fbpx
lokasi penyimpanan

5 Langkah Mudah Menentukan Lokasi Penyimpanan Barang

Sebagai Pebisnis yang handal kamu pasti sudah akrab dengan pengaturan stok barang. Tetapi kamu sudah tahu belum sama penentuan lokasi penyimpanan yang pas dan menunjang bisnismu. Jangan sampai lokasi yang kamu gunakan malah menjadi bottleneck dalam operasional harian. Nantinya malah rugi waktu dan uang.  

Walaupun berfungsi sebagai salah satu kebutuhan operasional yang penting, lokasi penyimpanan bisa menjadi hambatan tersendiri jika salah penentuannya. Nah karena itu, kamu wajib tahu dulu nih pertimbangan-pertimbangan yang harus diambil sebelum menentukan lokasi.  

Jangan sampai lokasi yang akan berdiri atau malah yang sudah ada, menjadi penyebab terhambatnya bisnis kamu. Bukannya lebih efisien malah terjadi bottleneck. 

Pentingnya Lokasi Penyimpanan yang Efisien 

Lokasi penyimpanan barang atau pun gudang sebearnya memiliki beberapa fungsi khusus tergantung dengan jenis bisnis ataau komoditas yang dilayani. Akan tetapi yang paling umum adalah peran gudang sebagai pusat distribusi barang. Kamu pun bisa jadi memfungsikan lokasi penyimpanan milikmu sebagai pusat distribusi barang sebelum dikirim ke pembeli. 

Lokasi yang berperan menjadi pusat distribusi sendiri berfungsi sebgai tempat menampung terlebih dahulu barang yang berasal dari pemasok atau pabrik. Kemudian barang-barang tersebut akan disortir dan disimpan untuk sementara waktu. Baru kemudian, dikirim sesuai pesanan kepada pembeli. 

Dengan model seperti ini, biaya yang dibutuhkan untuk mengirim produk akan lebih murah, daripada setiap barang dikirim dari pabrik. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pendataan stok lebih teratur lagi. 

Baca Juga: Proses Bisnis Toko Online yang Wajib Dikuasai

Walaupun memiliki peran yang penting bagi bisnis, masih banyak Pebisnis yang masih keliru dalam mengelola lokasi penyimpanan mereka. Misalnya saja, asal dalam memilih tempat sebagai lokasi, kemudian tidak menata dengan baik lay out dalam gudangnya juga.  

Karena kekeliruan tersebut bisnis milikmu berpotensi mengalami penurunan performa. Karena lokasi penyimpanan yang seharusnya membantu efisiensi pergerakan barang, malah jadi hambatan utama. Duh jangan sampai deh, nanti kamu rugi waktu dan juga cuan 

Biar gak rugi, yuk baca dulu lima langkah dan pertimbangan yang harus dilalui dalam menentukan lokasi gudang. 

Baca Juga: 4 Jenis Stok yang Wajib Dipahami

5 Langkah dalam Menentukan Lokasi Penyimpanan 

lokasi penyimpanan

Untuk mencegah kerugian dan mengoptimasi proses bisnis milikmu, kamu wajib memahami dulu nih lima langkah yang dibutuhkan dalam menentukan lokasi penyimpanan yang pas. Yuk simak daftar di bawah! 

  1. Infrastruktur

    Tentu yang pertama kali menjadi pertimbangan adalah infrastruktur pendukung di sekitar lokasi yang akan kamu pilih. Hal ini penting karena kamu harus memastikan kesiapan infrastruktur yang diburuhkan dalam lokasi. Hal ini meliputi ketersediaan listrik dan pasokan air.Kemudian, kamu juga harus memastikan keadaan pasokan listrik cadangan apabila terdapat gangguan. Kemudian apakah di daerah yang dipilih sudah memenuhi kebutuhan listrik di dalam gudang, terlebih jika kamu menyimpan produk yang perlu pendinginan.
     

  2. Biaya

    Soal biaya pastinya kamu gak akan lupa kan? Nah unsur biaya yang dikeluarkan juga harus masuk ke dalam perhitungan. Terseah jika kamu mau menyewa atau membeli lokasi tersebut. Kemudian tentukan juga biaya operasional lokasi tersebut. Misalnya biaya listrik, air, pajak serta biaya bongkar muat.
     

  3. Akses dan Transportasi

    Nah komponen ini sering kali mengalami salah hitung yang menyebabkan kerugian bagi kamu sebagai pelaku bisnis. Kamu harus memastikan moda transportasi apa yang bisa dijangkau dari titik lokasi gudangmu.

    kemudian juga kamu harus tahu soal kualitas jalan, tingkat kemacetan di sekitarnya, serta jarak yang dibutuhkan ke terminal antarmoda. Misalnya, bandara, pelabuhan serta stasiun kereta api. Kemudian juga, akses terdekat dengan penyedia jasa kirim atau kurir.
     

  4. Lay Out Gudang

    Untuk ini kamu juga harus merencanakannya dengan seksama. Lokasi untuk produkmu akan dibangun dan diatur seperti apa. Hal ini karena, lay out  lokasi akan menentukan flow pergerakan barang di dalam gudang. Jika salah kamu malah merugikan diri sendiri, pastikan desainnya tetap efisien.
     

  5. Pasar

    Nah akses terhadap pasar atau pun pelanggan jangan sampai kamu lupakan juga. Lokasi penyimpanan yang market oriented ini tentunya akan mempercepat waktu tempuh yang dibutuhkan oleh barang milikmu untuk sampai di tangan pembeli 

Nah udah pasti sekarang udah paham kan langkah yang tepat untuk menentukan lokasi penyimpanan. Untuk menentukan lokasi dengan lebih mudah kamu bisa ikuti alamat ini. 

Mau menentukan lokasi berdasarkan marketplace? Bisa juga kok, coba deh klik di sini

Ingin tahu caranya mengatur harga produk, jangan lupa baca ini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×