fbpx
Layout Gudang

5 Hal yang Membuat Layout Gudang Lebih Rapi dan Aman

Pada saat kamu memulai untuk berkecimpung dengan bisnis yang menggunakan sistem pergudangan, kamu perlu memikirkan secara matang mengenai layout gudang tersebut. perencanaan layout gudang diperlukan untuk meringankan operasional gudang mulai dari biaya serta waktu mobilitas di gudang.

Sebelum kamu membuat gudang, perlu dipikirkan beberapa hal untuk melakukan penataan gudang tesebut, seperti lokasi gudang, keamanan, ketepatan (posisi rak), dan kemudahan (pencarian, jangkauan, dan/atau pengambilan).

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan

  1. Lokasi Gudang

Jika kamu sudah sampai tahap perencanaan layout gudang, pasti kamu sudah memiliki gudangnya, kan? Nah, usahakan gudang berada di lokasi strategis. Strategisnya gudang biasanya akan mempengaruhi mindset segala sesuatunya mudah. Selain itu, dari segi akses ke mana saja dekat. Setelah itu, lanjutkan ke perencanaan tata letak gudang.

  • Ketepatan (Atur Rak Lebih Spesifik)

Tata letak gudang bisa dikatakan berfokus pada rak. Layout gudang juga perlu memerhatikan rak di mana barang akan disimpan atau diletakkan. Pengaturan rak ini akan mempermudah kamu saat akan menyimpan atau mengambil barang.

Dalam mengatur rak, terdapat beberapa komponen rak, yaitu lantai, baris, kolom, dan rak itu sendiri.

a. Lantai: berisikan jumlah lantai di dalam gudang.

b. Baris: berisikan jumlah baris di setiap lantai.

c. Kolom: berisikan jumlah kolom di setiap lantai dan baris.

d. Rak: berisikan jumlah rak di setiap kolom sesuai lantai dan baris.

Usahakan seluruh komponen di atas terisi. Hal itu berguna agar posisi barang di rak lebih spesifik. Semakin spesifik letaknya, semakin mudah proses penempatan, pencarian, jangkauan, dan pengambilan.

Jika pengaturan rak ini sudah sesuai dan spesifik, kamu dapat lanjut ke hal-hal yang berkaitan dengan kemudahan (pencarian, jangkauan, dan/atau pengambilan).

Baca Juga: Atur Nomor Rak agar Penyimpanan Stokmu Lebih Efisien!

  1. Keamanan

Jangan hanya lokasi strategis, tetapi juga pastikan lokasi gudang dijamin keamanannya. Keamanan di sini ialah aman dari segala hal yang dapat berdampak langsung pada barang-barang di gudang kamu. Keamanan yang dimaksud adalah jika barang disimpan di gudang, barang tersebut akan aman dari kerusakan. Baik itu dari cuaca (panas/dingin), kontaminasi produk lain, kehilangan, atau aman saat berjalannya operasional gudang (barang masuk—pemrosesan pesanan).

  1. Pencarian

Saat kamu merencanakan tata letak gudang, perhatikan kemudahan saat pencarian barang. Sebelum kamu melakukan penempatan barang, kamu perlu lebih detail untuk lokasi penempatan barang. Semakin detail, semakin mudah dicari.

Selain itu, di sini kamu perlu melakukan perhitungan waktu untuk mencari barang di gudang. Semakin barang mudah dicari, semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk pergerakkan barang tersebut.

Misalkan estimasi waktu menerima daftar barang dengan diambilnya barang sekitar 15 detik. Usahakan waktu pelaksanaan tepat. Namun, jika waktu yang dibutuhkan saat mencari barang lebih dari itu, kamu perlu mengevaluasi kembali tata letak di gudang kamu.

  1. Jangkauan

Mengenai kemudahan menjangkau barang juga sangat penting. Logikanya, barang yang mudah dijangkau akan memudahkan petugas gudang kamu. Misalkan perlu menggunakan alat ataupun tidak, aksesnya akan tetap mudah.

  1. Pengambilan

Di sini yang menjadi pusat perhatian adalah lokasi rak-rak di dalam gudang. Usahakan penempatan rak satu dengan yang lain tidak terlalu jauh, tetapi juga tidak terlalu berdempetan. Dengan demikian, akan memudahkan dalam proses pengambilan barang oleh petugas gudang. Kamu juga bisa menggunakan sistem FEFO (first expired first out). Jadi, kamu barang dengan tanggal kadaluwarsa terdekat akan lebih dulu diambil (keluar).

Tidak jarang peletakkan rak-rak asal saja sehingga petugas kesulitan saat melakukan pengambilan. Semakin sulit saat pengambilan, semakin lama waktu perpindahan barang. Ingin tau siapa saja petugas gudang, lihat di sini.

Pengaturan layout gudang yang lebih mudah dapat dicek di sini.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×