fbpx
fulfillment center

4 Alasan Kamu Perlu Menggunakan Fulfillment Center

Fulfillment Center – Berapa banyak SKU yang kamu jual saat ini? Jika jumlahnya sudah banyak, pasti akan sangat susah mengaturnya. Kecuali, kamu sudah mempunyai gudang khusus untuk menyimpan barang tersebut. Sudahkah kamu punya?

Semakin banyak barang yang dijual, maka akan semakin banyak ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan barang. Pada saat itu terjadi, kamu akan mulai berurusan dengan masalah baru.

Permasalahan yang dimaksud adalah cara mengelola gudang yang benar. Apakah kamu tau jika jenis barang yang berbeda, mempunyai cara kelola yang berbeda pula?

Sebagai contoh, barang FMGC memerlukan metode FIFO, sedangkan barang fashion tidak perlu?

Masih ada banyak lagi contoh lainnya yang perlu diketahui agar pengelolaan semakin maksimal.

Namun permasalahannya? Apakah kamu punya banyak waktu untuk mempelajari itu semua? Sepertinya tidak.

Memproses pesanan pelanggan saja sudah menghabiskan banyak waktu, bagaimana dengan belajar hal baru?

Saat ini, sudah ada model gudang online ‘bersama’ yang sering disebut sebagai Fulfillment Center. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya?

Singkatnya, fulfillment center adalah sebuah gudang besar yang dibuat untuk membantu semua pemilik bisnis. Para pebisnis bisa menitipkan semua stok barang mereka sehingga tidak perlu lagi mengelola di gudang pribadi.

Dengan demikian semua pengelolaan akan dilakukan oleh pemilik gudang. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini saya jelaskan 4 manfaat penggunaan fulfillment center dalam memudahkan bisnismu.

Fulfillment Center Sebagai Penyimpanan Barang

Manfaat yang pertama tentunya adalah sebagai tempat penyimpanan (storing). Dengan menggunakan gudang ini, pebisnis gak perlu lagi mengawasi, merawat dan memeriksa barang secara personal.

Sebab, semuanya sudah dilakukan oleh pihak gudang. Bisa dipastikan semua barang akan aman karena pihak gudang pastinya sudah paham cara mengelola barang walaupun jenisnya berbeda.

Dengan hal ini, tentunya pebisnis tidak akan perlu merasa khawatir jika barangnya rusak atau tidak laku. Pihak gudang akan memastikan semuanya sesuai dengan stok tersedia.

Jangan khawatir, gudang online biasanya digunakan oleh banyak pemilik bisnis dengan jenis barang berbeda. Mereka sudah paham bagaimana cara mengelola barang dengan benar.

Inventaris Barang

Selain dibantu dalam mengelola barang, pihak gudang juga akan selalu mengupdate jumlah barang perharinya.

Nantinya, jumlah tersebut akan dihitung berdasarkan berapa banyak order yang terbuat dan juga barang retur setiap harinya. Dengan begitu, laporan stok menjadi update bagi pihak pemilik bisnis.

Mereka juga bisa menyamakan laporan barang dari pihak gudang dengan laporan stok yang dibuat sendiri.

Akan semakin akurat hasilnya jika kedua pihak melakukan update stok secara bersamaan.

Agar lebih mudah, pemilik bisnis tentunya bisa menggunakan platform omnichannel ataupun aplikasi serupa. Sehingga, semuanya bisa tercatat secara online, tidak perlu melakukannya manual.

Pengambilan dan Pengemasan Barang

Apakah gudang online hanya untuk menyimpan barang? Tentu saja tidak, pihak gudang juga akan bertanggung jawab melakukan dua tahap selanjutnya yaitu pengambilan dan pengemasan barang.

Dengan begitu, pihak pemilik bisnis hanya perlu berada di rumah dan melakukan proses orderan.

Sedangkan sisanya, akan dilakukan oleh pihak gudang.

Langkah yang dilakukan biasanya adalah mengambil barang dari gudangnya kemudian melakukan pengemasan.

Semua biaya sudah termasuk ke dalam satu paket sehingga sangat terjangkau. Terutama, bagi para pebisnis yang jumlah ordernya sudah mencapai puluhan hingga ribuan order perhari.

Pengiriman Barang

Ketika barang sudah dikemas, tahap selanjutnya adalah pengiriman barang.

Pihak gudang biasanya sudah bekerjasama dengan banyak jasa pengiriman. Sehingga, kamu tidak perlu lagi pusing dengan pengiriman sebab gudang sudah menyelesaikannya.

Pick up barang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ini sudah menjadi bagian dari kesepakatan kedua belah pihak.

Jika melakukan kilas balik dari manfaat pertama hingga terakhir, bisa disimpulkan penggunaan fulfillment center sangat menguntungkan para pemilik bisnis. Betapa tidak, mereka hanya perlu duduk manis di rumah. Tidak perlu repot kelola barang sebab semuanya sudah diselesaikan oleh pihak gudang.

Sebagai pionir omnichannel di Indonesia, Jubelio juga telah mempunyai sistem gudang online sendiri. Para pemilik bisnis juga bisa menggunakannya apabila tidak mempunyai gudang sendiri.

Mau tanya-tanya seputar fulfillment Jubelio? silahkan klik tombol di bawah ini.

Tanya Seputar Jubelio Fulfillment

Mau cari tahu sendiri dan daftar gratis aja di Jubelio? klik tombol di bawah ini.

Daftar Jubelio Gratis!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×