fbpx

Mengenal Pesanan Pre Order di Marketplace

Pebisnis jika kamu menjual produk yang handcrafted atau perlu waktu impor yang panjang, tentu hal itu bisa menyulitkan penjualanmu. Soalnya, setiap marketplace memiliki batas waktu tertentu dalam memproses pesanan dari pembeli, biasanya dalam hitungan hari. Nah untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mencoba fitur pesanan pre order. 

Pesanan pre order yang sebelumnya sulit dilakukan di marketplace, sekarang sudah tersedia dan siap diaplikasikan. Hal ini menjadi kabar baik buat kamu yang menjual produk seni atau custom. Soalnya dengan fitur pre order kamu gak perlu lagi buru-buru dalam mempersiapkan produk. Jadi kualitas produk yang dihasilkan tetap terjaga. 

Fitur pre order ini tidak memiliki perbedaan dalam pemrosesannya, kamu akan menerima notifikasi pesanan, membuat dan memproses produk lalu mengirimnya ke pembeli. Business as usual. Namun, kamu memiliki waktu lebih leluasa dalam mempersiapkan produk. 

Baca juga: Sales Invoice: Definisi, Fungsi dan Cara Menyusunnya

Alasan Kamu Perlu Fitur Pre Order 

Fitur pre order belum tentu sesuai dan cocok untuk kamu gunakan, hal ini akan bergantung pada jenis produk yang kamu tawarkan kepada pasar. Biasanya fitur pre order ini bisa dipakai untuk beberapa kondisi atau tipe barang yang dijual. Yuk simak rinciannya: 

  1. Produk Harus Impor 
    Kamu pasti sudah gak ing lagi kan dengan model bisnis yang mengambil produk dari luar negeri lalu dijual lagi di sini. Nah fitur pre order ini berguna untuk kamu yang berjualan dengan metode seperti itu. Soalnya fitur pre order cocok digunakan ketika kamu sedang menunggu pengiriman barang dari negara asal.  
  2. Menunggu Pasokan atau Produksi 
    Ketika kamu kehabisan stok produk, namun tidak ingin kehilangan potensi penjualan yang ada, maka pre order jawabannya. Sama seperti sebelumnya, ketika kamu sedang menunggu barang dari pemasok atau proses produksi selesai, kamu bisa mengatur produk tersebut menjadi pre order terlebih dahulu.  

Baca juga: Cara Cepat dan Tepat untuk Proses Pesanan

3. Produk yang customizeable

Ketika kamu menjual produk fashion seperti satu set jas, pasti perlu ukuran yang detil dari si pembeli. Nah karena ukuran setiap pembeli berbeda, kamu pasti perlu waktu yang lebih panjang untuk memproduksinya. Dengan pre order kamu gak perlu terburu-buru lagi saat memproduksi jas tersebut. 

4.Produk handcrafted 
sebut saja kamu berjualan furniture yang terbuat dari kayu, pasti kamu belum tentu membuat setiap produk di katalogmu menjadi ready stock. Ada saja produk yang harus dibuat terlebih dulu sesuai pesanan. Nah fitur ini berguna untuk kamu ketika menjual produk yang belum siap stoknya. 

Nah jika kamu memenuhi salah satu dari empat kondisi di atas, kamu bisa banget nih memanfaatkan fitur pesanan pre order. Jadinya jualan tetap tenang dan jalan. 

Untuk mengatur pesanan pre order sebenarnya kamu tidak perlu tindakan lebih. Cukup memproses pesanan secara riil seperti biasa. Nah akan tetapi pesanan pre order memiliki tanda khusus ketika masuk. Biasanya akan ada icon khusus yang menjadi pertanda.  

Untuk melihat lebih jauh mengenai pesanan pre order kamu bisa klik di sini. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×