fbpx
Peran penting akuntansi dalam dunia usaha

Kenali 5 Peran Utama Akuntansi dalam Berbisnis

Akuntansi memiliki peran penting pada sebuah bisnis atau usaha. Peran akuntansi dalam bisnis salah satunya sebagai tulang punggung di suatu perusahaan.

Seperti yang kita tahu, akuntansi adalah suatu proses penjabaran, pengelompokkan, pengukuran, pengolah, penyajian data, dan pencatatan transaksi masuk dan keluar yang berhubungan dengan keuangan.

Dari data tersebut, maka didapatkan informasi yang nantinya akan digunakan oleh seorang ahli yang akan menjadi bahan untuk pengambilan keputusan.

Seorang yang ahli dalam bidang akuntansi disebut akuntan.

Hasil dari informasi tersebut akan disampaikan ke berbagai pihak, termasuk manajemen, investor, kreditor, dan regulator.

Tentu saja, akuntansi berguna tidak hanya untuk perusahaan yang besar tetapi juga bagi usaha kecil karena dengan begitu kita jadi bisa mencari berapa kerugian ataupun keuntungan yang didapat.

Angka nominal yang didapat berguna untuk kita sehingga tahu mengenai pelacakan penjualan, mengelola persediaan yang ada.

Bagi perusahaan yang paham mengenai fungsi dan peran dari akuntansi akan mempertimbangkan beberapa hal akuntansi selain laporan keuangan dari debit dan kredit.

Terdapat fungsi akuntansi mulai dari fungsi manajerial akuntansi dan fungsi historis akuntansi. dimana didalamnya terdiri dari banyak fungsi lainnya.

Fungsi manajerial adalah dimana akuntansi memberikan laporan aktivitas keuangan sebelumnya yang nantinya dibuat akan diambil keputusan melalui hasil analisis.

Sedangkan fungsi historis sebagai penata layanan dari semua kegiatan ekonomi atau bisa disebut sebagai fungsi pengawasan akuntansi.

Lalu, tujuan dari akuntansi apa aja ?

Tujuan akuntansi selain membantu dalam menentukan keputusan terbaik juga untuk memberi gambaran tentang kemungkinan kerugian dan keuntungan serta untuk mencegah adanya penipuan.

Apakah kamu tahu bahwa sekarang berjualan cukup mudah dan sudah terintegrasikan dengan layanan lainnya seperti Akuntansi, stok persediaan barang hanya dalam satu platform saja ?

Ya, Omnichannel Jubelio jawabannya dapat memudahkan kamu untuk berjualan karena sudah tersedia semua layanan.

Sebagai penyedia informasi dalam keuangan

Buku besar akuntansi untuk bisnis

Peran akuntansi dalam bisnis yang pertama dan paling mendasar adalah sebagai sarana dalam penyedia informasi dan jawaban yang berhubungan dengan keuangan.

Setelah semua data keuangan yang dikumpulkan dan tercatat pada sistem akuntansi.

Tentu saja akan memudahkan kita dan karyawan untuk mengukur kondisi perusahaan dengan membandingkan data saat ini dengan yang sebelumnya.

Tidak cuma itu, data akuntansi bisa dibilang sebagai cerminan bagaimana keadaan keuangan bisnis anda.

Apabila ada variasi substansial dalam kinerja maka pengusaha dapat menerapkan perubahan untuk mengoreksi perbedaan tersebut.

Selain itu, akuntansi sebagai informasi kekurangan dan kelebihan dari perusahaan anda yang untuk nantinya akan dijadikan bahan evaluasi performa bisnis anda.

Baca Juga : Memahami Buku Besar Akuntansi da Fungsinya dalam Bisnis

Sebagai alat pengendali keuangan

akuntansi sebagai pengontrol keuangan

Dengan akuntansi anda bisa mengetahui alur kas dari pengeluaran dan pemasukan bisnis.

