fbpx
tips pakai seo marketplace

SEO Marketplace: Trik Jitu Tingkatkan Penjualan Toko Online

Sering kali, para pelaku usaha hanya berfokus dengan bagaimana cara mendapatkan banyak penjualan pada bisnis mereka.

Apalagi persaingan dalam jualan online saat ini sangat ketat yang mesti dihadapi oleh pebisnis, ada yang memberikan harga termurah sampai kualitas produk yang bagus.

Salah satu cara yang dapat dilakukan pelaku usaha online adalah dengan melakukan optimasi pada kolom pencarian marketplace atau disebut juga SEO Marketplace.

Yuk, simak tips optimasi pencarian di marketplace secara lengkap di artikel kali ini.

Apa Itu SEO Marketplace?

Kamu sadar nggak sih, ternyata bukan cuma di search engine Google aja loh yang menerapkan namanya SEO tapi marketplace juga ada seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, dan lainnya.

Tapi apa sih SEO Marketplace itu? Sini sini aku jelasin.

Jadi, SEO Marketplace adalah optimasi yang dilakukan pada toko kita di marketplace yang nantinya bisa menaikkan trafik sekaligus penjualan.

Calon pembeli cukup mengetikkan nama produk di kolom pencarian marketplace, nah nanti akan muncul dideretan pencarian paling atas.

Bedanya, kalau di marketplace yang kamu cari berupa produk sedangkan di Google itu ada berbagai macam hal yang bisa kita cari.

Maka dari itu, penggunaan teknik seo di toko marketplace sangatlah penting. Jadi, kamu mesti paham nih gimana cara optimasi seo pada bisnis online milikmu.

Tips Optimasi Menggunakan Teknik SEO di Marketplace

Supaya produk kamu ada di halaman pertama kolom pencarian di marketplace, kamu bisa ikutin langkah-langkah optimasi menggunakan SEO marketplace.

Ada 5 tips yang dapat kamu lakukan agar trafik toko online semakin meningkat, hampir semua marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya menerapkan teknik SEO.

Yuk, kita intip tips dan triknya.

Gunakan Nama Toko

Tips pertama yang mesti kamu perhatikan adalah penggunaan nama toko. Kenapa sih nama toko itu penting buat optimasi toko online?

Salah satunya ialah sebagai branding bisnis kamu, tapi di sisi lain kamu juga perlu loh menambahkan deskripsi toko.

Misalnya aja menambahkan nama tempat seperti “Beli Sepatu Murah di Jakarta”, sebab umumnya pembeli akan memasukkan nama tempat agar lebih spesifik.

Selain itu, masih ada lagi nih yang wajib kamu perhatikan, mulai dari waktu operasional, promosi, atau jika kamu mengadakan diskon bisa tambahkan voucher toko.

Tambahkan Deskripsi Produk Secara Lengkap

Bukan cuma deskripsi toko aja, melainkan faktor lain yang bisa membuat calon pelanggan membeli produkmu adalah penambahan deskripsi produk.

Coba tebak, mengapa memasukkan deskripsi produk begitu penting perannya terhadap pembelian barang?

Yap, bayangin aja kamu adalah seorang pelanggan, hal pertama yang kamu lihat pastinya bukan cuma gambar produk aja.

Kamu tentu akan scroll sampai ke bawah untuk melihat informasi produk, karena kamu nggak mau sampai salah membeli barang.

Begitu pun calon pembeli, mereka pengen mengetahui produk secara detail terlebih dahulu, baru setelah itu memutuskan akan membeli produk atau nggak.

Lakukan Pencarian Kata Kunci

Eitss… sebelum kamu mulai menuliskan nama dan deskripsi pada produk yang kamu jual, ada yang perlu diperhatikan.

Dimana, kamu harus melakukan yang namanya pencarian kata kunci yang relevan dengan produk.

Cara untuk mencari keyword research bisa dengan menggunakan tools, tapi kamu nggak perlu khawatir, soalnya udah ada kok tools gratis yang dapat dipakai.

Contohnya, Google Keyword Planner, Google Trends, Keyword Tools, paling mudah melalui kolom pencarian Google, dan masih banyak lagi.

Tambahkan Link Toko ke Sosial Media Bisnis

Cara optimasi seo marketplace berikutnya yaitu dengan menambahkan link (internal link) toko kamu yang ada di marketplace ke seluruh sosial media bisnismu.

Tujuannya untuk membantu menambah pengunjung, membangun branding toko agar calon pembeli percaya terhadap tokomu, hingga meningkatkan penjualan toko.

Contohnya, bisnis kamu punya Instagram, nah kamu bisa tuh memasukkan link tersebut di bagian bawah bio Instagram.

Biasanya link marketplace dimasukkan ke link khusus yang isinya kumpulan link toko milikmu.

Kamu bisa menggunakan cara tersebut, khususnya buat kamu yang memiliki banyak toko online.

Kamu Bisa ATM dari Kompetitor

Setelah kamu melakukan langkah optimasi pencarian marketplace sebelumnya dan kamu masih bingung, cara terakhir ialah kamu dapat ATM (amati, tiru, modifikasi) dari kompetitor.

Contohnya nih ya, kamu menjual produk gamis lalu kamu dapat search dulu pada kolom marketplace.

Nah, umumnya bakalan keluar semua pencarian produk dan kamu bisa mengikuti penamaan toko maupun produk, seperti nama produk, deskripsi toko, dan sebagainya.

Urus Jualan yang Makin Banyak, Pakai Tips Satu Ini!

atur semua toko pakai sistem omnichannel Jubelio

Trafik pengunjung udah banyak lalu penjualan pun semakin meningkat, ini tanda waktunya kamu memerlukan yang namanya sistem untuk bantu kelola bisnismu.

Kebanyakan pelaku usaha online belum tahu nih, kalau ternyata saat penjualan mereka meningkat menandakan waktu urus operasional pun semakin nggak efisien.

Bayangin, toko kamu trafiknya sangat meningkat begitu pun penjualan produknya di berbagai marketplace, biasanya urusan stok barang atau sekadar upload produk tuh terlewatkan.

Makanya hadirlah sebuah sistem yang akan memudahkanmu dalam urusan operasional bisnis nih, yaitu Jubelio Omnichannel.

Dengan Jubelio Omnichannel, kamu bisa urus segala operasional bisnis mulai dari upload produk sekaligus, sinkronisasi stok barang, laporan penjualan, chat commerce, sampai manajemen gudang.

Semuanya bisa kamu kelola dalam satu dashboard aja, pokoknya mudah banget deh urus toko online.

Udah gitu, Jubelio telah terintegrasi ke berbagai channel penjualan online maupun offline seperti marketplace, social commerce, dan webstore.

Nah, daripada kamu penasaran langsung aja coba sistem Jubelio sekarang juga!

Coba Gratis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.