fbpx
laporan penjualan

Jangan Lupakan Data Barang Terlaku di Laporan Penjualan

Pebisnis, selama kamu berjualan di marketplace, tidak seluruh produk menorehkan catatan penjualan yang tinggi bukan? Pasti ada saja beberapa produk yang performanya lesu, dan tidak menghasilkan angka penjualan yang diharapkan. Namun, pasti juga ada beberapa produk yang memiliki angka penjualan tinggi. Nah data terkait performa produk ini bisa kamu lihat di laporan penjalan.

Selain melihat performa penjualan barang kamu juga bisa melihat data-data lain terkait produk. Mulai dari, barang yang mulai menipis stoknya, terus yang minus, hingga habis. Nah data-data tersebut bisa Anda lihat dalam laporan penjualan atau persediaan.

Tentu laporan ini sangat penting bagi proses bisnis, hal ini karena laporan penjualan bisa memberikan insights yang bisa diaplikasikan berdasarkan kondisi usaha.

Misalnya dengan data barang paling laku, kamu bisa menentukan langkah lanjutan untuk meningkatkan lagi angka penjualan.

Yuk kita bahas soal data barang paling laku.

Pentingnya Data Laporan Penjualan  

laporan penjualan

Laporan penjualan memang sangat berguna untuk menentukan keputusan strategis terkait bisnis kamu nih. Walaupun judulnya penjualan, tetapi laporan ini juga berkaitan dengan hal lain yang ada di bisnismu, terutama persediaan.

Misalnya dalam data produk terlaku, selain melihat jumlah pesanan yang masuk dalam periode tertentu, kamu juga bisa melihat jumlah keseluruhan stok yang available dan on order.

Alasan data persediaan harus masuk dan diperhatikan, karena sektor penjualan dan persediaan saling terkait dan harus selalu ter-update.

Hal ini penting karena penjualanmu tidak akan berfungsi maksimal tanpa didukung persediaan produk yang mumpuni.

Baca juga: Cegah Stok Habis dengan Fitur Stok Tak Terbatas

Selain itu, data dari penjualan produk yang ada juga bisa menjadi insight soal persediaan.

Misalnya, jika kamu memproses lebih lanjut data barang paling laku, kamu bisa menentukan volume stok produk yang harus dimiliki, agar penjualan tidak terputus.

Tentunya hal itu akan meningkatkan performa tokomu dalam penjualan. Jadinya selain proses yang lebih efisien kamu juga lebih hemat uang, karena tepat dalam pengadaan barang.

Mendata Barang Paling Laku di Laporan Penjualan 

laporan penjualan

Untuk mendapatkan laporan penjualan yang akurat, kamu harus mencatat setiap pesanan. Mulai dari pesanan tersebut masuk, lalu diproses, dikirim hingga sampai di tangan konsumen.

Hal ini akan sulit dilakukan terlebih jika kamu memiliki banyak toko, dan tersebar di banyak marketplace. Walaupun sulit kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan memiliki laporan yang lengkap.

  1. Menentukan Prioritas Pengadaan Stok
  2. Membuat Produk Bundling  
  3. Menentukan Produk Baru dengan Lebih Tepat Sasaran 
  4. Menjual Produk yang Mendukung Barang Paling Laku 

Baca juga: Toko Prioritas Jawaban Masalah Overselling Produkmu

Walaupun penyusunannya rumit, kamu gak perlu khawatir jika menggunakan layanan manajemen persediaan dan pesanan. Data dan laporan tersebut akan tersedia secara instan untuk kamu lihat. Dengan Jubelio, kamu bisa melihat data laporan penjualan dan stok dengan mudah dan praktis.

Selain itu laporan ini juga memuat banyak variabel yang terkait dengan operasional bisnismu. Jadi kamu akan melihat performa bisnismu lebih menyeluruh dan komprehensif. Artinya, kamu bisa melakukan evaluasi dan menentukan langkah dengan lebih pasti dan akurat.

Kalau kamu penasaran data apa saja yang bisa dilihat pada laporan penjualan? klik di sini. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×