fbpx
Apa Itu Pergudangan

Definisi, Manfaat, dan Komponen Pergudangan

Bagi kamu si pemilik usaha dengan stock berlimpah/sedang/biasa-biasa saja, kamu perlu yang namanya pergudangan. Nah, sebelum kamu melakukannya, kamu perlu untuk mengetahui terlebih dahulu definisi dari pergudangan tersebut.

Apa Itu Gudang?

Definisi Pergudangan secara harfiah memang berarti “simpan-menyimpan barang di gudang”. Nah, untuk kamu si Pebisnis, pasti sudah tidak asing dengan istilah warehouse atau biasa disebut pergudangan. Pergudangan ini bisa kamu artikan sebagai sarana yang diperlukan untuk menerima stock barang masuk, pemrosesan pesanan, barang keluar, serta penyesuaian stock dan opname.

Pergudangan yang ada di Jubelio bernama Sistem Manajemen Gudang (WMS). Hadirnya Sistem Manajemen Gudang (WMS), akan membantu dan memudahkan kamu mulai dari proses barang masuk ke gudang sampai keluar gudang. Kamu jadi nggak perlu lagi deh repot-repot urus-urus penempatan hingga pengiriman barang segunung sampai keteteran!

Baca Juga: Proses Bisnis Toko Online yang Kamu Wajib Kuasai

Manfaat Menggunakan Sistem Manajemen Gudang

Sudah tau definisinya, terus mikir kira-kira manfaatnya apa, ya? Kenapa kamu sebagai pebisnis butuh pergudangan? Nih, sekarang akan dijabarkan ke kamu manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan pergudangan Jubelio bagi usahamu. Yuk, intip manfaatnya di bawah ini!

  1. Pengelolaan stok di gudang dapat terpantau dengan mudah

Dengan adanya pergudangan, semua tahapan dapat dengan mudaha dipantau mulai dari proses penempatan, pengambilan, pengepakan sampai pengiriman barang.

  1. Stok barang di gudang Anda akan terkontrol

Stock yang terkontrol dapat menghindari terjadinya overselling.

  1. Adanya Sistem Panduan oleh Jubelio WMS

Proses penempatan dan pengambilan barang di lokasi rak oleh petugas gudang akan dibantu dengan sistem panduan oleh Jubelio WMS.

  1. Tersedia dalam bentuk mobile aplikasi

Proses pindai dengan mobile aplikasi saat penempatan dan pengambilan barang jadi lebih efisien dan efektif.

  1. Sistem Barcode Serial Number dan Batch Number

Pelacakan barang masuk dan keluar akan dioptimalkan dengan adanya sistem barcode dari Serial Number dan Batch Number sehingga menghindari kesalahan pengambilan barang.

Komponen-Komponen Gudang

Seperti yang sudah beberapa kali disebutkan sebelumnya, pergudangan di sini sebagai sarana untuk menerima stock barang masuk, pemrosesan pesanan, barang keluar, serta penyesuaian stock dan opname.

Nah, dalam pergudangan Jubelio terdapat beberapa komponen penting yang perlu untuk kamu perhatikan. Komponen ini akan menjadi andalan ketika kamu mengelola gudangmu, loh! Komponen-komponen tersebut, yaitu Barang MasukPemrosesan PesananBarang Keluar, dan Penyesuaian Stok dan Opname.

 Penjelasan dari masing-masing komponen pergudangan tersebut sebagai berikut.

  1. Barang masuk

Semua transaksi untuk barang masuk ke gudang mulai dari sumber barang masuk sampai penempatan barang ke dalam rak gudang akan diproses di komponen ini.

  1. Pemrosesan pesanan

Semua pesanan penjualan di Jubelio yang berada di gudang akan diproses pesanannya di komponen ini.

  1. Barang keluar

Semua pesanan yang berada di gudang yang nantinya akan diretur ke gudang atau ditransfer keluar antargudang, akan ditampilkan di komponen ini.

  1. Penyesuaian stock dan opname

Penyesuaian dan pengecekkan stock barang di gudang secara berkala akan dilakukan di sini.

Gimana? Menarik kan penjelasannya? Sebagai pebisnis pasti nggak mau dong kalau usaha terendala karena pengelolaan stock-nya. Ternyata pergudangan itu sifatnya krusial dan menjadi solusi untuk kamu yang ingin usahanya lebih efisien dan efektif, kan? Kamu bisa mengguna Sistem Manajemen Gudang (WMS) sebagai solusinya.

Kamu dapat mengetahui dan mempelajari lebih jauh dan lebih detail mengenai pergudangan di sini.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×