fbpx

Pengertian, Fungsi, Beserta Contoh Laporan Stock Opname

Mungkin sebagian dari kamu pernah merasakan barang hilang atau rusak. Ternyata salah satu penyebab kenapa barang kamu seperti itu karena stok barang yang tidak rapih.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Caranya dengan membuat laporan stok opname gudang karena bisa dijadikan bukti keluar masuknya barang.

Untuk lebih lengkapnya, aku akan menjelaskannya pada artikel ini.

Apa itu Laporan Stock Opname ?

Sebelum kamu mengetahui pengertian laporan stock opname, kamu harus tau dulu apa itu stock opname barang.

Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan barang dagang dimana dalam kegiatan tersebut kamu akan mencocokkan jumlah persediaan secara fisik dengan pencatatan yang ada di laporan.

Sedangkan laporan stock opname adalah informasi berupa pencatatan atau pembukuan mengenai ketersediaan stok barang berhubungan dengan harga dan jumlah barang dagang.

Baca juga : Cara Membuat Beserta Contoh Laporan Stok Opname Pada Bisnis

Kenapa Kamu Harus Melakukan Stock Opname Barang ?

Mungkin sebagian dari kamu belum tahu seberapa pentingnya melakukan stok opname pada usaha kamu. Jadi, stock opname barang dan gudang itu penting banget dalam menjalankan bisnis.

Kenapa ? karena dari pelaporan kegiatan stock opname tersebut kamu jadi tahu secara pasti mengenai jumlah persediaan barang yang ada di pencatatan dengan barang fisik yang ada di gudang.

Kalo kamu menemukan stok barang berlebih kamu bisa melakukan pengecekan ulang, apakah ada transaksi yang belum tercatat atau mungkin kesalahan pemasukan data.

Nah, kalo ada persediaan barang yang kurang kamu bisa melakukan 2 cara yaitu mencatatnya di jurnal penyesuaian atau kamu bebankan kepada pegawai.

Tujuan Stock Opname Untuk Usaha

Ada 5 manfaat dari kegiatan stok opname barang gudang untuk bisnis kamu nih, yaitu.

  • Kamu tahu persediaan barang antara pencatatan dengan fisik sesuai atau tidak
  • Bisa meminimalisir terjadinya penyimpangan ketersediaan barang
  • Kamu bisa secara sigap melakukan tindak lanjut kalau ada barang rusak atau barang hilang.
  • Mengetahui arus masuk dan keluar persediaan barang
  • Terakhir, kamu bisa tahu perkembangan bisnis dengan informasi persediaan barang tahun lalu dan tahun sekarang.

Baca juga : 4 Tips Melakukan Stock Opname Gudang Dengan Tepat

Contoh Laporan Stock Opname Excel

Berikutnya, aku akan kasih tahu kamu bagaimana cara membuat dan contoh laporan stock opname dengan excel

1. Kamu membuat format laporan stok barang yang berisi nama usaha kamu, laporan stok opname, dan periode laporan. Lalu berikutnya kamu tambahkan informasi terkait kode barang, nama barang, satuan, harga pokok, dan lainnya.

2. Kamu masukkan data persediaan mulai dari nomor sampai harga jual satuan secara manual. Nah selanjutnya pada kolom persediaan awal sampai akhir kamu dapat menggunakan rumus excel.

3. Sebelumnya, kamu harus tahu dulu jumlah persediaan awal barang dan setelah itu bisa kamu kalikan dengan harga pokok. Untuk kolom penjualan nanti dikalikan dengan harga jual satuan.

4. Berikutnya untuk barang masuk kamu dapat mengkalikannya dengan harga pokok. Sedangkan pada kolom nilai pencatatan dan nilai fisik untuk melihat antara barang fisik dan pencatatan sama atau tidak.

Contoh laporan Stock Opname Gudang

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat laporan stok barang atau stock opname. Kamu bisa menggunakan excel atau menggunakan bantuan aplikasi.

Kalau kamu menggunakan excel tentu lebih sulit karena takut terjadi kesalahan input data. Maka dari itu, untuk memudahkan pencatatan tersebut, kamu bisa menggunakan platform Jubelio.

Dengan platform Jubelio kamu udah bisa menikmati fitur yang memudahkan bisnis kamu loh salah satunya melakukan persediaan barang dimana sinkronisasi stok barang sudah dilakukan secara otomatis karena termasuk ke dalam Jubelio Omnichannel.

Selain itu, fitur lainnya seperti akunting, laporan penjualan, sampai sistem manajemen gudang juga ada dan semuanya sudah terintegrasi dengan channel penjualan offline dan online kamu.

Jadi, kamu tinggal mengelola usaha hanya melalui satu sistem dashboard aja. Mudah kan ? Kalo kamu masih pengen tahu fitur persediaan barang dari Jubelio Omnichannel dan daftar secara GRATIS tinggal klik dibawah sini aja.

Daftar Jubelio Gratis!

Atau kamu juga bisa tanya-tanya langsung tentang Jubelio omnichannel caranya klik tombol dibawah ini ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×