fbpx

Terapkan 4 Hal Ini supaya Retur Pembelian Nggak Ribet

Pernah nggak pelangganmu mengembalikan barang karena barang yang diterima tidak sesuai? Ntah karena salah, rusak, dan lain-lainnya. Proses pengembalian barang disebut retur. Berdasarkan kejadian seperti di atas, itu dinamakan retur pembelian.

Retur pembelian adalah pengembalian barang dari pembeli ke penjual karena barang yang diterima tidak sesusai yang seharusnya. Retur pembelian ini bisa terjadi dari pembeli ke pejual atau dari penjual ke pemasok.

Pada umumnya, dengan adanya retur pembelian ini dapat meringankan pihak pembeli untuk mengurangi utang pembelian ke penjual atau penjual ke pemasok apabila pesanan tersebut dibeli secara kredit.

Terkadang kita sudah teliti pada saat pemrosesan pesanan. Namun, tidak menutup kemungkinan ada hal lain yang dapat terjadi. Nah, untuk menghindari kemungkinan sekecil apa pun, kamu bisa simak penjelesan berikut ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Menghindari terjadinya retur pembelian, kamu perlu memerhatikan beberapa hal ini.

  1. Pastikan Pesanan Sesuai

Pada saat akan mengambil barang (picking), pastikan pesanan yang diambil sesuai. Cocokkan antara SKU barang pada daftar pesanan dengan pesanan yang ada di rak. Jika menggunakan alat pemindai, tingkat kesesuaian akan lebih tinggi.

  1. Pastikan Kondisi Barang AmanPastikan Kondisi Aman

Saat pesanan yang diambil sudah sesuai, kamu perlu mengecek kondisi barang tersebut. Perhatikan secara keseluruhan. Jangan sampai ada cacat, lecet, ataupun rusak. Kalau kondisi sudah aman, baru kamu lakukan packing. Jika diperlukan, tambahkan bahan pelindung untuk menjaga kondisi pesanan tetap aman.

Baca juga: Packing: 4 Tips Jitu Anti Komplain, Check!

  1. Pastikan Alamat Benar

Sebelum mengirim barang, lakukan pengecekan sekali lagi untuk memastikan alamat yang dituju sudah benar. Jangan sampai pesanan pelanggan A sampainya ke alamat pelanggan B. Hal itu untuk menghindari munculnya komplain, “Sudah nunggu lama, barang yang sampai salah.”

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Pengiriman Barang Mudah dan Aman

  1. Beri Ketentuan Retur

Semua sudah dicek. Pesanan sudah sesuai, dalam kondisi aman, dan alamat sudah benar. Kamu perlu memberikan ketentuan untuk pelangganmu bisa melakukan retur. Terkadang, kerusakan yang terjadi bukan disebabkan oleh keteledoranmu dalam menyiapkan pesanan. Bisa jadi kesalahan ada pada saat pengiriman barang atau saat pelangganmu membuka pesanannya.

Nah, kamu bisa memberikan beberapa ketentuan, seperti berikut ini.

  1. Waktu retur maksimal 1×24 jam atau 2×24 jam dari pesanan diterima
  2. Foto kondisi pesanan pada saat diterima
  3. Membuat video pada saat membuka pesanan
  4. Pesanan belum digunakan sama sekali, dan lain sebagainya

Jubelio memiliki fitur yang memudahkan kamu jika terjadi retur pembelian. Retur pembelian termasuk dalam proses barang keluar. Jadi, pada Sistem Manajemen Gudanag (WMS), barang yang keluar dari gudang bukan hanya dari pemrosesan pesanan (picking—pengiriman). Tetapi, outbond juga ada dari barang keluar (retur pembelin dan transfer keluar).

Ingin lebih tahu detail retur pembelian? Silakan klik di sini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×