Dari data tersebut, kita jadi mengetahui informasi keuangan perusahaan, apakah keuangan yang didapat meningkat atau mengalami kerugian.

Nah, berdasarkan informasi tersebut maka dapat dikatakan bahwa akuntansi sebagai alat untuk mengontrol dan mengendalikan keuangan.

Melalui informasi tersebut, anda juga bisa melakukan evaluasi dan menilai sendiri performa dari bisnis anda.

Terhubung oleh pihak ketiga

berhubungan dengan pihak ketiga

Bahwa akuntansi tidak hanya berhubungan dengan internal perusahaan melainkan pihak ketiga dari luar perusahaan yaitu stakeholder. 

Lebih tepatnya Berdasarkan data keuangan tersebut, akuntan bisa menjadi seorang penghubung antara pihak internal dengan eksternal, misalnya untuk melakukan deal dengan pihak ketiga. 

Dari data-data akuntansi tersebut nanti akan diambil keputusan terkait bekerja sama atau investasi. Karena dari data tersebut investor bisa menimbang apakah akan melakukan investasi atau tidak pada perusahaan.

Tentu saja hal itu masuk akal, karena tidak ada investor yang mau menginvestasi apabila laporan keuangannya belum akurat.

Selain itu, akuntansi juga bisa menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah, misalnya dalam hal pelaporan pajak dan proses audit perusahaan.

Baca Juga: 4 Jenis Buku Besar Akuntansi dalam berbisnis

Membantu dalam pengambilan keputusan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa peran penting akuntansi dalam bisnis adalah sebagai pengambilan keputusan bagi stakeholder atau pemegang saham

Karena dengan adanya informasi mengenai hasil identifikasi dan evaluasi informasi keuangan tersebut.

Pada dasarnya seorang pemegang saham tidak bisa asal untuk kegiatan investasi, mereka memerlukan informasi terkait keuangan yang terbaru dan akurat bagi perusahaan yang menginginkan investasi.

Oleh karena itu, antara akuntan dengan stakeholder keduanya harus saling bekerja sama untuk memanfaatkan informasi keuangan dalam menangani permasalahan.

Akuntan sebagai orang yang menyiapkan segala informasi terkait keuangan perusahaan. selain itu, sebagai akuntan harus memastikan bahwa stakeholder memahami data keuangan yang telah dibuat.

Tidak hanya stakeholder, bahkan pemimpin perusahaan juga terbantu dengan adanya laporan tersebut dan apabila adanya kerugian pemimpin bisa melakukan analisa dan memutuskan kebijakan.

 Sebagai perencanaan bisnis

Statistik perencanaan bisnis

Peran akuntansi dalam bisnis ini memiliki hubungan erat dengan penganggaran perusahaan. Salah satu penggunaan akuntansi yang paling umum adalah untuk membuat anggaran dan melakukan perencanaan bisnis.

Dari laporan sebelumnya perusahaan akan membuat anggaran dan rencana untuk periode selanjutnya. Membuat laporan akuntansi cukup penting karena  nantinya akan digunakan untuk anggaran periode selanjutnya.

Data yang dipakai bukan hanya keuntungan tetapi ada beberapa misalnya proyeksi penjualan, evaluasi, pembuatan anggaran, dan perencanaan bisnis selanjutnya.

Untuk memudahkan kamu dalam berjualan ikuti langkah aku untuk menggunakan platform Jubelio omni-channel karena dengan Jubelio kamu enggak perlu ribet untuk mengurus jualan kamu sendiri.

Bersama jubelio kamu bisa kelola semuanya mulai dari jualan online, offline, sampai gudang dalam satu sistem.

Jadi, kamu bisa santai aja karena enggak perlu buat upload foto produk satu-satu di masing-masing marketplace dan memproses pesanan juga.

Mau tau lebih lanjut ? klik tombol tanya Jubelio dibawah ini:

Mau cari tahu sendiri tentang Jubelio dan bagaimana cara penggunaannya ? Klik link dibawah ini:

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

×