fbpx
laporan keuangan perusahan adalah fungsi sebagai membantu kelola bisnis

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Beserta Fungsinya

Penyusunan akuntansi untuk bisnis penting enggak sih sebenarnya dalam sebuah usaha? Tentu saja, jawabannya sangat penting.

Entah usaha kamu itu baru berjalan atau usaha yang penjualannya sudah banyak pasti memerlukan yang namanya akuntansi dalam menjalankan usahanya.

Kalo kamu mau tahu, akunting itu mempunyai peran yang besar terhadap usaha kamu, karena dengan begitu kamu bisa tahu keadaan bisnis kamu.

Adanya gambaran terkait kondisi finansial perusahaan diharapkan kamu dapat mengambil keputusan untuk mengambil keputusan.

Salah satunya dengan menyusun laporan keuangan usaha sederhana, jenis laporan keuangan perusahaan dagang maupun jasa memiliki 4 jenis laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan neraca saldo, arus kas, dan perubahan modal.

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan perusahaan adalah laporan bisnis yang berisi pencatatan uang maupun transaksi yang terjadi pada usaha kamu mulai dari transaksi pembelian dan penjualan.

Biasanya laporan ini kamu buat pada periode tertentu disesuaikan dengan kebijakan yang ada pada bisnis kamu.

Sebenarnya tujuan dari pembuatan laporan keuangan perusahaan adalah untuk melihat kondisi keuangan secara menyeluruh dan mendetail yang nantinya bisa digunakan sebagai pencegahan jika terjadi permasalahan.

Baca juga : Jurnal Umum : Pengertian dan Cara Membuatnya Untuk Bisnis

Fungsi Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Setiap laporan keuangan mempunyai fungsi masing-masing pada bentuk laporan. Tetapi ada 3 fungsi umum dari laporan keuangan bisnis yang bisa kamu dapatkan, diantaranya.

1. Menilai Kondisi Bisnis Kamu

Semua laporan keuangan berguna untuk menilai kondisi usaha kamu. Dari pencatatan tersebut kamu bisa tahu keadaan bisnis kamu apakah mengalami kerugian atau keuntungan.

Nah, kalo dari catatan keuangan kamu mengalami banyak kerugian maka menandakan usaha kamu mengalami kemunduran sedangkan jika bisnis kamu mengalami keuntungan berarti usaha kamu sedang berkembang.

Berdasarkan data tersebut, kamu sebagai pebisnis bisa menentukan sikap untuk melanjutkan bisnis atau tidak.

Baca juga : Apa Itu Neraca Saldo, Jenis, dan Bagaimana Cara Membuatnya ?

2. Alat Evaluasi Usaha

Laporan keuangan berfungsi untuk mengevaluasi usaha kamu juga loh, kalau misalnya tidak ada laporan tersebut evaluasi tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Karena dengan laporan tersebut bisa dijadikan parameter untuk mengetahui permasalahan serta menemukan solusinya.

Misalkan evaluasi yang udah kamu jalani secara maksimal maka kamu akan lebih mudah juga untuk menentukan kebijakan.

3. Sebagai Pertanggungjawaban Usaha

Selain sebagai bahan evaluasi, ternyata laporan keuangan bisnis dijadikan sebagai pertanggungjawaban kamu sebagai pemilik usaha kepada investor ataupun pemerintah seperti pajak usaha.

Kalo laporan akuntansi kamu detail maka usaha kamu dapat dipercaya oleh stakeholder sebagai penanda kalau manajemen di usaha kamu berjalan dengan baik.

Teknologi Pembuatan Laporan Keuangan Otomatis

Tapi sekarang kamu udah enggak perlu khawatir buat menyusun laporan keuangan perusahaan, enggak perlu pakai cara manual dengan mengumpulkan transaksi satu persatu.

Karena semakin berkembangnya teknologi memudahkan kamu untuk mengelola bisnis kamu. Nah, salah satunya dengan menggunakan aplikasi atau software akunting Jubelio.

Dimana semua keuangan kamu sudah dilakukan secara otomatis jadi enggak perlu input data keuangan secara berulang.

Ditambah Jubelio akuntansi masuk ke dalam omnichannel dan terhubung ke fitur Jubelio lainnya seperti Jubelio POS, WMS, dan Jubelio Store.

Jadi kalo kamu punya toko offline dan online di marketplace, e-commerce, atau webstore semuanya sudah terintegrasi, kamu tinggal kelola dalam satu sistem dashboard aja.

Kamu mau tahu lengkapnya mengenai Jubelio Akuntansi dan fitur Jubelio lainnya ? Kamu bisa klik tombol tanya di bawah ini ya

Kamu juga dapat cari tahu kelebihan Jubelio Akunting maupun fitur lainnya, caranya mudah klik link ini aja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×