok lainnya tidak akan terganggu dan kamu terbebas dari resiko overselling. 

  4. Available 
    Kalau stok Available merupakan jumlah keseluruhan stok yang tersedia dan akan tampil di marketplace atau channel penjualan lainnya. Nominal stok ini ditentukan dari hasil pengurangan stok on hand, on order dan reserved.Nih rumus untuk menentukan stok available yang siap dipesan oleh pelanggan.
    (Available= On Hand – On Order – Reserved) 

Nah itulah jenis-jenis stok yang wajib kamu pahami pebisnis, dengan mengetahui status stok setiap SKU akan membantu kamu dalam menentukan strategi penjualan. Serta mencegah kehabisan stok karena setiap unit akan diketahui statusnya. 

Untuk melihat status stok produkmu klik di sini. 

Jenis Stok di Tokomu

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×