fbpx
gambar kurva penawaran

Memahami Kurva Penawaran dan Analoginya dalam Bisnis

Permintaan dan penawaran merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari bagian ilmu ekonomi.

Seperti yang diketahui bahwa penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga dan faktor-faktor yang diasumsikan tetap. Penawaran bisa diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen di berbagai tingkat harga tertentu.

Penawaran pun mempunyai hukum sendiri yaitu Hukum penawaran berbunyi “Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan”.

Setelah kamu mengetahui hukum penawaran selanjutnya kamu memahami faktor yang dapat mempengaruhi penawaran, kurva penawaran dan jenis kurva penawaran.

Faktor yang Mempengaruhi Kurva Penawaran

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran, diantaranya:

1. Biaya Produksi

Faktor pertama yang mempengaruhi penawaran adalah biaya produksi, jika biaya produksi rendah dibandingkan harga pasar maka akan memberikan keuntungan kepada produsen dengan menawarkan barang dan jasa dalam jumlah yang besar begitu pun sebaliknya.

Maka dari itu biaya produksi sebagai kunci utama yang mempengaruhi penawaran.

2. Teknologi Produksi

Dengan rendahnya biaya input dapat mendorong produsen untuk meningkatkan output serta laba yang didapatkan juga meningkat.

Penggunaan teknologi misalnya penggunaan mesin-mesin yang bisa menekan biaya produksi.

Baca juga : Kurva Permintaan: Pengertian, Faktor Pengaruh Beserta Fungsinya

3. Ekspektasi Produsen 

Tentu produsen mempunyai perkiraan terhadap barang yang diproduksinya sehingga mampu mempengaruhi penawaran. Karena produsen menganggap bahwa harga produk dimasa mendatang akan naik makanya mereka menawarkan barang atau jasa lebih banyak.

4. Keuntungan yang diinginkan produsen

Besar kecilnya keuntungan yang didapat juga mampu mempengaruhi harga jual dari produk dan akan berpengaruh pula dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Jika semakin besar keuntungan yang didapat maka semakin besar pula harga jual barang atau jasa yang ditawarkan.

5. Harga Barang dan Jasa

Faktor berikutnya harga barang atau jasa dapat mempengaruhi produsen dalam menawarkan barang atau jasa.

Produsen akan menawarkan  barang atau jasa kepada konsumen lebih banyak jika harga barang naik. Namun, sebaliknya jika harga barang turun maka produsen akan menawarkan barangnya lebih sedikit.

Kurva Penawaran

"Gambar

Jika harga suatu barang naik, maka barang yang ditawarkan juga meningkat. Kurva ini mempunyai kemiringan positif artinya arah kurva penawaran memiliki kemiringan dari kiri bawah ke kanan atas.

Sama seperti kurva permintaan, kurva penawaran juga mengalami pergerakan.

Baca juga : Memahami Apa Itu Kurva Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis

Pergeseran Kurva Penawaran

Sesuai hukum penawaran maka kurva penawaran bergerak sejajar ke kanan dan ke kiri tergantung faktor apa yang mempengaruhinya.

Pergerakan kurva penawaran dapat disebabkan oleh faktor seperti ceteris paribus (harga barang itu sendiri), tingkat pendapatan, dan lainnya.

Misalnya ditemukan teknologi terbaru yang menyebabkan produksi lebih banyak dan efisien maka terjadi pergeseran ke arah kanan dan bila teknologi menurun maka kurva akan bergeser ke arah kiri.

"Gambar

Jenis kurva Penawaran

Berdasarkan jenis penawaran dibagi menjadi 2 jenis yaitu penawaran individu dan penawaran pasar. Maka, jenis kurva penawaran juga dibagi pula sesuai dengan jenis penawaran diantaranya,

1. Kurva Penawaran Individu

Kurva ini menggambarkan naik turunnya grafik dari jumlah barang dan harga barang yang telah ditawarkan ole penawar. Semakin tinggi harga barang maka jumlah barang yang diproduksi semakin banyak karena penjual ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Misalnya, ada kedai yang menjual kopi dengan harga kopi percangkir Rp. 15.000,- ketersediaan kopi sebanyak 100 cangkir diminggu pertama bulan november. kemudian pada minggu kedua sebanyak 50 cangkir dan minggu ketiga naik sebanyak 150 cangkir.

Dari situ, kedai kopi menambah bahan baku kopi selama musim hujan karena permintaan kopi meningkat.

2. Kurva Penawaran Pasar

Penawaran pasar berhubungan dengan banyak penjual dari satu produk yang dijual. Dalam pasar tersebut terdiri dari banyak orang dan lembaga yang menawarkan produk yang sama.

Berdasarkan faktor yang sudah dijelaskan ternyata penawaran dapat dipengaruhi oleh persediaan barang produk kamu. Untuk memantau ketersediaan stok barang tentu kamu memerlukan pencatatan stok barang bukan ?

Sekarang kamu dapat melakukan pencatatan stok barang secara otomatis sehingga tidak memakan waktu kamu, karena sudah ada aplikasi pencatatan stok barang salah satunya adalah Jubelio.

Dengan menggunakan jubelio memudahkan usaha kamu tidak hanya untuk pencatatan stok barang tetapi sampai laporan keuangan pun sudah terintegrasi jadi memudahkan kamu bukan ?

Selain itu kamu enggak perlu buat upload foto produk satu-satu di masing marketplace dan memproses pesanan juga.

Bersama Jubelio, kamu bisa kelola semuanya mulai dari jualan online, offline, sampai gudang dalam satu sistem.

Mau tau lebih lanjut ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

Mau cari tahu sendiri tentang Jubelio dan bagaimana cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×