fbpx
nomor rak

Atur Nomor Rak agar Penyimpanan Stokmu Lebih Efisien!

Halo Pebisnis, pengaturan stok barang penjualan harus menjadi prioritas untuk kamu lakukan dalam operasional bisnismu. Dalam mengelola stok banyak variabel yang harus masuk dalam perhitungan, hal ini memang rumit, tapi akan bermanfaat untuk efisiensi. Salah satunya adalah racking dan nomor rak yaitu, posisi dan lokasi penempatan stokmu di dalam penyimpanan. 

Dalam menjalani bisnis, setiap unsur di dalamnya saling terkait satu dengan yang lain, kamu tidak bisa menganaktirikan salah satu prosesnya. Karena jika kamu hanya fokus di salah satunya saja, operasional bisnismu tidak akan balance dan berpotensi terganggu. Terlebih jika ada masalah. 

Karena itu, manajemen stok juga menjadi satu hal yang tak boleh luput dari perhatianmu. Karena, selain penjualan, tulang punggung bisnismu juga ada di stok barang. Jika alurnya tidak efisien, maka pemrosesan pesanan akan memakan waktu lama.  

Ikuti Hal ini Untuk Mengatur Stok Barang Milikmu

Dalam mengatur stok barang, memang membutuhkan waktu dan proses yang panjang dalam pelaksanaannya. Selain itu, variabel atau hal yang perlu diperhatikan dan diproses pun banyak dan relatif rumit. Akan tetapi, jika kamu berhasil melewati itu semua, efisiensi bisnismu akan meningkat. Artinya, angka penjualan juga berpotensi besar untuk melonjak naik. 

Salah satu proses dalam mengatur stok adalah penempatan barang di dalam gudang atau lokasi penyimpanan. Hal ini menjadi penting, karena akan mempengaruhi alur pemrosesan barang masuk, keluar hingga picking dan packing ketika ada pesanan.  

Baca juga: Perhatikan Hal Ini untuk Cegah Stok Habis

Dalam mengatur penempatan barang, kamu juga tidak akan lepas dari yang namanya rak. Nah rak ini selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan unit stok, juga mempengaruhi efektifiitas operasional gudangmu. Untuk mengaturnya, kamu harus kenal dengan yang namanya nomor rak. Yaitu, sistem identifikasi dan penempatan stok dalam gudang 

Nah karena itu lah peran rak dan nomor rak sangat penting di dalam gudang. Jika kamu menempatkan stok produk dengan asal, gudangmu tidak akan efisien dalam operasionalnya. Tips ini tidak hanya berlaku bagi Pebisnis kelas kakap dengan ribuan stok, tapi juga berlaku buat Pebisnis yang baru memulai 

Penting Mengatur Rak Produk 

Seperti yang sudah disinggung di atas, pengaturan rak produk akan mempengaruhi langsung dengan alur pergerakan barang di dalam gudang. Idealnya proses pergerakan barang di gudang harus berlangsung efisien dan tidak berbelit-belit. Nah untuk mencapai hal tersebut kamu perlu mengatur rak dan nomor rak agar gudangmu lebih efisien. 

  1. Bagi Barang Berdasarkan Statusnya
    Tentunya kamu pasti memiliki produk yang berstatus fast moving dan slow moving. Nah produk yang memiliki kelas berbeda ini perlu penempatan yang berbeda juga di dalam gudang. Usahakan untuk menempatkan produk yang fast moving di bagian paling dekat dengan area packing.

    Dengan proses seperti itu, maka proses picking barang akan berlangsung lebih cepat. Jadinya, barang akan lebih cepat di-packing dan siap dikirimkan kepada pelanggan. Artinya, efisiensi pergerakan barang kamu meningkat. 

2. Tentukan Jenis Pemrosesan Barang
Kemudian kamu juga harus menentukan alur pemrosesan barang dalam gudang. Kamu pastinya mengenal FIFO, FEFO dan LIFO bukan? Nah, penempatan produk dalam rak harus mengikuti salah satu dari kaidah tadi, agar kamu memproses unit stok yang tepat.

akan tetapi, kaidah tadi juga ditentukan oleh jenis komoditas yang disimpan. Jadi ada potensi perbedaan proses penempatan barang dalam satu gudang. Untuk itu, kamu bisa membagi bagian gudang atau raknya berdasarkan kaidah tadi. 

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Serial Number dan Cara Mengaturnya 

3. Kode di Setiap Barang
Jangan lupakan untuk memberikan kode penyimpanan di setiap unit barang, hal ini berfungsi sebagai identifikasi produk ketika diproses. Dalam penempatan dan pemrosesan barang kamu harus selalu mencatat setiap alur yang sudah dilewati unit tersebut. Nah untuk mempercepat kamu bisa menempelkan kode, sehingga barang tersebut tinggal di-scan ketika melewati proses tertentu. 

4. Atur Nomor Rak
Tiga variabel sebelumnya tidak akan berfungsi optimal jika kamu belum mengatur nomor rak di setiap unit raknya. Nomor rak ini akan berfungsi sebagai alamat tempat produk tersebut berada dalam gudang. Jadi ketika ada pesanan masuk, kamu tinggal melihat nomor raknya. Ikuti cara mudah mengatur nomor rak di sini.

Jadi begitu Pebisnis, cara mengatur rak dan nomor rak di dalam gudang. Walaupun terkesan rumit, hal ini akan membantu kamu dalam mengefisiensikan proses bisnis di dalam gudang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×