fbpx
proses pesanan

Cara Cepat dan Tepat untuk Proses Pesanan

Penjualan yang tinggi pastinya menjadi impian dan tujuan banyak Pebisnis, termasuk kamu! Nah untuk mendapatkan penjualan yang tinggi tentunya ada langkah-langkah yang harus ditempuh terlebih dahulu. Salah satunya adalah menggunakan proses pesanan yang efektif dan efisien. 

Pebisnis, salah satu proses bisnis yang wajib dikuasai ketika melakukan jual beli online adalah pengelolaan pesanan. Aspek order management ini menjadi penting karena akan berpengaruh kepada waktu yang dibutuhkan dalam memproses sebuah pesanan. Mulai dari pesanan tersebut masuk hingga dikirim ke pembeli. 

Dengan penjualan yang menjadi sumber keuntungan, kamu harus mengelola pesanan dengan sangat efisien dan tepat sasaran. Dengan proses pesanan yang cepat, kamu bisa mengalokasikan waktu lebih banyak untuk menyusun strategi-strategi lainnya. 

Macam-macam Alur Pemrosesan Pesanan 

Dalam mengelola bisnis di marketplace kamu pastinya akrab dong dengan pesanan yang masuk dari pembeli. Jika jumlah pesanan mencapai hingga ribuan per harinya tentu hati dan dompet pasti senang. Tapi, simpan dulu senyummu sobat, soalnya dibalik pesanan yang ratusan itu, ada tantangan lain yng datang. 

Dengan banyaknya pesanan yang masuk serta batas waktu dari marketplace yang menjepit. Kamu pastinya pusing kan untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk. Nah kalau gak diatur dengan baik kamu bisa kehilangan pelanggan, karena pesanan tidak diproses dengan baik. 

Baca juga: Langkah Membuat Sales Order yang Sesuai

Untuk itu kamu perlu tahu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memproses pesanan dengan lebih cepat dan efisien. Jika pesanan dikelola dengan baik kmu tidak akan membuang banyak waktu dan sumber daya dengan percuma.  

Alur memproses pesanan ada beberapa macam, kamu bisa memilihnya berdasarkan kondisi dan kebutuhan. Yuk simak, macam-macam alur pemrosesan pesanan: 

  1. Metode Picklist 
  2. Metode Label Pengiriman 
  3. Buat Jadi Selesai 

Penasaran kan, dengan detail masing-masing alur? Yuk simak dulu cara memproses alur pesanan yang baik dan benar. 

Proses Pesanan dengan Metode Picklist 

Alur pertama untuk memproses pesanan adalah metode picklist. Dengan metode picklist setiap pesanan yang masuk akan dibuat daftar pengambilan barangnya. Selanjutnya kamu tinggal memproses pesanan tersebut berdasarkan daftar yang ada. 

Tenang saja, daftar pengambilan barang atau picklist tersebut akan dibuat secara otomatis oleh sistem. Jadi kamu tinggal mencetaknya atau membawa device berisi daftar tersebut ke lokasi penyimpanan.  

Baca juga: Proses Bisnis Toko Online yang Kamu Wajib Kuasai 

Kemudian, tinggal mengambil barangnya berdasarkan daftar dan melakukan packing. Setelah packing selesai, kamu tinggal mengklik penuhi stok dalam sistem, kemudian proses pemenuhan pesanan sudah selesai. 

Setelah itu, kamu tinggal mencetak faktur dan label pengiriman. Ketika label sudah tercetak secara otomatis, kurir pun akan dipanggil untuk mengangkut barang. Proses tersebut hanya meakan waktu 10-30 menit, bergantung dengan jenis barang yang dipesan pembeli. 

Untuk melihat alur proses pesanan picklist lebih mendalam klik link ini. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×