fbpx
laporan keuangan sederhana

4 Jenis Laporan Keuangan Sederhana yang Perlu Dipahami Pebisnis

Di era yang sudah berkembang ini, perusahaan akan berlomba-lomba untuk mengembangkan usaha mereka.

Para pelaku bisnis dituntut untuk memiliki ide-ide kreatif dan inovatif yang bisa membuat produk barang/jasa mereka dapat dikenal dan tetap bertahan di lingkup pasar.

Perusahaan-perusahaan tersebut harus mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumen dan calon konsumen nya.

Dalam prosesnya pasti banyak sekali aspek-aspek yang bisa mempengaruhi kondisi/situasi bisnis perusahaan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk memantau kondisi bisnis perusahaan mereka, salah satu nya yang akan dibahas kali ini adalah dengan melihat laporan keuangan perusahaan mereka atau kita biasa menyebut nya sebagai laporan keuangan sederhana akuntansi.

Laporan keuangan ini akan membantu perusahaan agar bisa melihat gambaran kondisi finansial mereka apakah itu positif maupun negatif.

Dengan adanya gambaran kondisi finansial perusahaan yang tertera pada laporan keuangan tersebut, diharapkan para pihak-pihak terkait dapat mengambil suatu keputusan dalam memecahkan suatu masalah baik seperti ketika apakah perlu adanya / dilanjutkan nya suatu kerja sama.

Baca Juga: 5 Aplikasi Bisnis yang Dijamin Bisa Memudahkan Operasional Bisnismu

Misalnya saja oleh para investor, pemberi pinjaman, pihak manajemen dan pemilik saham. Laporan keuangan perusahaan ini akan digunakan sebagai salah satu penilaian kinerja dalam setiap periode. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas 4 jenis laporan keuangan yang dapat memudahkan bisnis anda.

Apa itu Laporan Keuangan Sederhana

Laporan Keuangan adalah ringkasan dari suatu proses pencatatan yang berupa ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama periode buku yang bersangkutan. Laporan keuangan disusun secara periodik.

Periode yang sering digunakan adalah tahunan yang dimulai dari 1 Januari dan berakhir tanggal 31 Desember.

Periode seperti itu biasa disebut sebagai periode akuntansi atau tahun buku. Namun demikian, laporan keuangan masih bisa disusun dalam periode waktu yang lebih pendek misalnya bulanan, triwulan atau kwartal.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Seperti yang sudah di bahas di atas kita akan membahas mengenai jenis-jenis laporan keuangan yang dapat memudahkan bisnis anda. Jenis-jenis Laporan keuangan menurut PSAK (2009) memiliki 4 jenis atau komponen penting di dalamnya yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Berikut adalah penjelasan nya,

Neraca

Jenis laporan keuangan sederhana ini berupa daftar sistematis yang terdiri dari aktiva, utang, dan modal pada tanggal tertentu yang biasa dibuat pada akhir tahun. Daftar ini tergolong sistematis karena neraca disusun berdasarkan urutan tertentu.

Melalui neraca bisa diketahui jumlah kekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan membayar kewajiban, dan kemampuan perusahaan untuk memperoleh tambahan pinjaman dari pihak luar.

Selain itu, informasi tentang jumlah utang perusahaan kepada kreditur dan jumlah investasi pemilik yang ada di dalam perusahaan tersebut juga bisa diketahui. Berikut adalah contoh laporan keuangan neraca,

Laporan Laba Rugi

Jenis laporan keuangan ini berupa ikhtisar tentang pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk periode tertentu sehingga laba yang diperoleh atau rugi yang dialami bisa segera diketahui. Berikut adalah contoh laporan keuangan laba rugi,

Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan keuangan ini menunjukkan perubahan modal untuk periode tertentu, yaitu  enam bulan atau satu tahun.

Melalui laporan perubahan modal bisa diketahui berbagai penyebab perubahan modal selama periode tertentu. Berikut adalah contoh laporan keuangan perubahan modal.

Baca Juga: Memahami Buku Besar Akuntansi Dan Fungsinya dalam Bisnis

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan ini biasa digunakan oleh para pemakai laporan keuangan untuk mengevaluasi perubahan aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas), dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas pada masa mendatang.

Jumlah transaksi yang semakin meningkat dan perluasan area bisnis membuat dunia bisnis menjadi sangat kompetitif sehingga dibutuhkan suatu cara untuk meningkatkan performa kerja di masing-masing bidang termasuk bidang akuntansi.

Para profesional di bidang akuntansi bertanggung jawab untuk membantu laporan manajemen dan pelaporan keuangan. Berikut adalah contoh dari laporan keuangan arus kas,

Dengan seiring perkembangan teknologi yang pesat pembuatan dan penyusunan laporan keuangan menjadi semakin mudah. Jika kamu ingin membuat laporan keuangan sederhana yang mudah, kamu bisa menggunakan platform omnichannel atau ecommerce enabler Jubelio.

Gak cuma laporan keuangan, kamu juga bisa memproses semua bisnis kamu secara mudah hanya dalam satu platform. Mau tau lebih lengkap mengenai cara Jubelio membantu bisnis kamu? Daftar gratis di bawah.

Daftar Jubelio Gratis!

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

×